Tampilkan Acara Anda ke Audiens yang Lebih Luas dengan Live Streaming YouTube

Google Meet memiliki satu fitur yang memungkinkan Anda untuk melakukan live streaming melalui YouTube. Live streaming dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan. Misalnya, ketika perusahaan Anda sedang menggelar acara dan ingin menayangkannya ke audiens yang besar di luar perusahaan. Dengan fitur ini, Anda dapat memberi mereka kesempatan untuk menjeda dan memutar ulang tayangan acara sesuai kebutuhan, atau melihat presentasi di lain waktu.

Live streaming Google Meet via YouTube

Fitur live streaming Google Meet melalui YouTube ini bisa langsung dijalankan saat diaktifkan oleh Administrator. Setelah fitur aktif, pengguna Google Workspace bisa langsung melakukan streaming rapat atau acara secara publik melalui YouTube. 

Photo Credit: Google Workspace Updates

Administrator juga dapat menentukan apakah tayangan streaming hanya dapat dilihat oleh pengguna di perusahaan Anda (in-house streaming), dibagikan dengan domain Google Workspace tepercaya lainnya, atau tersedia untuk ditonton dengan YouTube.

Namun perlu diingat, untuk memulai live streaming YouTube melalui Meet, channel YouTube Anda harus disetujui untuk live streaming terlebih dahulu. Persetujuan ini memerlukan waktu hingga 24 jam. Untuk informasi lebih lanjut mengenai persetujuan channel YouTube untuk live streaming, bisa dibaca di Help Center Google Workspace.

Baca juga: Transformasi Google Duo Menjadi Meet, Apa yang Berubah?

Mengaktifkan atau menonaktifkan live streaming via YouTube

Live streaming Google Meet via channel YouTube hanya bisa dikendalikan oleh orang yang memulai streaming. Untuk rapat yang mengaktifkan host management, hanya host dan co-host yang dapat memulai live streaming. Jika host management tidak aktif, siapa pun dari pihak penyelenggara rapat dapat memulai live streaming.

Photo Credit: tirachardz (Freepik)

Pengaturan privasi YouTube mengontrol siapa yang dapat melihat streaming dan berapa lama streaming tersebut tersedia untuk dilihat. Anda dapat mengizinkan streaming dengan YouTube meskipun setelan streaming langsung lainnya dinonaktifkan. Orang dalam jumlah tidak terbatas dapat menonton rapat Google Meet yang disiarkan langsung ke YouTube. Mari simak panduang mengaktifkan fitur live streaming Google Meet via YouTube berikut ini.

  1. Masuk ke konsol Google Admin Anda.
  2. Di konsol Admin, buka Menu > Apps > Google Workspace > Google Meet.
  3. Klik Meet video settings.
  4. Untuk menerapkan setelan ke semua orang, biarkan unit organisasi teratas dipilih. Jika tidak, pilih unit organisasi turunan atau grup konfigurasi.
  5. Klik Stream dan centang atau hapus centang pada kotak Let people use YouTube to stream meetings.
  6. Klik Save. Jika Anda mengonfigurasi unit organisasi atau grup, akan tersedia opsi untuk Inherit atau Override unit organisasi induk, juga opsi untuk Unset sebuah grup.
  7. Perubahan dapat memakan waktu hingga 24 jam, tetapi biasanya terjadi lebih cepat.

Baca juga: Mulai Meeting Lebih Cepat dengan Daftar Tamu di Google Meet PC

Ketersediaan fitur

Fitur live streaming Google Meet via YouTube ini dilakukan secara bertahap untuk domain rilis terjadwal dan dimulai pada tanggal 25 Juli 2022 (membutuhkan waktu hingga 15 hari untuk visibilitas fitur secara keseluruhan). Sementara untuk domain rilis cepat dilakukan secara utuh (dengan waktu 1-3 untuk visibilitas fitur secara keseluruhan), dimulai pada tanggal 21 Juli 2022.

Fitur ini tersedia untuk seluruh pengguna Google Workspace Enterprise Starter, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Education Plus, Teaching dan Learning Upgrade. Pengguna Google Workspace Individual serta mereka yang sudah berlangganan Google One Premium plan (untuk negara tertentu).

Namun fitur belum tersedia untuk pengguna Google Workspace Essentials, Business Starter, Business Standard, Business Plus, Enterprise Essentials, Education Standard, Education Fundamentals, Frontline, dan Nonprofits, termasuk juga mereka yang masih menggunakan G Suite Basic dan G Suite Business.

Baca juga: Update Google Meet Hardware: Lebih Banyak Opsi untuk Framing di Konsol Admin

Fitur baru ini membuktikan bahwa Google Workspace menawarkan integrasi yang mulus antar aplikasi dan solusi yang mereka buktikan. Anda kini bisa dengan mudah menayangkan acara perusahaan kepada audiens yang lebih luas melalui live streaming YouTube. Tertarik untuk mulai menggunakan fitur ini? Mari berlangganan Google Workspace for Business melalui EIKON Technology. Sebagai authorized partner Google, EIKON Technology menyediakan produk resmi dan proses implementasi yang menyeluruh. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments