Client-side Encryption untuk Gmail Kini Telah Hadir dalam Versi Beta

Google baru saja memperluas akses pelanggan ke client-side encryption di Gmail web. Pelanggan Google Workspace Enterprise Plus, Education Plus, dan Education Standard dapat mengajukan permohonan versi beta enkripsi ini hingga 20 Januari 2023 nanti.

Menggunakan client-side encryption di Gmail memastikan data sensitif di email dan lampirannya tidak dapat dibaca oleh server Google. Itu artinya, pelanggan memegang kendali atas kunci enkripsi dan layanan identitas untuk mengakses kunci tersebut.

Tentang enkripsi Gmail

Dengan client-side encryption beta Gmail ini, Anda dapat mengirim dan menerima email terenkripsi di dalam dan di luar domain.

  • Apa yang dienkripsi di Gmail: Isi dan lampiran email, termasuk gambar sebaris
  • Tidak dienkripsi di Gmail: Header email, termasuk subjek, stempel waktu, dan daftar penerima

Baca juga: Upgrade Penelusuran Google Chat dan Gmail, Kini Dilengkapi dengan Saran Pencarian

Google Workspace sudah menggunakan standar kriptografi terbaru untuk mengenkripsi semua data saat dalam status istirahat maupun saat transit di antara fasilitas Google. Client-side encryption membantu memperkuat kerahasiaan data Anda sambil membantu menangani berbagai kebutuhan kepatuhan dan kedaulatan data.

Client-side encryption sudah tersedia untuk Google Drive, Google Docs, Sheets, dan Slides, Google Meet, dan Google Calendar (beta).

Baca juga: Perubahan Tampilan Antarmuka Gmail Versi Web, Makin Terintegrasi

Mendaftar client-side encryption beta

Photo Credit: Google Workspace Updates

  • Admin 
    • Pelanggan Workspace yang memenuhi syarat dapat mengajukan permohonan beta setelah menyelesaikan beberapa langkah untuk menyiapkan akun Anda.
    • Fitur ini akan non-aktif secara default dan dapat diaktifkan di tingkat domain, organizational unit (OU), dan Grup (Admin console> Security > Access and data control > Client-side encryption). Kunjungi Help Center untuk mempelajari lebih lanjut tentang enkripsi sisi klien Gmail.
  • End-user 
    • Untuk menambahkan enkripsi sisi klien ke email apa pun, klik ikon gembok dan pilih additional encryption, lalu tulis pesan Anda dan tambahkan lampiran seperti biasa. Kunjungi Help Center untuk mempelajari lebih lanjut tentang penggunaan enkripsi sisi klien Gmail.

Google telah menerima permohonan enkripsi sisi klien versi beta dan mengizinkan pelanggan sejak tanggal 16 Desember 2022 hingga tanggal 20 Januari 2023 nanti.

Ketersediaan

Photo Credit: rawpixel.com (Freepik)

  • Enkripsi ini tersedia untuk pelanggan Google Workspace Enterprise Plus, Education Plus, dan Education Standard.
  • Tidak tersedia untuk Google Workspace Essentials, Business Starter, Business Standard, Business Plus, Enterprise Essentials, Education Fundamentals, Frontline, dan Nonprofits, serta pelanggan G Suite Basic dan Business lama.
  • Tidak tersedia untuk pengguna dengan Akun Google pribadi

Baca juga: Kapabilitas Baru Gmail: Lebih Mudah Temukan Ruang Chat dan Spaces

Dengan hadirnya client-side encryption untuk Gmail, Anda bisa memberikan keamanan tambahan untuk tiap pesan yang dikirimkan. Sebab, seluruh data sensitif di email dan lampirannya tidak dapat dibaca oleh server Google.

Selain Gmail, Google Workspace juga memiliki beberapa aplikasi lain yang saling terintegrasi, seperti Google Chat, Meet, Slides, Docs, dan juga Sheets. Menggunakan Workspace memungkinkan Anda untuk bekerja secara aman dan mudah. Ingin mulai menerapkan Workspace di lingkungan kerja Anda? EIKON Technology sebagai authorized partner Google siap membantu implementasi Anda. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pemasangan, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments