Melindungi Jaringan Cloud Anda di Masa Mendatang dengan Keamanan Data Otonom

 Penggunaan data telah mengalami ekspansi besar-besaran dalam 5 tahun belakangan ini. Temuan dari perusahaan analisis data Domo menyebutkan bahwa 99% data yang beredar sekarang merupakan data yang dibuat dalam 2 tahun terakhir, kurang lebih ada sekitar 2,5 triliun byte data muncul tiap harinya.

Teknologi seperti komputasi awan dan kecerdasan buatan (AI) tanpa disadari telah mengubah cara menggunakan data, memperoleh nilai dari data, dan mengumpulkan insight dari data. Data terus bergerak, bergeser, dan bertambah, saat Anda menggabungkan kumpulan data dan mendapatkan nilai baru dalam prosesnya. Pada waktu yang bersamaan, data baru sedang dibuat di tempat lain.

Model keamanan data saat ini

Sekarang ini, data ada di berbagai lokasi dan memerlukan akses dari lokasi dan media yang berbeda. Namun sayangnya, kebanyakan model keamanan saat ini tidak dirancang untuk hal tersebut. Singkatnya, data Anda tidak cocok dengan model keamanan yang melindunginya. Ini merupakan celah yang terbuka bagi penyerang. Lalu, bagaimana agar data dan model keamanan kembali selaras?

Google Cloud telah mengidentifikasi beberapa tantangan seputar pendekatan klasik terhadap keamanan data dan perubahan yang dipicu oleh cloud—yang kini hampir ada di mana-mana. Kasus ini menarik untuk mengadopsi pendekatan modern terhadap keamanan data. Cara paling optimal untuk diterapkan di masa mendatang adalah dengan keamanan data otonom.

Baca juga: Mengenal Keamanan Jaringan dan Aplikasi di Ekosistem Google Cloud

Keamanan data otonom

Photo Credit: Rawpixel

Sebuah konsep yang relatif baru, keamanan data otonom adalah model keamanan yang terintegrasi dengan data sepanjang siklus hidupnya. Ini dapat mempermudah pengguna dengan membebaskan mereka dari mendefinisikan dan mendefinisikan ulang banyak sekali aturan tentang siapa yang dapat melakukan apa, kapan, di mana. Keamanan data otonom adalah pendekatan yang sejalan dengan ancaman siber dan perubahan bisnis yang terus berkembang.

Keamanan data otonom dapat membantu menjaga aset TI Anda lebih aman dan dapat membuat bisnis dan proses TI lebih cepat. Misalnya, berbagi data dengan mitra dan keputusan akses data secara bersamaan menjadi lebih cepat dan lebih aman.

Baca juga: 5 Tips Meningkatkan Keamanan Data saat Menggunakan G Suite

Evaluasi keamanan data Anda

Photo Credit: DCStudio (Freepik)

Untuk mempersiapkan masa depan keamanan data, cobalah untuk mengukur model yang Anda terapkan saat ini. Ajukan pertanyaan kritis untuk mengevaluasi status keamanan Anda dan kemudian mulai menyusun rencana tentang bagaimana Anda dapat mulai memasukkan pilar keamanan data otonom ke dalam model keamanan data.

Berikut adalah dua rangkaian pertanyaan yang bisa Anda jadikan titik awal evaluasi. Kumpulan pertanyaan pertama akan membantu Anda mengidentifikasi sifat dan status data.

  • Data apa yang saya miliki?
  • Siapa yang memilikinya?
  • Apakah data tersebut sensitif?
  • Bagaimana cara menggunakannya?
  • Apa nilai yang Anda tekankan dalam menyimpan data?

Kemudian kumpulan pertanyaan kedua fokus pada masalah dengan tingkatan yang lebih tinggi, yaitu:

  • Apa pendekatan saya saat ini terhadap keamanan data?
  • Di manakah pendekatan tersebut gagal mendukung bisnis dan melawan ancaman?
  • Apakah pendekatan tersebut telah mendukung bisnis Anda?
  • Haruskah mulai mempertimbangkan untuk membuat perubahan? Jika iya, ke arah mana?

Jalan menuju peningkatan keamanan data dimulai dengan mengajukan pertanyaan yang tepat. Google Cloud telah menyediakan dokumentasi lengkap mengenai Keamanan Data Otonom yang dapat Anda akses secara gratis untuk eksplorasi lebih jauh.

Baca juga: Langkah Chrome untuk Memastikan Keamanan Data Anda

Model keamanan yang berlaku saat ini kebanyakan sudah tidak relevan lagi dengan jenis data yang beredar. Sebagai perusahaan terdepan dalam manajemen data dan keamanan cloud, Google Cloud terus berupaya mengembangkan keamanan data otonom secara optimal agar dapat memenuhi kebutuhan perlindungan data untuk saat ini dan masa mendatang. Dengan inovasi ini, rasanya tak berlebihan jika menjadikan Google Cloud sebagai solusi komputasi awan nomor satu.

Tertarik untuk melindungi data komputasi awan perusahaan Anda dengan Google Cloud? EIKON Technology sebagai authorized reseller untuk produk-produk Google menyediakan Google Cloud resmi berlisensi. Kami juga menghadirkan layanan konsultasi mulai dari tahap perencanaan hingga penerapan solusi. Informasi lebih lanjut, silakan klik di sini!

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments