Transformasi Google Duo Menjadi Meet, Apa yang Berubah

Di bulan Juni 2022 lalu, Google Duo mengalami upgrade besar-besaran. Aplikasi mobile dengan fungsi utama video call tersebut menghadirkan sebagian besar fitur Google Meet. Hingga pada akhirnya pada awal Agustus, Google mengumumkan bahwa dua aplikasi video call tersebut dilebur menjadi satu solusi. Peningkatan tersebut memberi semua orang akses ke fitur baru, seperti menjadwalkan dan bergabung ke rapat, latar belakang virtual, obrolan dalam rapat, dan lainnya, di samping fitur video call yang dimiliki Google Duo sekarang.

Lebih banyak fitur menarik

Photo Credit: Google The Keyword

Peningkatan baru Google Duo ini memungkinkan Anda memulai panggilan video instan dengan seluruh kelompok belajar atau terhubung dengan rekan kerja pada waktu yang terjadwal. Sebelum bergabung ke rapat, Anda dapat mengubah latar belakang atau menerapkan efek visual. Selama rapat, Anda juga bisa menggunakan obrolan dan teks untuk lebih aktif berpartisipasi.

Baca juga: Sensasi Video Call ala Google Meet Kini Hadir di Google Duo, Jadi Seperti Apa?

Selain itu, upgrade ini juga menghadirkan kapabilitas untuk berbagi langsung. Kapabilitas baru yang disebut “live sharing” ini memungkinkan pengguna Google Meet berinteraksi dalam rapat melalui konten yang mereka bagikan. Jadi katakanlah Anda baru saja menemukan sebuah video menarik di YouTube kemudian ingin membagikannya pada rekan kerja. Melalui kapabilitas baru ini, Anda bisa langsung menampilkan video tersebut ketika meeting berlangsung.

Photo Credit: Google The Keyword

Bukan hanya video, Anda juga bisa membagikan playlist dari aplikasi Spotify untuk mendengarkan lagu bersama, bahkan bermain gim seperti Heads Up!, UNO! Mobile, atau Kahoot! Sebagai ice breaker sebelum rapat dimulai. Dengan begitu, seluruh peserta rapat lebih antusias untuk berpartisipasi.

Baca juga: Mulai Meeting Lebih Cepat dengan Daftar Tamu di Google Meet PC

Apa saja yang berubah?

Lalu sebenarnya, apa saja perubahan yang akan dirasakan oleh end-user, terutama pengguna yang telah terbiasa menggunakan Google Duo?

Sejak akhir Juli hingga awal Agustus, fitur dan kapabilitas baru ini mulai diluncurkan ke aplikasi Google Duo. Perubahan yang paling jelas adalah penggantian icon aplikasi. Kini, icon aplikasi Duo berubah menjadi icon Google Meet. Sementara fitur serta kapabilitas di dalamnya perlahan-lahan ditambahkan sepanjang bulan Agustus 2022 ini di seluruh perangkat seluler serta tablet, dan akan muncul untuk perangkat lain nantinya. Untuk memastikan transisi yang mulus, pastikan untuk perbarui aplikasi Google Duo Anda ke versi terbaru.

Jika sekarang Anda menggunakan aplikasi Google Meet yang sudah ada, tidak akan ada perubahan. Aplikasi dan icon Meet Anda yang sudah ada akan berubah menjadi Google Meet (original). Anda dapat terus menggunakan aplikasi ini untuk bergabung dan menjadwalkan rapat, tetapi sebaiknya gunakan aplikasi Google Meet yang diperbarui untuk mendapatkan gabungan fitur video meeting dan panggilan di satu tempat.

Photo Credit: Google The Keyword

Ke depannya, Google berencana untuk menghadirkan lebih banyak fitur serta kapabilitas di aplikasi video meeting tersebut. Tujuannya tak lain adalah untuk membantu orang terhubung, berkolaborasi, dan saling berbagi pengalaman di perangkat apa pun, baik di rumah, di sekolah, maupun di kantor. Transisi dari Google Duo menjadi Meet ini pun telah didukung teknologi terbaru yang seamless sehingga perubahan terjadi begitu mulus dan tidak mengganggu produktivitas kerja.

Baca juga: Fitur De-Reverberation Kini Tersedia di Google Meet PC Dan Aplikasi

“Peleburan” Google Duo dan Meet ini bertujuan agar Google bisa memberikan aplikasi video meeting terbaik yang dapat diakses dari perangkat apa pun. Upgrade terbaru ini memungkinkan Anda menikmati pengalaman video call dengan Meet di PC meski sebenarnya sedang terhubung melalui smartphone saja.

Untuk mendukung upgrade ini, Anda sebaiknya menggunakan rangkaian produktivitas Google Workspace, terlebih jika bekerja dengan banyak orang. Dengan Google Workspace, Anda bisa dengan mudah mengakses Meet meski sedang bekerja di aplikasi seperti Docs maupun Slides. Dapatkan paket berlangganan Google Workspace for Business di EIKON Technology. Klik di sini untuk mulai berkonsultasi mengenai solusi yang Anda cari.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments