Menggunakan Access Approvals untuk Mengontrol Akses Data Selama Pemeliharaan Sistem

Google Workspace baru saja meluncurkan Access Approvals, yang didesain berdasarkan Access Transparency dan Access Management. Fitur baru ini memungkinkan pelanggan Workspace untuk secara eksplisit menyetujui atau menolak akses ke data selama pemeliharaan umum berlangsung.

Sebelumnya Google memang telah merancang sistem mereka untuk membatasi jumlah karyawan yang memiliki akses ke data pelanggan dan secara aktif memantau aktivitas karyawan tersebut. Access Approvals memungkinkan pelanggan Workspace menyiapkan kontrol terperinci, baik di tingkat organizational unit atau grup admin, untuk meminta izin eksplisit bagi Google agar dapat mengakses konten dalam jangka waktu terbatas.

Fitur Access Approvals

Photo Credit: Google Workspace Updates

Access Approvals memberikan kontrol kepada admin atas cara Google mengakses data saat pemeliharaan sedang berlangsung. Yang paling penting, fitur baru ini memberi pelanggan kemampuan untuk menyetujui atau menolak akses atas permintaan individu.

Update ini, bersama dengan Sovereign Controls for Google Workspace, Client-side encryption, region data, dan kemampuan Access Management, memberikan solusi bagi para pelanggan untuk mencapai kedaulatan digital mereka.

Baca juga: Pelanggan Google Workspace, Jangan Lupa Migrasikan Sites Lama Anda Sebelum 30 Januari 2023

Ketentuan Access Approvals

Untuk menggunakan Access Approvals, Anda memerlukan add-on Google Workspace Assured Controls. Untuk mendapatkan manfaat penuh dari Access Approvals, sebaiknya memilih paker berlangganan, karena Access Approvals events akan muncul di log Access Transparency.

Bagi administrator dengan Enterprise Plus, masing-masing OU dapat memiliki pengguna di beberapa tingkat langganan. Jika Anda menggunakan Access Approvals dan menetapkan kebijakan untuk OU tertentu, kebijakan tersebut hanya berlaku untuk pengguna dalam OU berlisensi Assured Controls.

Sebagai administrator, Access Approvals for Google Workspace mewajibkan staf Google yang dapat mengambil tindakan dukungan terkait data perusahaan Anda untuk meminta persetujuan sebelum melihat data yang diperlukan untuk pemeliharaan.

Perlu diingat, staf Google hanya dapat mengakses data Anda untuk menyediakan layanan dukungan, memenuhi kewajiban kontrak dan hukum, serta melindungi atau memelihara sistem. Access Approvals hanya mencakup data layanan inti tertentu.

Baca juga: Inovasi Google Workspace untuk Bantu Optimalkan Ekosistem Kerja Hybrid Anda

Mulai menggunakan Access Approvals

Photo Credit: DCStudio (Freepik)

  1. Masuk ke konsol Google Admin Anda di admin.google.com.
  2. Pastikan untuk masuk menggunakan akun administrator Anda, dan bukan akun Gmail pribadi Anda.
  3. Di konsol Admin, buka Menu > Account > Account settings > Access Approvals.
  4. Untuk menyiapkan Access Approvals di seluruh domain Anda, biarkan OU teratas dipilih. Jika tidak, pilih OU atau grup turunan.
  5. Centang kotak berikut: “Require Google staff to request approval before viewing data necessary for support services”
  6. Klik Save.
  7. Klik Override jika Anda menyiapkan Access Approvals untuk OU turunan.

Ketersediaan fitur

Access Approvals dirilis secara bertahap, baik itu untuk domain rilis cepat maupun domain rilis terjadwal. Perilisan untuk kedua domain dimulai pada tanggal 15 November 2022 (kemungkinan besar akan memakan waktu hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur.

Access Approvals sendiri merupakan adalah bagian dari Google Workspace Assured Controls, yang tersedia sebagai add-on khusus untuk pelanggan Google Workspace Enterprise Plus.

Baca juga: Cara Google Workspace Membangun Platform Terbuka untuk Menunjang Pekerjaan Hybrid

Google Workspace terus berkomitmen untuk mendukung kedaulatan digital perusahaan Anda sambil tetap mempertahankan keamanannya. Optimalkan keamanan data dan kolaborasi kerja Anda dengan paket berlangganan Workspace dari EIKON Technology. Kami menawarkan solusi menyeluruh untuk Anda, mulai dari tahap perencanaan hingga penerapan. Untuk mulai pemasangan, hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments