Pelanggan Google Voice Standard Kini Dapat Menetapkan Nomor Telepon di Negara Lain

Sebelumnya, pelanggan Google Voice Standard hanya dapat menetapkan nomor telepon di negara langganan mereka. Per 21 Desember 2022, pelanggan Standard di Kanada, Eropa, dan AS dapat menetapkan nomor telepon ke negara mana pun yang didukung di wilayah mereka:

Perubahan ini memberi pelanggan Standard fleksibilitas untuk menerapkan Voice di berbagai negara tempat mereka beroperasi dalam wilayah yang sama.

Ketersediaan fitur

Pembaruan ini dirilis secara langsung, baik untuk domain rilis cepat maupun domain rilis terjadwal. Pembaruan dirilis serentak pada tanggal 21 Desember 2022 dan bisa langsung digunakan oleh pelanggan Google Voice Standard tanpa pengaturan tambahan.

Baca juga: Text-To-Speech API Google Cloud Kini Mendukung Custom Voice

Cara kerja tagihan Voice

Anda akan mendapatkan tagihan Google Voice di konsol Google Admin. Faktur menampilkan tagihan bulanan Anda. Jika pelanggan membeli Voice dari partner resmi Google, merekalah yang akan melakukan penagihan.

Saat penagihan Voice dimulai

Setelah Anda mendaftar ke Voice, maka penagihan akan dimulai pada awal bulan berikutnya. Katakanlah Anda mulai berlangganan pada bulan Januari, maka tagihan akan dimulai pada awal Februari. Setelah itu, siklus penagihan berlanjut secara otomatis di setiap awal bulan.

Anda akan ditagih untuk jumlah pengguna yang ada di perusahaan atau institusi Anda per hari selama bulan sebelumnya. Pembayaran prorata dapat terjadi, misalnya, jika Anda mendaftar di pertengahan bulan atau menambahkan pengguna selama siklus penagihan.

Baca juga: Kontrol Preferensi Aksesibilitas yang Lebih Baik di Aplikasi Google Workspace

Bagaimana pembayaran Voice dihitung

Total tagihan bulanan Anda untuk langganan Voice bergantung pada 3 faktor:

  • Jenis langganan

Photo Credit: Google Workspace Admin Help

  • Nomor lisensi yang ditetapkan

Setiap pengguna Voice memerlukan lisensi dan nomor telepon. Anda dikenai biaya bulanan untuk jumlah lisensi Voice yang telah ditetapkan kepada pengguna, berdasarkan tarif langganan di atas.

Tagihan bulanan juga mencakup kuota untuk nomor baru dan yang ditransfer, sama dengan jumlah lisensi Voice yang Anda tetapkan. Misalnya, jika Anda memberikan lisensi Voice kepada 50 pengguna, Anda dapat menetapkan satu nomor telepon baru atau porting untuk setiap pengguna tersebut. Nomor mereka berlaku untuk kuota 50 nomor baru dan 50 nomor porting. Kuota yang tersisa dapat digunakan untuk penjawab otomatis dan ring group. Anda tidak dikenai biaya untuk nomor yang ditetapkan ke penjawab otomatis dan ring group.

Photo Credit: Google Workspace Admin Help

Berdasarkan jumlah lisensi dan edisi Workspace Anda, Google Voice juga menyertakan nomor tambahan untuk penjawab otomatis dan ring group. Google saat ini tidak mengenakan biaya untuk nomor yang melebihi kuota Anda, namun tambahan =biaya kemungkinan akan penerapan di masa mendatang. Google akan memberi tahu Anda saat ada perubahan yang dimulai. Untuk mempersiapkan batasan dan tagihan yang akan datang.

Catatan: Jika Anda menyiapkan pemberian lisensi otomatis, pengguna di tempat kerja Anda akan mendapatkan lisensi Voice secara otomatis dan dikenai biaya bulanan.

  • Tagihan untuk panggilan berbayar

Perusahaan Anda akan dikenai biaya saat pengguna melakukan panggilan ke tujuan berbayar.

Catatan: Sebagian besar panggilan dari nomor Voice Eropa ke nomor ponsel dan telepon rumah Eropa tidak dikenakan tarif domestik dan internasional, serta sudah termasuk dalam biaya lisensi Google Voice. Tidak termasuk panggilan ke nomor tarif non-standar, seperti tarif premium, biaya bersama, akses universal, dan nomor non-geografis.

Baca juga: Cara Menggunakan SIP Link untuk Menautkan Nomor Telepon Lokal ke Google Voice

Hadirnya fitur baru Google Voice ini hadir untuk menjawab kebutuhan pengguna, sekaligus membuktikan komitmen Google Workspace untuk mewujudkan ekosistem produktivitas kolaboratif yang mulus dan praktis.

Tertarik untuk menggunakan solusi produktivitas kolaboratif dari Google Workspace? Meski layanan Google Voice masih belum tersedia di Indonesia, Anda masih bisa tetap menikmati berbagai layanan dan aplikasi lainnya seperti Google Docs, Sheets, dan Slides, tentunya dengan kapabilitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan atau instansi Anda. Untuk implementasi Workspace di tempat kerja Anda, EIKON Technology adalah solusinya. Kami menyediakan solusi implementasi menyeluruh, resmi, dan bergaransi. Untuk mulai konsultasi penerapan, hubungi kami di sini

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments