Perlindungan Spam Google Voice yang Ditingkatkan dengan Label Otomatis

Untuk membantu melindungi Anda dari panggilan yang tidak diinginkan dan penipuan yang berpotensi membahayakan keamanan, Google Voice menampilkan label “suspected spam caller” pada semua panggilan yang diyakini sebagai spam. Google membuat keputusan ini menggunakan kecerdasan buatan canggih yang telah mengidentifikasi miliaran panggilan spam setiap bulan di seluruh ekosistem panggilan Google.

Label baru ini nantinya akan muncul di layar panggilan masuk dan di riwayat panggilan pengguna. Dari situ pengguna Google Voice dapat:

Mengonfirmasi panggilan yang dicurigai sebagai spam. Jadi, panggilan di masa mendatang dari nomor tersebut akan langsung masuk ke pesan suara dan entri riwayat panggilan dimasukkan ke dalam folder spam.

Menandai panggilan berlabel sebagai bukan spam, setelah itu label yang dicurigai sebagai spam tidak akan ditampilkan lagi untuk nomor tersebut

Mulai menggunakan fitur

Photo Credit: Google Workspace Updates

Fitur baru ini tidak memerlukan pengaturan tambahan dari administrator. Label “suspected spam caller” akan langsung muncul secara otomatis saat setelan filter spam Google Voice nonaktif (Settings > Security > Filter spam). Saat pemfilteran spam aktif, semua panggilan yang diidentifikasi Google sebagai spam secara otomatis dikirim ke pesan suara, dan entri panggilan dimasukkan ke dalam folder spam.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pemblokiran panggilan dan pesan atau menandainya sebagai spam, Anda bisa mengunjungi halaman bantuan ini.

Baca juga: Pelanggan Google Voice Standard Kini Dapat Menetapkan Nomor Telepon di Negara Lain

Cara memblokir panggilan & pesan atau tandai sebagai spam

Memblokir panggilan & pesan

  1. Buka aplikasi Voice
  2. Di bagian bawah, klik Messages, Calls, or Voicemail.
  3. Cara memblokir kontak:
  • Untuk memblokir dari pesan: Buka pesan dari kontak yang ingin Anda blokir > klik More options > klik People & options > Block number > Block.
  • Untuk memblokir dari panggilan atau pesan suara: Buka pesan dari panggilan atau pesan suara dari kontak yang ingin Anda blokir > klik More options > Block number > Block.

Memastikan apakah suatu panggilan adalah spam atau bukan

Photo Credit: Freepik

Google Voice secara otomatis menampilkan peringatan tentang dugaan panggilan spam. Dari riwayat panggilan, Anda dapat mengonfirmasi apakah panggilan tersebut adalah spam atau bukan.

Jika Anda mengonfirmasi bahwa panggilan:

  • Termasuk spam, maka tiap panggilan atau pesan dari nomor itu otomatis masuk ke folder spam.
  • Bukan spam, peringatan dihapus dari panggilan. Label peringatan tidak akan muncul pada panggilan atau pesan berikutnya dari nomor tersebut.

Untuk mengonfirmasi panggilan yang dicurigai sebagai spam:

  1. Di riwayat panggilan, klik panggilan yang diduga sebagai spam.
  2. Pada label peringatan yang ditampilkan di detail panggilan, pilih Confirm spam. Jika panggilan tersebut bukan spam, klik Not spam > Confirm not spam.
  3. Pada pop-up yang muncul, klik Confirm spam. Semua panggilan atau pesan dari nomor tersebut secara otomatis dipindahkan ke folder spam.

Baca juga: Cara Melihat Ketersediaan Jadwal di Calendar Interop Melalui Google Calendar

Ketersediaan fitur

Fitur ini dirilis secara bertahap mulai dari tanggal 29 Desember 2022, baik untuk domain rilis cepat maupun terjadwal (kemungkinan memerlukan waktu hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur). Fitur label spam ini tersedia untuk seluruh pengguna Google Voice.

Baca juga: Cara Menggunakan SIP Link untuk Menautkan Nomor Telepon Lokal ke Google Voice

Hadirnya fitur baru Google Voice ini akan membantu Anda terhindar dari panggilan spam yang bisa menimbulkan dampak merugikan. Dengan kata lain, fitur ini membantu meningkatkan keamanan.

Tertarik untuk menggunakan solusi produktivitas kolaboratif dari Google Workspace? Meski layanan Google Voice masih belum tersedia di Indonesia, Anda masih bisa tetap menikmati berbagai layanan dan aplikasi lainnya seperti Google Docs, Sheets, dan Slides, tentunya dengan kapabilitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan atau instansi Anda. Untuk implementasi Workspace di tempat kerja Anda, EIKON Technology adalah solusinya. Kami menyediakan solusi implementasi menyeluruh, resmi, dan bergaransi. Untuk mulai konsultasi penerapan, hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments