[QnA] Seputar Keamanan Data di G Suite

G Suite membantu menghilangkan masalah keamanan data dengan memberikan admin cara yang sederhana dan efisien untuk mengelola penggunanya, mengontrol perangkat, dan agar tetap sesuai kebijakan perusahaan. Tentu saja fitur keamanan hanya berguna jika Anda menggunakannya.

Kami sering bertemu dengan pelanggan dan mendengar banyak masalah yang sama terkait dengan keamanan data. Oleh karena itu, kami ingin memberikan jawaban terbaik berdasarkan pertanyaan paling sering sehingga Anda dapat terus menjaga keamanan data organisasi Anda.

Pertanyaan # 1: Konfigurasi apa yang harus saya gunakan untuk melindungi data Perusahaan?

 

  1. Mengatur pengaturan untuk devices karyawan. Secara otomatis diaktifkan untuk HP karyawan yang mengakses G Suite setelah karyawan menambahkan akun G Suite mereka. Ini berarti bahwa admin dapat menggunakan kontrol keamanan dasar, seperti kata sandi dan penghapusan akun, untuk melindungi perangkat karyawan tanpa perlu karyawan memasang profil di iOS dan Android.
  2. Setelah Anda menerapkan manajemen perangkat dasar, selanjutnya mengambil langkah lebih jauh dengan menyiapkan manajemen seluler Advanced. Berikut proses pengaturan langkah demi langkah

  1. Aktifkan perlindungan phishing dan malware tingkat lanjut untuk mengidentifikasi konten yang mencurigakan dengan lebih baik. Dengan mengintegrasikan dengan teknologi seperti safe browsing, Gmail telah mencegah lebih dari 99,9 persen dari spam, ancaman Kompromi Email Bisnis (BEC), dan email phishing agar tidak pernah masuk ke inbox Anda.
  2. Manfaatkan security health recommendations di Admin Console. Jika Anda pelanggan G Suite Enterprise, kami memberikan saran khusus untuk membantu Anda mengamankan data  pengguna dengan lebih baik, mulai dari perincian tentang bagaimana file Anda dibagikan, informasi tentang cara menyimpan data Anda dengan lebih baik, dan rekomendasi tentang pengaturan mobilitas dan komunikasi.

Pertanyaan # 2: Apa yang harus saya lakukan ketika saya melihat aktivitas yang mencurigakan?

Alert center di Admin konsol Anda dapat membantu. Ini termasuk pemberitahuan untuk ancaman keamanan dan peringatan sistem bermasalah yang terjadi.

Selain itu, jika Anda adalah pelanggan G Suite Enterprise, Anda dapat menggunakan Security Center untuk menggali lebih dalam mengapa suatu perangkat ditandai, apakah ada email mencurigakan yang dikirim atau diterima, bahkan menangguhkan pengguna, semuanya dari dalam security center investigation tool.

Pertanyaan # 3: Bagaimana saya bisa mendeteksi dan memulihkan exfiltrasi data?

Jika Anda menggunakan G Suite, ada dasboard khusus di security center untuk membantu Anda melakukan monitor data, menyediakan snapshot file yang telah dibagikan secara eksternal atau yang memiliki tautan yang terdaftar untuk umum. Pastikan untuk memeriksa dasboard tersebut secara teratur.

Dengan investigation tool, Anda dapat melangkah lebih jauh dan melihat pembagian file tertentu dan izin file audit.

Anda juga dapat mengatur kontrol IRM pada banyak file dan menonaktifkan pengguna tertentu sehingga  tidak bisa mengakses file-file tertentu.

Pertanyaan # 4: Bagaimana cara memastikan G Suite memenuhi kebijakan perusahaan saya?

jika Anda adalah pelanggan G Suite Business atau Enterprise, Anda juga dapat menggunakan Vault untuk menetapkan kebijakan penyimpanan untuk seluruh organisasi atau unit organisasi tertentu dengan rentang tanggal khusus dan persyaratan kueri spesifik untuk melacak apa yang penting.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of