Notice: Trying to access array offset on value of type null in /home/eikonte1/public_html/blog/wp-content/plugins/cta/classes/class.cta.render.php on line 492
Cara Menyematkan Pesan di Google Meet

Cara Menyematkan Pesan di Google Meet

Tanggal 31 Januari 2024 lalu Google Meet meluncurkan sebuah fitur baru. Fitur baru tersebut memungkinkan Anda untuk dapat menyematkan pesan ke dalam obrolan meeting. Pesan tersebut nantinya akan muncul pada layar seluruh peserta rapat. Nah, bagaimana cara mengaktifkan fitur tersebut dalam meeting? Mari simak penjelasannya berikut.

Fitur pin chat messages Google Meet

Photo Credit: Google Workspace Updates

Dengan fitur pin chat messages ini, Anda dapat menyematkan pesan ke bagian atas obrolan Meet. Pesan yang dipasangi pin akan ditampilkan kepada seluruh peserta, meski mereka baru bergabung. Ini akan memudahkan Anda untuk memastikan bahwa pesan penting (seperti tautan ke presentasi) ditampilkan dengan jelas serta mudah diakses oleh peserta meeting.

Cara menggunakan fitur

Photo Credit: Google Workspace Updates

Fitur ini tidak memerlukan kontrol tambahan administrator. Untuk menyematkan pesan Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Arahkan kursor ke pesan di jendela chat Meet.
  2. Pilih ikon pin ().

Penting untuk diingat, pesan yang sudah tersemat akan ditampilkan ke seluruh layar peserta, termasuk mereka yang masih belum bergabung. Peserta dapat menyematkan dan melepaskan pin pesan mereka sendiri. Host dapat melepas pin pesan siapa pun.

Selain pesan yang disematkan, Anda hanya dapat melihat pesan yang dikirim saat Anda berada dalam rapat. Itu artinya:

  • Pesan yang dikirim sebelum Anda bergabung tidak ditampilkan.
  • Saat Anda keluar dari rapat video, semua pesan akan hilang.

Pesan dapat dilihat oleh semua orang dalam panggilan. Namun jika bergabung menggunakan hardware Google meeting room, Anda dapat melihat pesan, namun tidak dapat mengirimnya.

Jika menggunakan Meet dengan perangkat lunak Voice Over, saat pesan dikirim, Anda akan mendapatkan notifikasi suara namun pesannya tidak akan disuarakan. Untuk mendengarkan pesan, buka panel obrolan.

Ketersediaan fitur

Google melakukan extended rollout untuk perilisan fitur Pin chat messages Meet ini. Perilisan dimulai pada tanggal 31 Januari 2024 (kemungkinan akan memakan waktu lebih dari 15 hari untuk visibilitas fitur), baik untuk domain rilis cepat maupun rilis terjadwal. Fitur tersedia bagi seluruh pelanggan Google Workspace dan pengguna dengan akun Google pribadi.

Baca juga: Penyempurnaan Viewer Mode Google Meet, Apa yang Berubah?

Dengan hadirnya fitur Pin chat messages ini host dapat menyematkan pesan penting dari kolom chat Google Meet. Anda dapat memanfaatkannya untuk menyematkan pesan penting, seperti aturan rapat atau tautan penting yang berhubungan dengan rapat.

Fitur tersedia bagi seluruh pelanggan Google Workspace dan akan bekerja lebih optimal jika Anda menggunakan edisi yang sesuai dengan kebutuhan. EIKON Technology menyediakan edisi khusus bisnis (Workspace Business) dan institusi pendidikan (Workspace Education) yang dirancang untuk penggunaan skala besar. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments