Penyempurnaan Facet Google Cloud Search, Seperti Apa

Google Cloud baru saja meluncurkan update untuk Cloud Search. Kini pengguna bisa lebih mudah mengonfigurasi serta menggunakan filter dan facet penelusuran Cloud Search dengan beberapa peningkatan pada fungsi yang sudah ada. Dengan peluncuran ini, Anda dapat menggunakan Cloud Search Query API untuk mengonfigurasi kemampuan tambahan baru:

Faceting dukungan untuk bidang tipe integer, seperti tingkat prioritas untuk tiket dukungan atau jumlah halaman dalam dokumen.

  • Faceting dukungan untuk ukuran dokumen, pembuatan dokumen, dan kolom tanggal custom.
  • Operator cadangan default baru untuk bidang ukuran dokumen dan tanggal pembuatan
  • Respons Query API yang disederhanakan dengan filter yang langsung disediakan dalam respons.

Memperluas opsi filter, menciptakan pengalaman pencarian yang lebih ramah pengguna, membuatnya lebih mudah dan lebih cepat untuk mempersempit hasil pencarian ke dokumen yang paling relevan.

Mulai melakukan pembaruan Google Cloud Search

Google Cloud telah menerbitkan dokumentasi khusus yang menjelaskan cara untuk melakukan pembaruan Cloud Search. Anda dapat mengaksesnya di sini. Per 13 Desember 2022, update dapat diakses oleh seluruh pengguna Google Cloud.

Pembaruan ini tidak memerlukan pengaturan tambahan dari end-user. Pembaruan akan muncul secara otomatis, termasuk filter baru dari Cloud Search. Opsi filter baru akan langsung muncul setelah admin selesai melakukan konfigurasi.

Baca juga: Memanfaatkan Confidential Space untuk Kolaborasi Data yang Lebih Aman di Google Cloud

Cara membuat antarmuka pencarian dengan Query API

Photo Credit: Freepik

Query API menyediakan metode pencarian dan saran untuk membuat antarmuka pencarian atau menyematkan hasil pencarian dalam aplikasi.

Untuk aplikasi web dengan persyaratan minimal, pertimbangkan untuk menggunakan widget pencarian. Pembuatan antarmuka untuk aplikasi web dengan widget bisa dilihat di sini,

Baca juga: Migrasi Cloud Dengan Cerdas Menggunakan Google Cloud Migration Center

Membangun antarmuka pencarian

Photo Credit: lois_molinero (Freepik)

Membangun antarmuka pencarian minimal memerlukan beberapa langkah, seperti:

  1. Mengonfigurasikan aplikasi pencarian.
  2. Membuat kredensial OAuth untuk aplikasi
  3. Menyusun permintaan indeks
  4. Menampilkan hasil kueri

Anda dapat meningkatkan antarmuka pencarian dengan fitur seperti paging, pengurutan, pemfilteran, facet, dan saran otomatis.

  1. Mengonfigurasikan aplikasi pencarian

Anda harus membuat setidaknya satu aplikasi penelusuran untuk dikaitkan dengan setiap antarmuka penelusuran yang Anda buat. Aplikasi penelusuran menyediakan parameter default untuk kueri, seperti sumber data yang akan digunakan, tata urutan, filter, dan faset yang akan diminta. Jika perlu, Anda dapat mengganti parameter ini menggunakan API kueri.

  1. Membuat kredensial OAuth untuk aplikasi

Anda juga harus membuat kredensial OAuth untuk aplikasi web. Jenis kredensial yang Anda buat bergantung pada konteks tempat API digunakan.

Gunakan kredensial untuk meminta otorisasi atas nama pengguna. Gunakan cakupan https://www.googleapis.com/auth/cloud_search.query saat meminta otorisasi.

  1. Menyusun permintaan indeks

Gunakan metode pencarian untuk melakukan pencarian terhadap indeks. Setiap permintaan harus menyertakan dua bagian informasi: kueri teks untuk mencocokkan item dan searchApplicationId yang mengidentifikasi ID untuk menjalankan search application.

  1. Menampilkan hasil kueri

Antarmuka pencarian diharapkan dapat menampilkan judul item serta tautan ke item asli. Anda dapat lebih menyempurnakan tampilan hasil pencarian dengan memanfaatkan informasi tambahan yang ada di hasil pencarian seperti cuplikan dan metadata.

Baca juga: Inovasi Baru Google Sambut Era Baru Desain Sistem, Lebih Andal dan Aman

Cloud Search menyediakan metode pencarian dan saran untuk membuat antarmuka pencarian atau menyematkan hasil pencarian dalam aplikasi. Kemudahan ini dapat Anda nikmati dengan berlangganan Google Cloud. EIKON Technology menyediakan paket berlangganan Google Cloud, resmi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments