Notifikasi Email dari Google Workspace Kini Tersedia di Alert Center

Admin secara rutin menerima notifikasi dari Google untuk memberi tahu mereka tentang update penting Google Workspace. Pemberitahuan ini dapat dikaitkan dengan berbagai hal, termasuk keamanan, penagihan, atau perubahan produk penting.

Kini, saat admin menerima notifikasi, maka akan langsung otomatis terekam di Alert Center yang ada di konsol admin. Ini akan membantu memudahkan admin untuk selalu mengikuti komunikasi penting dari Google.

Tentang Alert Center

Photo Credit: rawpixel.com (Freepik)

Alert Center dapat dimanfaatkan oleh administrator untuk melihat notifikasi tentang potensi masalah dalam domain untuk kemudian mengambil tindakan (seperti pembaruan kebijakan atau setelan yang ada). Dengan begitu, potensi masalah bisa diselesaikan lebih cepat dan keamanan data perusahaan pun tetap terjaga.

Baca juga: Pembaruan Google Workspace untuk Peningkatan Pengalaman Data Ekspor

Cara menggunakan Alert Center

Dari Alert Center, Anda dapat melihat daftar notifikasi, lalu mengeklik salah satu item dalam daftar untuk melihat detail tentang notifikasi tersebut. Jika perusahaan Anda menggunakan edisi Enterprise, Anda juga dapat memulai investigasi dari pusat notifikasi dengan menautkan langsung ke alat investigasi keamanan. Dengan menggunakan fitur investigasi, Anda kemudian dapat melakukan penyesuaian pada setelan keamanan konsol Google Admin jika diperlukan, atau mengambil tindakan lain sebagai tanggapan atas peringatan tersebut.

Mulai menggunakan Alert Center:

  • Untuk instruksi tentang cara mengakses Alert Center, lihat dokumentasi tentang menggunakan pusat notifikasi ini.
  • Untuk deskripsi berbagai jenis peringatan yang tersedia di Alert Center, lihat dokumentasi tentang melihat rincian peringatan ini.

Alert Center API

Anda juga dapat menggunakan API Alert Center untuk mengelola notifikasi tentang masalah yang memengaruhi domain Anda.

Meskipun administrator domain dapat melihat dan mengelola lansiran secara manual dari konsol Google Admin, Alert Center API memungkinkan aplikasi yang Anda buat mengambil data lansiran dan feedback lansiran. API juga dapat membuat feedback lansiran baru untuk lansiran yang ada.

Misalnya, aplikasi pemantauan dapat menggunakan Alert Center API untuk mengambil peringatan terbaru untuk sebuah domain, memprioritaskannya, lalu memberi tahu tim Anda. Setelah tim Anda menanggapi peringatan tersebut, aplikasi kemudian dapat melampirkan feedback ke peringatan tersebut berdasarkan temuan mereka.

Baca juga: Pelanggan Google Workspace, Jangan Lupa Migrasikan Sites Lama Anda Sebelum 30 Januari 2023

Mengambil tindakan pada peringatan

Photo Credit: Google Workspace Updates

Jika Anda adalah administrator Enterprise, Anda dapat memulai penyelidikan berdasarkan peringatan dan mengambil tindakan. Klik salah satu ikon kaca pembesar di sisi paling kanan halaman Alert Center. Atau, dari halaman detail, klik Investigate ALERT. Anda kemudian dapat menggunakan alat investigasi untuk mengambil tindakan—misalnya, menghapus total perangkat atau menangguhkan pengguna. Untuk mengetahui petunjuknya, silakan kunjungi halaman ini.

Ketersediaan Alert Center

Alert Center melalui proses extended rollout, baik itu untuk domain rilis cepat maupun domain rilis terjadwal. Peluncuran dimulai pada tanggal 24 Januari 2023 (kemungkinan besar akan memakan waktu hingga 15 ke depan untuk visibilitas fitur).

Alert Center tersedia untuk seluruh pelanggan Google Workspace, termasuk bagi pelanggan G Suite Basic dan G Suite Business. Hanya saja, pengaturan dan kapabilitas di masing-masing paket langganan kemungkinan akan berbeda. 

Baca juga: Cara Mengembangkan Add-Ons Workspace Melalui Google Apps Script

Dengan hadirnya upgrade ini, admin bisa segera mengambil tindakan jika muncul gangguan. Masalah pun bisa diatasi lebih cepat dan keamanan data perusahaan Anda pun tetap terjaga. Solusi produktivitas Google Workspace menawarkan berbagai aplikasi, fitur, serta kapabilitas untuk menunjang performa kerja Anda, bahkan saat bekerja dalam tim.

Dapatkan Google Workspace for Business untuk menunjang kinerja bisnis Anda hanya di EIKON Technology. Sebagai authorized partner Google, kami menyediakan produk dan solusi bergaransi, yang disertai dengan layanan konsultasi. Untuk informasi selengkapnya, silakan klik di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Baca juga: Notifikasi Email dari Google Workspace Kini Tersedia di Alert Center […]

trackback

[…] Baca juga: Notifikasi Email dari Google Workspace Kini Tersedia di Alert Center […]