Kini Admin Dapat Menginstal Google Chat untuk Direct Message Workspace, Bagaimana Caranya

Aplikasi percakapan Google Chat dapat diintegrasikan dengan tools produktivitas Workspace, memungkinkan Anda berkolaborasi dengan orang lain sekaligus otomatisasi pekerjaan. Google Chat hadir untuk mempermudah kolaborasi Anda dengan tim secara terorganisasi. Dalam update terbarunya, Chat menghadirkan kemudahan yang akan memudahkan Anda saat melakukan instalasi. Mari simak ulasan lengkapnya berikut.

Update Google Chat, instalasi jadi makin simpel

Photo Credit: Google Workspace Updates

Sebelumnya, untuk mulai menggunakan aplikasi di Chat, pengguna harus menginstal aplikasi satu per satu. Namun mulai akhir Maret 2023 ini, administrator bisa langsung menginstal aplikasi Chat untuk direct message pengguna dalam domain mereka di Workspace Marketplace. Pengguna nantinya bisa langsung mengetahui saat aplikasi telah diaktifkan. Ini akan menghilangkan kebutuhan untuk menginstal sendiri aplikasi secara manual.

Administrator kemudian dapat menerapkan aplikasi Chat sesuai keinginan mereka, baik itu ke seluruh domain, OU (organizational unit) tertentu, atau grup pengguna melalui kontrol manajemen aplikasi Workspace Marketplace.

Baca juga: Pengaturan Ruang Di Google Chat Menjadi In-Line Thread, Bagaimana Cara Kerjanya?

Cara install langsung Google Chat untuk pengguna

Photo Credit: Google Workspace Updates

Administrator dapat menginstal aplikasi Google Chat untuk pengguna di dalam domain Workspace yang sama. Selain itu, administrator juga dapat menentukan siapa saja yang dapat menggunakan aplikasi tersebut.

Sebelum menginstal Chat, Anda harus memverifikasi kepemilikan domain. Anda juga harus mengevaluasi keamanan aplikasi terlebih dahulu untuk memastikan keamanan data. Jika ingin mengatur agar aplikasi hanya tersedia bagi pengguna tertentu, tempatkan akun mereka terlebih dahulu di OU atau di grup akses. Selanjutnya Anda dapat mendistribusikan aplikasi hanya ke OU atau grup tersebut.

Adapun cara instalasi aplikasi Google Chat untuk pengguna di dalam domain Workspace Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke konsol Google Admin.
  2. Di konsol Admin, buka Menu > Apps > Google Workspace Marketplace apps > Apps list.
  3. Klik “Add app to Admin Install list”.
  4. Jelajahi Google Workspace Marketplace dan klik aplikasi Google Chat.
  5. Klik Admin install > Continue.
  6. Periksa persyaratan akses data, persyaratan, dan kebijakan aplikasi. Berikan akses data hanya jika Anda memercayai aplikasi tersebut. Memberikan akses ke aplikasi berbahaya dapat membahayakan data domain Anda.
  7. Tentukan tujuan instalasi aplikasi:
    • Untuk menginstal aplikasi bagi semua orang di dalam domain Workspace Anda, pilih opsi “Everyone at your organization”.
    • Untuk menginstal aplikasi hanya untuk pengguna tertentu, pilih opsi “Certain groups or organizational units” > Next. Kemudian pilih OU atau grup tempat Anda ingin menginstal aplikasi.
  8. Klik Finish.

Setelah instalasi berhasil, sistem secara otomatis akan mengirimkan notifikasi kepada pengguna. Selanjutnya, pengguna bisa langsung menggunakan aplikasi Chat. Namun perlu diingat, pengguna tidak bisa menghapus aplikasi yang diinstal oleh administrator. Untuk saat ini, belum tersedia opsi untuk instalasi langsung dari Workspace Marketplace bagi pengguna.

Baca juga: Upgrade Pengelolaan Membership Spaces Google Chat, Apa yang Berubah?

Ketersediaan

Administrator bisa mulai menginstal Google Chat untuk pengguna mulai tanggal 29 Maret 2023 (kemungkinan akan memerlukan waktu hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur). Perilisan dilakukan secara bersamaan, baik untuk domain rilis cepat maupun domain rilis terjadwal.

Opsi instalasi aplikasi Chat langsung tersedia untuk Google Workspace edisi Essentials, Business Starter, Business Standard, Business Plus, Enterprise Essentials, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Education Fundamentals, Education Plus, Education Standard, Teaching and Learning Upgrade, Frontline, serta G Suite Basic dan G Suite Business. Namun tidak tersedia untuk edisi Nonprofits dan pengguna dengan Google Account pribadi. 

Baca juga: Peningkatan Kapabilitas Space Manager Google Chat

Dengan pembaruan ini maka administrator bisa lebih leluasa dalam mengunduh dan menginstal aplikasi Google Chat untuk domain Workspace mereka. Cara ini pun memastikan keamanan penggunaan Chat di dalam lingkungan kerja Anda.

Nah, untuk terus menikmati berbagai peningkatan kapabilitas Google Chat, jangan lupa untuk berlangganan Google Workspace melalui EIKON Technology. Kami menyediakan solusi menyeluruh untuk pemasangan Google Workspace, baik itu untuk perusahaan maupun institusi pendidikan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments