EIKON TECHNOLOGY BLOG

5 Tips Meningkatkan Keamanan Data Saat Menggunakan G Suite

Keamanan Data G Suite

Bagi sebuah perusahaan yang telah menyimpan data di cloud maka keamanan data menjadi prioritas yang pasti ditanyakan dan dicek. Bagi pengguna G Suite, Google telah memberikan fitur yang bisa meningkatkan keamanan data sehingga data perusahaan tetap terjaga.

Berikut 5 langkah untuk meningkatkan keamanan data perusahaan

1. Minta seluruh user perusahaan menyelesaikan Security Check up

Dengan melihat fitur security Check up maka sistem G Suite dapat melakukan analisa terhadap keamanan G Suite di perusahaan Anda sehingga ketika ada hal mencurigakan maka sistem secara otomatis akan memberi tahu kepada Anda. berikut adalah contoh ketika Anda menggunakan Security Checkup dimana Anda bisa melihat fitur mana yang belum Anda aktifkan

Keamanan Data G Suite
2. Amankan HP Anda

Dalam admin panel G Suite, Admin dapat mengatur kebijakan bagi user yang mengaktifkan G Suite di HP mereka sehingga G Suite masih tetap dalam kontrol Admin. Jika HP tersebut hilang atau bermasalah maka admin dapat menghapus G Suite yang ada di HP tersebut.

Keamanan Data G Suite

3. Aktifkan  unintended external reply warnings di Gmail

Dengan fitur ini, ketika user mengklik reply di Gmail, Google akan memasukan ke dalam daftar penerima untuk menentukan tingkat resikonya. Jika penerima di luar organisasi Anda, tidak ada di kontak Anda, atau seseorang yang Anda tidak berinteraksi secara teratur, Gmail akan menampilkan peringatan. Peringatan balasan eksternal yang tidak disengaja dikendalikan dari kontrol Admin Console di pengaturan “Advanced Gmail”.

 

4. Batasi siapa yang dapat melihat kalender secara eksternal

Dengan memeriksa pengaturan Google Kalender Anda. Ini memblokir kalender agar tidak dibagikan ke luar domain Anda. Pengaturan kalender memungkinkan karyawan untuk mengontrol siapa yang dapat melihat agenda karyawan, dan pada tingkat mana di kalender mereka. Dengan membatasi berbagi kalender eksternal hanya untuk menunjukkan “Free” atau “Busy,” Anda dapat mengurangi risiko kebocoran data.

Keamanan Data G Suite

5. Perhatikan rekomendasi keamanan Google

Jika Anda pelanggan edisi Enterprise, Anda bisa memanfaatkan rekomendasi keamanan yang menganalisis dan memberi Anda saran khusus untuk mengamankan pengguna dan data Anda. Rekomendasi ini mencakup mulai dari bagaimana data Anda disimpan, hingga bagaimana file Anda dibagi, serta rekomendasi tentang pengaturan mobilitas dan komunikasi.

 




Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of