Cara Melihat Ketersediaan Jadwal di Calendar Interop melalui Google Calendar

Pada pengaturan default Calendar Interop saat ini, jika Anda ingin melihat ketersediaan pengguna Microsoft Exchange untuk menjadwalkan rapat, maka permintaan akan dilakukan melalui akun Exchange tersebut. Namun jika kemudian terjadi terlalu banyak permintaan dalam jangka waktu tertentu, role account Exchange dapat mencapai batasnya, dan akibatnya, layanan Calendar Interop pun mungkin tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Per 8 September 2022, administrator dapat melakukan konfigurasi beberapa role account di konsol Admin Calendar Interop. Hal ini akan memberikan dukungan tambahan terutama ketika jumlah permintaan lebih tinggi dari biasanya, sekaligus memungkinkan Calendar Interop bekerja lebih lancar dalam skala besar. Mari simak detail lengkapnya berikut ini.

Apa itu Calendar Interop?

Photo Credit: drobotdean (Freepik)

Sebagai administrator, Anda dapat menggunakan Calendar Interop untuk memungkinkan Microsoft Exchange dan Google Kalender bekerja bersama. Pengguna di kedua sistem berbagi status ketersediaan mereka sehingga semua orang dapat melihat jadwal satu sama lain. Administrator dapat melakukan hal-hal berikut:

  • Aktifkan Calendar Interop untuk domain.
  • Memberi/menolak izin pengguna Calendar memesan resources dari kalender Exchange, seperti ruang rapat, saat mereka menjadwalkan rapat.
  • Gunakan alat otomatis untuk memverifikasi penyiapan.
  • Lihat pesan gangguan dan saran untuk mengatasi gangguan tersebut.
  • Lacak permintaan pengguna lintas sistem untuk informasi ketersediaan di konsol Google Admin.

Baca juga: Mengenal Fungsionalitas API “UserInvitation” dari Google Workspace

Mengubah visibilitas di Calendar Interop

Di konsol Admin, buka Menu dan masuk ke Apps, lalu klik Google Workspace, dan pilih Calendar.

  1. Klik Calendar Interop management.
  2. Centang kotak Enable Interoperability for Calendar.

Photo Credit: Google Workspace Updates Blog

  1. Di bawah Type, pilih Exchange Web Services (EWS).
  2. Di bawah Exchange Web Services URL, masukkan URL titik akhir server Exchange Web Services default yang terkait dengan server Exchange Anda. Ini adalah server Exchange yang sama tempat Anda membuat akun peran.
  3. Di bawah Exchange Role Account, masukkan alamat SMTP utama akun peran Exchange dalam format namapengguna1@contoh.com.
  4. Pilih metode autentikasi Anda: Basic authentication atau OAuth 2.0 client credentials.
  5. Jika memilih Basic authentication untuk Exchange, ikuti langkah-langkah berikut:
    1. Klik Enter Password dan masukkan kata sandi untuk akun atau Exchange role account.
    2. Masukkan kembali kata sandi untuk mengonfirmasi.
  6. Namun jika Anda memilih OAuth 2.0 client credentials untuk Exchange Online, ikuti langkah-langkah berikut ini:
    1. Di bawah Token endpoint URL, masukkan URL titik akhir token OAuth 2.0 dari penyewa Azure Anda.
    2. Di bawah Application (client) ID, masukkan Application ID yang ditetapkan untuk aplikasi Anda selama pendaftaran aplikasi.
    3. Di bawah Client secret, masukkan nilai dari rahasia klien yang ditetapkan ke aplikasi Anda selama pendaftaran aplikasi.
  7. Klik Save.

Baca juga: Text-To-Speech API Google Cloud Kini Mendukung Custom Voice

Ketersediaan fitur

Update baru Calendar Interop ini dilakukan secara bertahap, baik untuk domain rilis cepat maupun domain rilis terjadwal. Perilisan dimulai pada tanggal 6 September 2022 (dan akan membutuhkan waktu hingga 15 hari untuk visibilitas fitur). Fitur tersedia untuk seluruh pelanggan Google Workspace yang menggunakan Calendar Interop.

Baca juga: Tips Gunakan Google Cloud Search Query API untuk Menyempurnakan Hasil Cloud Search

Update ini memungkinkan Anda untuk melihat visibilitas di Calendar Interop melalui Google Calendar. Dengan begitu, produktivitas yang memerlukan integrasi antara Calendar dan Exchange pun bisa berjalan lancar.

Produktivitas di lingkungan kerja Anda akan semakin meningkat dengan dukungan dari Google Workspace. Rangkaian produktivitas Google Workspace bisa Anda dapatkan melalui EIKON Technology yang juga menyediakan layanan konsultasi mulai dari tahap perencanaan hingga penerapan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments