Sempurnakan Hasil Penelusuran di Google Chat Lebih Cepat dengan Search Chips

Pada tahun 2021 lalu, Google Chat meluncurkan sebuah fitur yang memudahkan pengguna untuk menemukan item yang mereka butuhkan secara akurat melalui kolom pencarian. Fitur ini berjalan untuk versi mobile maupun desktop.

Photo Credit: Google Workspace Updates

Anda dapat mencoba mencari kata kunci dari sebuah pesan atau menggunakan filter untuk melihat semua file dalam obrolan tertentu. Selain itu, antarmuka visual Chat juga telah diperbarui sehingga memberikan tampilan hasil penelusuran yang lebih seimbang, bahkan hasil pencarian kini juga menyertakan konten pesan, membuatnya lebih mudah untuk menemukan apa yang Anda cari.

Per Desember 2022, fitur ini diperluas untuk versi desktop. Kini pengguna dapat menemukan apa yang mereka cari lebih cepat menggunakan search chips yang memfilter hasil pencarian.

Search chips Google Chat desktop

Photo Credit: Google Workspace Updates

Search chips sebelumnya telah hadir di Google Chat versi mobile. Fitur ini dihadirkan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan pencarian melalui filter yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Berikut adalah beberapa filter dari search chips Google Chat:

  • From: Pesan yang dikirim dari orang tertentu.
  • Said in: Pesan yang diucapkan dalam percakapan atau ruang tertentu.
  • Date: Pesan yang dikirim selama rentang tanggal tertentu.
  • Has file: Pesan yang menyertakan dokumen, spreadsheet, slide, dan lainnya.
  • Has link: Pesan yang menyertakan tautan.
  • Mentions me: Pesan yang menyebutkan Anda.

Baca juga: Fitur Do Not Disturb Google Chat Kini Dapat Dijadwalkan, Bagaimana Caranya?

Mulai menggunakan fitur

Fitur search chips dari Google Chat ini tidak memerlukan pengaturan tambahan dari administrator. Itu artinya, Anda bisa langsung menggunakannya mulai dari tanggal 21 Desember 2022.

Untuk menemukan pesan tertentu dengan bantuan filter search chips: ketik kata kunci Anda di bilah pencarian di chat.google.com atau aplikasi mobile Chat > tekan enter. Pada hasil penelusuran, Anda dapat melihat chip filter di atas hasil > klik chip filter untuk menerapkan filter pada hasil penelusuran.

Untuk Chat di Gmail, ketik kata kunci Anda di bilah penelusuran > arahkan ke tab “messages” di laman hasil penelusuran > Anda dapat melihat chip filter di atas hasil > klik chip filter untuk menerapkan filter pada hasil pencarian.

Untuk detail lebih lanjut mengenai search chips dan penelusuran pesan Google Chat, Anda dapat mengunjungi halaman dokumentasi dari Google ini.

Baca juga: Cara Membuat Percakapan Terpisah di Spaces Google Chat Dengan Untaian In-Line

Ketersediaan fitur

Peningkatan search chips Google Chat ini telah tersedia mulai dari tanggal 21 Desember 2022. Fitur ini tersedia untuk seluruh pengguna Google Workspace, termasuk bagi mereka yang masih berlangganan paket produktivitas G Suite Basic dan G Suite Business lama. Fitur ini pun tersedia bagi seluruh pengguna dengan Google Account pribadi.

Baca juga: Upgrade Penelusuran Google Chat dan Gmail, Kini Dilengkapi dengan Saran Pencarian

Dengan hadirnya peningkatan fitur penelusuran pada Google Chat dan Gmail ini, Anda bisa mendapatkan hasil pencarian yang akurat tanpa memerlukan waktu lama. Fitur ini juga sudah tersedia bagi seluruh pengguna Google Workspace. Belum berlangganan Workspace? Tingkatkan produktivitas lingkungan kerja Anda dengan Workspace yang tersedia di EIKON Technology, partner resmi Google. Untuk informasi mengenai pemasangan, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments