Langkah Chrome untuk Memastikan Keamanan Data Anda

Keamanan data menjadi sorotan penting akhir-akhir ini. Laporan dari Purplesec menyebutkan bahwa kejahatan siber meningkat hingga 600% selama masa pandemi. Di samping itu, IBM menemukan bahwa kerugian finansial yang disebabkan data breaching telah mencapai US$137.000 selama kebijakan work from home diterapkan.

Angka-angka tersebut jelas tidak bisa dianggap remeh. Pengguna internet perlu menerapkan penggunaan alat yang mampu melindungi keamanan data mereka sekaligus memberikan mitigasi risiko yang cepat.

Melalui perambannya, Chrome terus berusaha menyediakan solusi yang aman. Secara proaktif, Chrome meningkatkan keamanan web untuk menjaga keamanan data pengguna. Hal ini bisa dilihat dari berbagai inovasi keamanan yang ditawarkan Chrome seperti sandbox dan isolasi situs.

Keamanan default

Chrome memiliki banyak perlindungan bawaan yang diterapkan secara default. Dengan mengaktifkan pembaruan otomatis, Chrome menawarkan perbaikan cepat dan otomatis kepada perusahaan untuk kerentanan zero day.

Chrome juga menghadirkan pertahanan mendalam yang mencakup kemampuan seperti isolasi situs dan sandbox agar kode berbahaya tidak memengaruhi situs lain atau bahkan perangkat pengguna. Infrastruktur pemindaian dari Chrome mendeteksi dan menghapus ekstensi berbahaya dari Chrome Web Store (tercatat, pada tahun 2021, penurunan nyaris mencapai 90%) untuk mencegah pengguna terinfeksi ekstensi berbahaya.

Baca juga: Meningkatkan Keamanan Akses Penyimpanan Data Google Cloud

Perlindungan terhadap pengguna Chrome

Photo Credit: lookstudio (Freepik)

Chrome menawarkan lapisan perlindungan tambahan yang menjaga pengguna tetap aman dan memberikan informasi berguna setiap kali muncul potensi risiko keamanan. Misalnya, Safe Browsing (fitur bawaan Chrome) untuk melindungi perangkat dengan menampilkan peringatan kepada pengguna saat mereka mencoba menavigasi ke situs berbahaya atau mengunduh file berbahaya.

Chrome juga memberikan insight mengenai keamanan kata sandi, memberi tahu pengguna jika kata sandi mereka telah disusupi atau bahkan meminta mereka untuk mengubah kata sandi.

Kontrol perusahaan

Setiap perusahaan pasti memiliki kebutuhan keamanan yang unik. Itulah sebabnya Chrome memberi perlindungan lanjutan dan pengelolaan kebijakan terperinci khusus perusahaan untuk membantu memenuhi kebutuhan tersebut.

Dengan ratusan opsi kebijakan, administrator dapat menggunakan berbagai alat pengelolaan, termasuk Chrome Browser Cloud Management, untuk menyesuaikan browser. Chrome Browser Cloud Management menyediakan pengelolaan ekstensi perusahaan yang andal serta prioritas keamanan bagi banyak organisasi.

Photo Credit: Google Cloud Blog

Alur kerja permintaan ekstensi yang dimiliki Chrome memungkinkan pengguna meminta ekstensi dan administrator mengizinkan atau menolak permintaan tersebut. Baru-baru ini Chrome juga telah merilis penyematan ekstensi yang memungkinkan administrator memasang pin ke versi ekstensi tertentu untuk mendukung proses peninjauan keamanan internal apa pun.

Di samping itu, visibilitas dan pelaporan adalah area fokus lain yang mendukung tim IT perusahaan. Melalui Chrome Browser Cloud Management, administrator dapat memperoleh lebih banyak insight mengenai lingkungan browser mereka. Data ini akan membantu tim IT dalam membuat keputusan keamanan, memahami perangkat yang menjalankan Chrome, dan menyelidiki jika masalah muncul.

Keamanan Zero Trust

Terakhir, Chrome juga dapat membantu Anda dalam melakukan modernisasi strategi keamanan perusahaan dengan migrasi ke model akses Zero Trust. BeyondCorp Enterprise membantu mengamankan end point dengan integrasi Threat and Data Protection secara langsung di Chrome.

Ini akan melindungi Anda dari risiko kehilangan data yang disengaja atau tidak disengaja sekaligus mencegah malware dan phising secara real-time. Selain itu, Chrome dan BeyondCorp Enterprise juga telah memberi dukungan kepercayaan perangkat dan sinyal keamanan end point langsung dari browser yang secara signifikan mengurangi penerapan Zero Trusy di lingkungan Anda.

Lebih lanjut mengenai keamanan Chrome, Anda bisa mengakses Chrome 2.1 CIS Benchmark yang baru. Indikator tersebut mencakup rekomendasi independen tentang kebijakan Chrome mana yang harus dikonfigurasi untuk membantu mendukung kebutuhan keamanan dan kepatuhan perusahaan.

Baca juga: Penerapan Keamanan Zero Trust Pada Workload dengan GKE, Traffic Director, dan CA Service

Meski risiko yang mengancam keamanan data terus meningkat, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan apa-apa. Chrome menawarkan beberapa opsi keamanan yang bisa Anda manfaatkan untuk menelusuri internet dengan aman.

Agar perlindungan keamanan data semakin optimal, Anda bisa mempertimbangkan perangkat Chromebook. Dengan sistem operasi Chrome, perangkat Chromebook tidak hanya mudah dioperasikan tapi juga mampu menjamin keamanan data Anda. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pilihan perangkat Chromebook, Anda bisa klik di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments