Mengenal Fitur Log Analytics dari Cloud Logging yang Telah Didukung oleh BigQuery

Logging adalah bagian penting dari siklus pengembangan software yang memungkinkan developer untuk men-debug aplikasi mereka, tim DevOps/SRE untuk memecahkan masalah, dan admin keamanan untuk menganalisis akses. Cloud Logging menyediakan saluran yang kuat untuk menyerap log secara andal dalam skala besar dan menemukan log Anda dengan cepat. Baru-baru ini, Google Cloud meluncurkan Log Analytics, serangkaian fitur baru di Cloud Logging yang telah memiliki dukungan BigQuery sehingga memungkinkan Anda mendapatkan lebih banyak wawasan dan nilai dari log Anda.

Apa itu Log Analytics

Log Analytics menghadirkan kemampuan baru untuk menelusuri, menggabungkan, atau mengubah log pada waktu kueri langsung ke Cloud Logging dengan pengalaman pengguna baru yang dioptimalkan untuk menganalisis data log melalui kecanggihan BigQuery. Nah, BigQuery sendiri merupakan data warehouse multi cloud yang hemat biaya, tanpa server, untuk mendukung inovasi berbasis data.

Photo Credit: Google Cloud Blog

Dengan Log Analytics, kini Anda dapat memanfaatkan SQL dan kemampuan BigQuery lainnya untuk menganalisis log. Sekarang, Cloud Logging menawarkan fungsionalitas yang Anda miliki di masa lalu dan kemampuan analitis melalui fitur Log Analytics. Berikut adalah beberapa kapabilitas yang mampu dijalankan oleh Log Analytics:

  • Pipeline penyerapan logging yang aman, patuh, dan skalabel melalui Logs Router.
  • Solusi logging-as-a-service terkelola dengan antarmuka pengguna khusus untuk analisis log.
  • Dukungan untuk logging terpusat di seluruh Google Cloud, cloud lain, dan penyimpanan di lokasi.
  • Wawasan dan saran otomatis seperti Error Reporting.
  • Metrik dan peringatan berbasis log untuk agregasi, visualisasi, dan peringatan log secara real-time.
  • Pembayaran fleksibel sesuai harga.
  • BARU – Mesin BigQuery andal dan opsi SQL untuk pemrosesan ad hoc log.
  • BARU – Akses read only otomatis ke semua log analisis log di BigQuery.
  • BARU – Visualisasi data log yang kaya (dalam pratinjau).

Baca juga: Memanfaatkan Google Cloud sebagai Pengamanan Tambahan bagi Developer

Keunggulan Log Analytics

Photo Credit: Google Cloud Blog

Log Analytics memanfaatkan kekuatan BigQuery untuk memungkinkan pengguna Cloud Logging melakukan analisis pada data log.

  • Logging terpusat: Dengan mengumpulkan dan menyimpan data log secara terpusat di Log Bucket khusus, ini memungkinkan banyak pemangku kepentingan untuk memanipulasi data mereka dari sumber data yang sama. Anda pun tidak perlu lagi membuat duplikat salinan data.
  • Mengurangi biaya dan kompleksitas: Log Analytics memungkinkan penggunaan kembali data di seluruh perusahaan, sehingga menghemat biaya dan mengurangi kerumitan secara efektif.
  • Analisis log ad hoc: Memungkinkan analisis log waktu kueri ad-hoc tanpa memerlukan pra-pemrosesan yang rumit.
  • Platform yang dapat diskalakan: Log Analytics dapat disesuaikan untuk meningkatkan observabilitas dengan memanfaatkan platform BQ tanpa server dan melakukan agregasi pada skala petabyte secara efisien.

Log Analytics juga dirancang untuk beberapa pengguna dalam satu perusahaan dan bertujuan untuk memecah silo. Berikut adalah beberapa kategori yang dapat memanfaatkan fitur ini:

  1. Developer & DevOps: Menggunakannya untuk pemecahan masalah Infrastruktur dan Aplikasi
  2. Tim Keamanan: Menggunakannya untuk Audit Log Analysis.
  3. Profesional jaringan: Menggunakannya untuk melakukan analisis log jaringan.
  4. Tim Operasi Bisnis: Menggunakannya untuk keperluan manipulasi data, membuat KPI, dan membuat dasbor (setelah pengembangan fitur).

Baca juga: Melindungi Jaringan Cloud Anda di Masa Mendatang dengan Keamanan Data Otonom

Harga

Log Analytics termasuk dalam paket Cloud Logging standar. Kueri yang dikirimkan melalui antarmuka pengguna Log Analytics tidak dikenakan biaya tambahan apa pun. Mengaktifkan analisis di BigQuery bersifat opsional dan, jika diaktifkan, kueri yang dikirimkan terhadap kumpulan data tertaut BigQuery termasuk Data Studio, Looker, dan via BigQuery API, dikenakan biaya kueri BigQuery standar.

Baca juga: Google Cloud Backup and DR, Apa Keunggulannya?

Untuk mencoba fitur baru ini, kunjungi halaman Log Analytics di Cloud Console dan tingkatkan Log Bucket yang ada atau buat Log Bucket baru. Anda juga bisa melihat contoh kueri dari Google Cloud ini untuk memulai. Bagan di Log Analytics sekarang tersedia sebagai Private Preview (daftar di sini).

Cloud Logging merupakan salah satu layanan andalan dari Google Cloud yang akan membantu Anda dalam manajemen dan analisis log. Layanan ini tentu saja sudah menerapkan ekosistem cloud yang fleksibel dan efisien. Untuk mulai berlangganan Google Cloud, Anda dapat menghubungi EIKON Technology. Kami akan membantu Anda memilih paket solusi yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Untuk informasi lebih lanjut, klik di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments