Migrasi Reminders Calendar dan Assistant ke Google Tasks, Apa yang Harus Dilakukan

Google baru saja mengumumkan bahwa fitur Reminders di Calendar dan Assistant dimigrasikan ke Google Tasks untuk memudahkan pengelolaan tugas di seluruh ekosistem Workspace. Setelah migrasi ini pengguna dapat menyusun tugas langsung dari Calendar dan mengombinasikannya dengan kemampuan hands-free dari Assistant. Untuk detail selengkapnya mengenai migrasi ini, mari simak ulasan berikut.

Migrasi Reminders ke Google Task

Setelah migrasi ini, pengguna bisa membuat tugas langsung dari Calendar dan menggunakan kemampuan hands-free Assistant, serupa dengan cara mereka membuat Reminders sebelumnya. Selain itu, tidak seperti Reminders, mereka dapat membuat tugas dari aplikasi Google Workspace lain seperti Gmail, Docs, dan Chat, maupun langsung dari aplikasi Tasks.

Jika tempat Anda bekerja mengaktifkan layanan Tasks, end-user bisa mulai melakukan migrasi sejak tanggal 12 April 2023. Sistem akan mengirimkan notifikasi migrasi kepada end-user. Sedangkan untuk pengguna dengan akun pribadi, notifikasi migrasi akan muncul pada tanggal 6 Maret 2023.

Photo Credit: Google Workspace Updates

Setelah migrasi selesai, Anda akan dapat melihat dan mengelola semua tugas di satu tempat, yakni Google Tasks. Anda kemudian dapat memanfaatkan fitur di Tasks seperti mengatur tugas dengan beberapa daftar dan menambahkan deskripsi untuk pengaturan tambahan.

Tasks dapat diakses di aplikasi Google Workspace seperti Gmail, Calendar, Docs, dan Chat, sehingga Anda tak perlu lagi berpindah-pindah tab atau aplikasi. Jika menggunakan Assistant, Anda juga dapat mengakses Tasks langsung dari sana.

Sedikit informasi tambahan, Reminders yang sudah dibuat di Keep tidak akan dimigrasikan ke Tasks. Reminders akan tetap tersedia di Keep, namun tidak akan ditampilkan lagi di Calendar setelah proses migrasi selesai.

Baca juga: Kategorisasi Warna Baru di Calendar, Mudahkan Anda dalam Melacak Jadwal

Memulai migrasi

Photo Credit: biancoblue (Freepik)

Reminders akan bermigrasi secara otomatis ke Google Tasks mulai dari tanggal 22 Mei 2023. Untuk membantu memastikan transisi ini, sebaiknya Anda mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Bagi administrator
      • Verifikasi bahwa layanan Tasks telah aktif. Jika layanan Tasks nonaktif, semua data Reminders tidak akan bisa dimigrasikan ke Tasks. Data Reminders akan terhapus secara otomatis mulai 22 Juni 2023.
      • Izinkan penggunaan Google Takeout, jika end-user ingin mengekspor data Reminders dari Calendar dan Assistant mereka.
      • Jika end-user ingin menggunakan Assistant untuk mengelola tugas setelah migrasi, sesuaikan setelan pengguna Search dan Assistant terlebih dahulu.
  • Bagi pengguna akun Google untuk kantor atau sekolah
      • Anda akan melihat notifikasi di Assistant dan Calendar untuk memindahkan pengingat yang telah dibuat ke Tasks mulai 12 April 2023.
      • Jika Anda menginginkan salinan data Reminders dan Takeout diaktifkan, ekspor data Reminders Anda sebelum 22 Juni 2023.
  • Bagi pengguna Google dengan akun pribadi
    • Anda akan melihat notifikasi di Assistant dan Calendar untuk memindahkan pengingat yang telah dibuat ke Tasks mulai 6 Maret 2023.
    • Jika Anda belum bermigrasi, Reminders dari Calendar dan Assistant akan mulai bermigrasi secara otomatis mulai bulan Mei 2023.

Baca juga: Enkripsi Client-Side untuk Google Calendar Kini Telah Tersedia, Apa Fungsinya?

Ketersediaan

  • Bagi pengguna Google Workspace
      • Migrasi sukarela: Extended rollout mulai dari tanggal 12 April 2023 (berpotensi lebih dari 15 hari untuk visibilitas fitur).
      • Migrasi otomatis: Extended rollout mulai dari tanggal 22 Mei 2023 (berpotensi lebih dari 15 hari untuk visibilitas fitur).
  • Bagi pengguna dengan Google Account pribadi
  • Extended rollout mulai dari tanggal 6 Maret 2023 (berpotensi lebih dari 15 hari untuk visibilitas fitur).

Migrasi Reminders Calendar dan Assistant ke Google Tasks ini berlaku kepada seluruh pengguna Google Workspace, G Suite Basic dan G Suite Business, serta pengguna dengan akun pribadi.

Baca juga: Hemat Waktu dengan Opsi Lokasi Kerja yang Disarankan di Google Calendar

Dengan migrasi ini, Anda dapat melihat dan mengelola semua tugas kerja di satu tempat, yaitu Google Tasks. Anda juga dapat memanfaatkan fitur di Tasks, seperti mengatur tugas dengan beberapa daftar dan menambahkan deskripsi untuk pengaturan tambahan.

Produktivitas di lingkungan kerja Anda akan semakin meningkat dengan dukungan Google Workspace. Rangkaian produktivitas Google Workspace bisa Anda dapatkan melalui EIKON Technology yang juga menyediakan layanan konsultasi mulai dari tahap perencanaan hingga penerapan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments