Cara Menemukan File Lebih Cepat dengan Search Chips di Google Drive

Bulan Februari 2023 lalu, Google mengumumkan beberapa fitur tambahan yang menawarkan pengalaman baru melalui kapabilitas smart canvas, termasuk penyempurnaan Google Drive yang akan membantu Anda menyelesaikan tugas yang paling sering dilakukan dengan lebih cepat.

Pada tanggal 30 Maret 2023 lalu, Google memperkenalkan search chips yang memungkinkan Anda memfilter pencarian menurut kriteria tertentu, seperti jenis file, pemilik file, dan tanggal terakhir diubahnya file. Pemfilteran berdasarkan kriteria ini akan membantu Anda mempersempit dan menemukan file yang relevan dengan lebih cepat dalam tampilan apa pun di seluruh Drive.

Tentang search chips Google Drive

Photo Credit: Google Workspace Updates

Sebagai bagian dari smart canvas, search chips di Google Drive hadir untuk memudahkan Anda dalam menyederhanakan dan mendelegasikan tugas yang dikerjakan di Workspace. Dengan smart chips, Anda bisa menerapkan filter dalam melakukan pencarian di Drive.

Katakanlah Anda ingin mencari sebuah file dengan format .PDF. Untuk mempersingkat waktu, klik tab search chips (ada di bagian sebelah kanan bilah pencarian Drive). Secara otomatis, akan terbuka dropdown menu yang menampilkan opsi pemfilteran. Klik opsi PDF untuk mempersempit pencarian Anda dengan Drive. Jadi, proses pencarian file pun akan menjadi lebih singkat.

Baca juga: Memperkenalkan Fitur Baru Smart Canvas Google Sheets dan Docs

Pengaturan smart chips

Photo Credit: rawpixel

Untuk menggunakan smart chips di Drive tidak diperlukan pengaturan tambahan apa pun dari administrator. Setelah tanggal perilisan fitur, smart chips akan muncul secara otomatis di halaman Drive Anda. Administrator dapat mengunjungi halaman ini untuk mempelajari lebih lanjut mengenai pencarian file di Google Drive.

Baca juga: Smart Canvas, Kolaborasi Terbaru Milik Google Workspace

Ketersediaan fitur

Kapabilitas search chips Google Drive dirilis dalam extended rollout mulai dari tanggal 30 Maret 2023 untuk domain rilis cepat (kemungkinan memerlukan waktu lebih dari 15 hari ke depan). Kemudian untuk domain rilis terjadwal, dilakukan perilisan bertahap mulai dari kuartal kedua tahun 2023 ini.

Smart chips tersedia bagi seluruh pelanggan Google Workspace, termasuk bagi mereka yang masih menggunakan rangkaian produktivitas G Suite Basic dan G Suite Business lama. Kapabilitas ini juga tersedia bagi pemilik Google Account pribadi.

Cara menemukan file di Google Drive

Anda dapat mencari file di Google Drive menggunakan file yang direkomendasikan, search chip, maupun pencarian manual. Drive telah menyediakan opsi pemfilteran untuk memudahkan Anda dalam menemukan file.

Pencarian dengan search chips memungkinkan Anda untuk melakukan pencarian dengan filter:

  • Jenis file;
  • Pemilik file (termasuk untuk file yang dibagikan kepada Anda);
  • Tanggal sunting file terakhir.

Search chips bisa ditemukan pada bagian bawah bilah pencarian dan akan langsung melakukan pencarian pada file, folder, dan subfolder pada halaman Drive yang sedang Anda buka (misalnya, My Drive, Recent, atau Trash).

Untuk menghapus search chips, klik ikon “x” di sebelah kanan chip. Sedangkan untuk menghapus seluruh search chips yang ada, klik ikon “x” di bagian akhir chips.

Baca juga: Interaksi File Lebih Mudah di GSheets dengan Fitur Smart Chips, Apa Itu?

Agar tidak tertinggal fitur baru dari smart canvas, pastikan Anda telah berlangganan Google Workspace. Telah tersedia beberapa edisi Workspace yang khusus ditujukan untuk penggunaan skala besar seperti Business dan Education.

Tingkatkan produktivitas di lingkungan kerja Anda dengan Google Workspace. Kini telah tersedia di EIKON Technology, Untuk mulai memilih paket berlangganan, silakan klik di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments