Tampilan Gallery untuk Interoperabilitas Aplikasi Zoom di Google Meet Hardware

Bulan Januari 2023 lalu, Google memperkenalkan interoperabilitas perangkat untuk Google Meet Hardware dengan aplikasi Zoom. Kapabilitas tersebut memungkinkan pengguna untuk dapat bergabung dengan meeting Zoom melalui Google Meet Hardware dan juga bergabung ke meeting Meet melalui Zoom Rooms.

Namun sayangnya, interoperabilitas dengan aplikasi Zoom tersebut masih terbatas pada opsi tampilan Speaker Zoom. Pada bulan September 2023 ini, Google memperkenalkan dukungan untuk opsi tampilan Gallery Zoom. Apa perbedaannya dibanding kapabilitas yang sudah ada sebelumnya? Mari simak ulasan detailnya dalam artikel berikut.

Tampilan Gallery Zoom untuk interoperabilitas Google Meet Hardware

Photo Credit: DCStudio

Opsi tampilan Gallery pada Zoom memanfaatkan ruang layar dengan lebih baik, sekaligus memungkinkan lebih banyak peserta untuk terlihat di layar meeting pada saat yang bersamaan. Ini akan sangat memudahkan bagi Anda yang menggunakan Google Meet Hardware untuk melakukan virtual meeting dengan banyak peserta.

Namun penting untuk diingat, saat ini masih belum ada cara untuk beralih antara tampilan Speaker dan tampilan Gallery. Interoperabilitas Google Meet Hardware secara otomatis menyetel tampilan Gallery sebagai tata letak default untuk panggilan Zoom.

Baca juga: Peningkatan Fitur Aksesibilitas Perangkat Google Meet Hardware

Mulai menggunakan tampilan Gallery Zoom

Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, tampilan Gallery kini telah menjadi tata letak default untuk interoperabilitas dengan aplikasi Zoom. Itu artinya, perubahan tampilan ini bisa langsung dinikmati tanpa perlu pengaturan tambahan apa pun dari administrator.

Untuk mengaktifkan Google Meet Hardware saat akan bergabung ke meeting Zoom, matikan pengaturan “Only authenticated users can join meetings” di portal web Zoom Anda.

Cara menjadwalkan rapat Zoom di Google Meet Hardware

Photo Credit: DCStudio

Jika pengguna Google Calendar di perusahaan Anda membuat acara yang menyertakan detail rapat Zoom, maka mereka dapat menambahkan ruangan yang berhubungan dengan Google Meet Hardware. Meeting Zoom akan otomatis muncul di agenda ruangan tersebut.

Jika acara dengan detail meeting Zoom berasal dari luar perusahaan atau selain dari Google Calendar, Anda mungkin tidak akan memiliki izin untuk menambahkan ruangan secara langsung. Sebagai solusi, Anda dapat:

  1. Menggandakan acara ke Google Calendar.
  2. Menambahkan ruangan dengan Google Meet Hardware ke salinan acara tersebut.
  3. Untuk mencegah peserta mendapat undangan ganda, maka hapus undangan tersebut dari “duplicated event”.

Alternatif lainnya, Anda dapat membuat rapat sendiri untuk mengundang peserta ke ruang meeting. Daripada menambahkan tautan, Anda dapat menyalin dan menempelkan detailnya ke deskripsi acara. Google Meet Hardware harus mengenali detail bergabung Zoom dan menampilkannya di agenda agar acara dapat dijadwalkan.

Baca juga: Update Google Meet Hardware, Lebih Banyak Opsi untuk Framing di Konsol Admin

Ketersediaan

Perluasan interoperabilitas Google Meet Hardware untuk aplikasi Zoom ini dirilis secara bertahap, baik itu untuk domain rilis cepat, maupun domain rilis terjadwal. Perilisan dimulai tanggal 16 Agustus 2023 (kemungkinan akan membutuhkan waktu hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur). Interoperabilitas ini tersedia untuk seluruh pelanggan Google Meet Hardware

Baca juga: Memilih Device Google Meet Hardware yang Sesuai untuk Bisnis Anda

Dengan perluasan fitur interoperabilitas untuk Zoom di Google Meet Hardware ini, Anda dapat mengakomodasi virtual meeting yang melibatkan banyak peserta. Menariknya lagi, fitur ini bisa langsung digunakan tanpa memerlukan pengaturan tambahan apa pun.

Google Meet Hardware menghadirkan pengalaman virtual meeting yang lebih efisien dan seamless tanpa pengaturan yang rumit. Anda bisa menggunakannya untuk berbagai macam keperluan, mulai dari bisnis hingga edukasi. Tertarik? EIKON Technology menyediakan Google Meet Hardware resmi dengan proses implementasi yang tidak memakan waktu. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments