Percepat Migrasi Data BigQuery dengan Penerjemah SQL Otomatis

Teknologi komputasi awan memungkinkan Anda untuk dapat melahirkan inovasi tanpa batas dan menemukan kapabilitas yang tidak disadari sebelumnya. Google menawarkan teknologi ini dalam satu antarmuka terpadu. Memigrasikan ekosistem data ke Google Cloud akan membantu Anda untuk memecah silo data sekaligus memanfaatkan potensi data secara optimal.

Sayangnya, memindahkan ekosistem data, terutama data warehouse bukanlah suatu hal yang mudah. Salah satu faktor penghambat terbesarnya adalah proses modernisasi logika bisnis sebelumnya, seperti kueri SQL dan prosedur yang sudah tersimpan sebelumnya. Proses ini biasanya akan melibatkan penulisan ulang dan verifikasi kueri manual yang substansial. Selain sangat memakan waktu, proses ini pun rawan kesalahan.

Baru-baru ini, Google Cloud menghadirkan sebuah inovasi yang mampu menyederhanakan proses migrasi data warehouse dengan penerjemah SQL otomatis sebagai bagian dari BigQuery Migration Service (BQMS). Pelanggan kini bisa mendapat terjemahan yang benar secara semantik dan dapat dibaca manusia dari kueri SQL lama mereka, di berbagai data warehouse, hanya dengan menekan satu tombol saja. BQMS tersedia secara gratis dan secara signifikan mengurangi waktu, biaya, dan risiko migrasi gudang data ke BigQuery.

Penerjemah SQL otomatis

Photo Credit: Google Cloud Blog

BigQuery Migration Service (BQMS) telah dimanfaatkan oleh perusahaan besar dunia seperti PayPal dalam migrasi data mereka. Kini, BQMS sudah meluncurkan ketersediaan umum sehingga diharapkan ada lebih banyak perusahaan yang bisa memanfaatkannya, termasuk untuk kapabilitas terjemahan SQL otomatis. BQMS telah mendukung kapabilitas untuk menerjemahkan SQL per batch untuk lebih dari 10 dialek ke BigQuery, di antaranya:

  • Amazon Redshift SQL dan Teradata SQL di GA
  • Apa Apache HiveQL, Apache Spark SQL, Azure Synapse T-SQL, Basic Teradata Query (BTEQ), Teradata SPL, IBM Netezza SQL/NZPLSQL, Oracle SQL / Exadata, PL/SQL, Snowflake SQL, dan Vertica SQL (dalam preview)

Baca juga: Memantau dan Menganalisis Performa BigQuery dengan Information Schema

Penerjemah interaktif

Photo Credit: Google Cloud Blog

Selain itu, Google Cloud telah mendesain agar kapabilitas terjemahan ini memberikan pengalaman yang mirip dengan Google Translate. Kemampuan ini disebut terjemah SQL interaktif yang menyediakan alat terjemahan SQL real-time dan langsung kepada pengguna sehingga memungkinkan terjemahan self-service.

Hal ini tidak hanya akan mengurangi waktu dan upaya analis data dalam memigrasikan kueri mereka, tapi juga mampu meningkatkan seberapa cepat mereka belajar memanfaatkan kemampuan modern BigQuery.

Baca juga: BigQuery BI Engine Kini Tersedia untuk Publik, Apa Saja Fitur yang Tersedia?

Dilengkapi dengan tool pendukung

Untuk membuat penggunaan terjemahan SQL lebih mudah dan akurat dalam migrasi data Anda, Google Cloud telah menyertakan rangkaian tools untuk pelanggan yang terbuka dan fleksibel.

Rangkaian tools ini bisa Anda gunakan untuk membantu tugas-tugas umum seperti mengekstrak SQL dan skema dari warehouse sumber serta memetakan ulang penamaan skema sumber ke skema tujuan BigQuery.

Alat-alat ini juga dapat membantu Anda melakukan otomatisasi pengalaman terjemahan end-to-end, mengurangi intervensi manual dan juga refactoring pasca-terjemahan. Ketika intervensi manual diperlukan, BQMS dengan jelas menggambarkan bagian mana yang perlu ditinjau untuk akurasi serta mana yang tidak dapat diterjemahkan secara otomatis dan harus ditangani di luar BQMS.

Mulai menerapkan terjemahan SQL otomatis BQMS

Photo Credit: Google Cloud Blog

BigQuery Migration Service mempercepat sebagian besar proses migrasi data menyeluruh dengan alat yang terbuka dan canggih. Sekali lagi, kapabilitas terjemahan SQL otomatis BQMS kini telah tersedia untuk publik dan bisa digunakan secara gratis. Dengan memanfaatkan kapabilitas ini, Anda dapat mempercepat sekaligus menurunkan biaya migrasi data ke BigQuery.

Jika Anda ingin memanfaatkan BQMS untuk bukti konsep atau migrasi data yang akan datang, Google Cloud telah menyediakan panduan gratis. Di samping itu, Anda juga bisa menghubungi partner resmi yang telah ditunjuk oleh Google Cloud seperti EIKON Technology untuk implementasi platform.

Baca juga: Kelola Administrasi BigQuery Lebih Mudah dengan Fitur Resource Charts dan Slot

Google Cloud telah terbukti kemampuannya dalam menyediakan solusi migrasi data, yang bukan hanya lengkap, tapi juga efisien. Kapabilitas terjemahan otomatis SQL dalam BigQuery Migration Service adalah salah satu dari beragam layanan yang dihadirkan Google Cloud untuk membantu Anda menguraikan problem umum dalam migrasi data.

Dapatkan segera Google Cloud untuk mendukung transformasi data perusahaan Anda. EIKON Technology siap mendampingi Anda mulai dari tahap perencanaan hingga pasca-implementasi nanti. Untuk terhubung dengan EIKON Technology, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments