5 Cara Mengatur Biaya BigQuery Anda

Apakah Anda pernah merasa khawatir tentang pengendalian biaya BigQuery di beberapa proyek? Ulasan kali ini akan membahas tentang beberapa trik untuk membatasi biaya dan juga memantau konsumsi BigQuery. Anda juga dapat menemukan cara melakukan partisi yang tepat agar biaya yang dikeluarkan tetap sesuai bujet. Mari simak penjelasan lengkapnya bersama.

  • Mengatur kuota tingkat pengguna dan kuota tingkat proyek untuk menetapkan batas penggunaan

Photo Credit: Google Cloud Blog

Jika Anda memiliki beberapa proyek dan pengguna BigQuery, Anda dapat mengelola biaya dengan meminta kuota khusus yang menentukan batas jumlah data kueri yang diproses per hari. Membuat kuota khusus pada data kueri memungkinkan Anda mengontrol biaya di tingkat proyek atau di tingkat pengguna.

  • Kuota khusus tingkat proyek membatasi penggunaan agregat semua pengguna dalam proyek tersebut.
  • Kuota khusus tingkat pengguna diterapkan secara terpisah ke semua pengguna dan akun layanan dalam suatu proyek.

Namun perlu diingat, Anda tidak akan bisa menetapkan kuota khusus untuk pengguna atau akun layanan tertentu.

Baca juga: Pengalaman Terpadu Log Gmail di BigQuery, Seperti Apa?

  • Membatasi biaya kueri dengan membatasi jumlah byte yang ditagih

Photo Credit: katemangostar (Freepik)

Anda dapat membatasi jumlah byte yang ditagih untuk kueri menggunakan setelan byte maksimum yang ditagih. Saat Anda menetapkan byte maksimum yang ditagih, jumlah byte yang akan dibaca kueri bisa diprediksi sebelum eksekusi kueri. Jika jumlah byte yang diperkirakan melebihi batas, maka kueri akan gagal tanpa dikenakan biaya.

Jika kueri gagal karena setelan tagihan byte maksimum, pesan error seperti berikut akan ditampilkan:

Error: Query exceeded limit for bytes billed 1000000. 10485760 or higher required.

  • Buat anggaran Cloud Billing

Hindari tagihan yang membengkak dengan membuat anggaran Cloud Billing untuk memantau semua tagihan Google Cloud Anda di satu tempat. Anggaran memungkinkan Anda melacak pembelanjaan Google Cloud aktual terhadap pembelanjaan yang direncanakan. Setelah menetapkan jumlah anggaran, Anda dapat menetapkan aturan ambang batas peringatan anggaran yang digunakan untuk memicu pemberitahuan email. Email peringatan anggaran membantu Anda mendapat informasi mengenai kesesuaian pembelanjaan dengan anggaran yang sudah ditetapkan sebelumnya.

  • Menulis kueri yang bagus

Photo Credit: pressfoto (Freepik)

Sebisa mungkin, hindari memilih opsi tambahan (*). Penting untuk diingat juga, menerapkan klausa LIMIT ke kueri tidak akan memengaruhi jumlah data yang dibaca. Selain itu, jangan pernah menjalankan kueri untuk menjelajahi atau melihat pratinjau data tabel. Anda juga disarankan untuk melakukan dry run dan selalu memperkirakan biayanya sebelum menjalankan kueri. Terakhir, selalu pilih data yang Anda butuhkan saja.

Baca juga: 3 Fitur Rahasia BigQuery untuk Kelola Data Lebih Baik

  • Partisi tabel sehingga pengguna BigQuery terpaksa menentukan klausa WHERE

Tabel yang dipartisi adalah tabel khusus yang dibagi menjadi beberapa segmen. Cara ini akan memudahkan pengelolaan dan kueri data Anda. Dengan membagi tabel besar menjadi partisi yang lebih kecil, Anda dapat meningkatkan kinerja kueri. Anda pun dapat mengontrol biaya dengan mengurangi jumlah byte yang dibaca oleh kueri.

Dengan tabel yang dipartisi, pelanggan dipaksa untuk menentukan klausa WHERE dan itu akan memberlakukan limit untuk membatasi pemindaian tabel penuh.

Jika kueri menggunakan filter yang memenuhi syarat pada nilai kolom partisi, BigQuery dapat memindai partisi yang cocok dengan filter dan melewati partisi yang tersisa. Proses ini disebut pemangkasan partisi. Pemangkasan partisi adalah mekanisme yang digunakan BigQuery untuk menghilangkan partisi tidak perlu dari pemindaian input. Partisi yang dipangkas tidak disertakan saat menghitung byte yang dipindai oleh kueri. Secara umum, pemangkasan partisi membantu mengurangi biaya kueri.

Baca juga: Percepat Migrasi Data BigQuery dengan Penerjemah SQL Otomatis

Dengan menerapkan  cara di atas, Anda akan memiliki kontrol penuh atas biaya yang dihabiskan dalam pemanfaatan BigQuery. Namun Anda tak perlu khawatir karena penggunaan BigQuery secara umum dapat diatur untuk bisa menyesuaikan bujet dan kebutuhan.

Untuk pemanfaatan BigQuery yang lebih optimal, gunakan solusi komputasi awan Google Cloud. Solusi ini tersedia untuk penggunaan perusahaan, baik itu skala besar, menengah, maupun kecil. Google Cloud resmi dan berlisensi bisa Anda dapatkan melalui EIKON Technology, authorized reseller untuk produk-produk Google. Informasi selengkapnya, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments