Kiat Meningkatkan Kecakapan Digital di Lingkungan Kerja Anda

Tidak ada yang bisa menebak apa yang akan terjadi di masa mendatang. Meski begitu, Anda bisa selalu melakukan persiapan. Kultur kerja yang fleksibel dan dinamis adalah salah satu cara agar perusahaan bisa tetap stabil. Salah satu cara untuk mencapai fleksibilitas tersebut adalah melalui praktik composable business.

Composable business adalah suatu praktik bisnis yang disusun dengan menggabungkan teknologi digital yang mudah diakses dan digunakan dalam kultur kerja yang fleksibel dan melek teknologi. Cara kerjanya mirip mainan bongkar-pasang. Ketika perusahaan menghadapi suatu masalah, susunan awalnya bisa dibongkar untuk kemudian ditata kembali agar dapat menyelesaikan masalah tersebut secara optimal.

Kunci utama dari penerapan composable business adalah kecakapan digital atau kemampuan perusahaan dan karyawannya untuk mengoperasikan berbagai alat digital sehingga perpindahan bisa dilakukan dengan cepat. Berikut adalah dua pendekatan paling efektif untuk meningkatkan kecakapan digital di perusahaan Anda.

  • Jadikan sebagai sebuah perjalanan

Composable business memerlukan dua komponen utama: lingkungan yang aktif secara digital dan kultur kerja fleksibel yang secara konsisten beradaptasi dengan perubahan. Kecakapan digital menciptakan ketangkasan dari dalam ke luar, memberdayakan setiap karyawan untuk memanfaatkan teknologi secara cerdas guna memecahkan masalah yang berdampak langsung pada mereka dalam melayani tujuan organisasi yang lebih besar.

Baca juga: Tips Tingkatkan Keterlibatan Karyawan dalam Lingkungan Kerja Hybrid

Kecakapan digital juga mendorong terjadinya inovasi. Pada awal masa pandemi, jutaan bisnis harus mengadopsi teknologi dan solusi baru untuk mengatasi tantangan yang dihadapi. Selain contoh orientasi di atas, beberapa retail mampu beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen dan beralih ke layanan penjemputan dan pengiriman.

Photo Credit: tirachardz (Freepik)

Menciptakan kultur kerja yang fleksibel memang membutuhkan waktu. Saat menyampaikan manfaat kecakapan digital di perusahaan Anda, penting untuk menekankan bahwa ini adalah sebuah perjalanan, bukan sebuah pelatihan tunggal. Bahkan dengan alat dan pola pikir yang tepat, ini adalah proses berkelanjutan yang melibatkan pendidikan, penjangkauan, eksperimen, dan dialog terbuka di seluruh perusahaan Anda.

Baca juga: 5 Langkah Ciptakan Lingkungan Kerja Hybrid Inklusif yang Unggul

  • Hilangkan gesekan digital

Mengurangi gesekan digital bisa dimulai dengan beragam langkah simpel, mulai dari memberi karyawan akses login satu kali yang aman ke semua aplikasi dan alur kerja yang mereka butuhkan untuk menjadi produktif, hingga mengurangi pergeseran konteks untuk tim yang sudah berkolaborasi bersama.

Photo Credit: tirachardz (Freepik)

Teknologi yang tidak fleksibel atau ketinggalan zaman sering menghalangi pengembangan lebih lanjut. Seorang karyawan baru mungkin mahir dalam menavigasi berbagai alat digital dalam kehidupan pribadi mereka sendiri, namun kemampuan tersebut seolah hilang ketika tempat kerja barunya penuh dengan gesekan digital. Tanpa disadari, gesekan digital dapat menguras produktivitas dan menghambat kolaborasi.

Solusinya bisa dengan memanfaatkan alat intuitif berbasis cloud yang dapat diakses dari mana saja. Bisa juga dengan memberikan akses ke file template dan alur kerja otomatis yang akan menyederhanakan pekerjaan karyawan. Di Google Calendar misalnya, penyelenggara rapat dapat dengan cepat menambahkan template catatan rapat langsung ke undangan rapat, sehingga menghemat waktu saat tiba waktunya untuk mengumpulkan semua orang.

Baca juga: 4 Fitur Google Workspace untuk Mudahkan Kolaborasi Kerja

Dengan berbagai aplikasi serta fitur yang ditawarkan, Google Workspace akan membantu Anda menyederhanakan berbagai proses kerja. Hadirkan solusi produktivitas Workspace di lingkungan kerja Anda bersama EIKON Technology. Selain menawarkan produk resmi berlisensi, EIKON Technology juga menyediakan layanan konsultasi yang mencakup tahap perencanaan awal hingga tahap penerapan. Untuk mulai berkonsultasi mengenai implementasi Google Workspace, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments