Cara Menyematkan Beberapa Presenter Sekaligus dalam Virtual Meeting Google Meet

Saat menyelenggarakan virtual meeting atau rapat online, terkadang ada beberapa orang yang menjadi pembicara (presenter). Tentu akan lebih memudahkan peserta jika masing-masing pembicara mendapat sorotan yang sama. Sebagai solusi, kini Google Meet menyediakan opsi sematan untuk beberapa presenter sekaligus. Bagaimana cara mengaktifkannya?

Pin for everyone Google Meet

Photo Credit: Google Workspace Updates

Awal Februari 2024 lalu, Google Meet meluncurkan pembaruan untuk beberapa fitur mereka. Salah satunya adalah penambahan fitur Pin for everyone.

Dengan hadirnya fitur ini, saat menjadi host atau co-host virtual meeting Google Meet, Anda dapat menyematkan hingga tiga pembicara untuk ditampilkan kepada seluruh peserta. Fitur ini akan membantu memastikan peserta meeting fokus kepada para pembicara dan presentasi yang sedang mereka sampaikan.

Ini akan sangat berguna jika Anda menyelenggarakan virtual meeting berskala besar seperti webinar di mana host perlu mengarahkan fokus peserta pada konten tertentu. Peserta rapat dapat menghentikan sematan di layar mereka jika diinginkan.

Baca juga: Tampilan Gallery untuk Interoperabilitas Aplikasi Zoom di Google Meet Hardware

Mulai menggunakan fitur

Photo Credit: Marcus Aurelius (Pexels)

Fitur baru ini tidak memerlukan pengaturan tambahan dari administrator. Untuk mulai menyematkan pembicara, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Arahkan kursor ke tile pembicara yang ingin Anda sematkan.

  2. Klik Pin.

    1. Untuk memasang pin pada diri Anda sendiri: Dari panah bawah, klik For myself only.

    2. Untuk memasang pin untuk seluruh peserta: Dari panah bawah, klik For everyone.

Baca juga: Portrait Touch-up: Fitur Baru Google Meet Mobile untuk Sempurnakan Penampilan

Penting untuk diingat, Anda tidak dapat menyematkan sesuatu dalam companion mode. Sematan juga hanya berlaku pada pembicara dengan audio dan video yang aktif.

Apabila Anda menggunakan juru bahasa isyarat, tile presentasi dan juru bahasa dapat disematkan secara bersamaan.

Anda dapat menyematkan 3 tile presentasi, peserta, atau item lain sekaligus di Google Meet. Host dan co-host dapat menyematkan hingga 3 tile untuk peserta lain.

Ketersediaan fitur

Google melakukan extended rollout untuk perilisan fitur Pin for everyone Meet ini. Perilisan dimulai pada tanggal 5 Februari 2024 (kemungkinan akan memakan waktu lebih dari 15 hari untuk visibilitas fitur), baik untuk domain rilis cepat maupun rilis terjadwal. Fitur tersedia bagi seluruh pelanggan Google Workspace.

Baca juga: Penyempurnaan Viewer Mode Google Meet, Apa yang Berubah?

Dengan hadirnya fitur ini, saat menjadi host atau co-host virtual meeting Google Meet, Anda dapat menyematkan hingga tiga pembicara untuk ditampilkan kepada seluruh peserta. Fitur tersedia bagi seluruh pelanggan Google Workspace.

Untuk kolaborasi kerja yang lebih lancar dan seamless, gunakan Google Workspace. Tersedia edisi khusus bisnis (Workspace Business) dan institusi pendidikan (Workspace Education) yang dirancang untuk penggunaan skala besar. Dapatkan sekarang juga melalui EIKON Technology. Kami menyediakan Workspace resmi yang telah dilengkapi dengan berbagai aplikasi produktivitas, seperti Google Meet. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments