Terhubung secara Efektif dengan Interoperabilitas Google Calendar

Ketika bekerja lintas lokasi dan zona waktu, fungsionalitas Google Calendar sangat penting agar Anda dapat terhubung secara efektif dengan orang lain. Interoperabilitas Google Calendar adalah sebuah kapabilitas penting yang hadir untuk membantu memastikan acara yang dibuat dalam suatu sistem kalender dapat disebarkan secara akurat kepada mereka yang menggunakan sistem berbeda. Lalu, bagaimana cara menggunakannya?

Interoperabilitas Google Calendar

Google Calendar menghadirkan kapabilitas interoperabilitas yang memungkinkan Anda menyebarkan suatu acara secara efektif dan akurat, bahkan kepada mereka yang tidak menggunakan platform kalender tersebut. Dengan memanfaatkan kapabilitas ini, Anda bisa membagikan undangan acara yang dibuat di Calendar lebih cepat dan mudah kepada siapa pun.

Interoperabilitas Google Calendar akan membantu Anda memastikan acara yang dibuat dalam suatu sistem kalender, dapat disebarkan secara akurat kepada tamu acara dengan sistem kalender berbeda. Hal ini memungkinkan Anda menyusun jadwal secara produktif dan mengatur jadwal secara kolaboratif, apa pun platform kalender yang digunakan.

Baca juga: Cara Melihat Ketersediaan Jadwal di Calendar Interop Melalui Google Calendar

Baru-baru ini, Google mengumumkan peningkatan terkini pada kapabilitas interoperabilitas Calendar, berupa:

Pengguna Microsoft Outlook yang juga memiliki Google Calendar dengan alamat email yang sama dapat menerima undangan Google Calendar dan RSVP di Outlook.

Pengingat rapat default akan dibuat di Microsoft Outlook jika undangan dibuat di Google Calendar untuk membantu memastikan tamu yang menggunakan Outlook tidak melewatkan acara.

Acara rutin (recurring events) non-Google Calendar akan diperbarui secara lebih sistematis dan akurat di Google Calendar.

Mulai menggunakan fitur

Photo Credit: Freepik

Peningkatan terkini kapabilitas interoperabilitas Google Calendar ini tidak memerlukan pengaturan tambahan dari administrator. Baik administrator dan end-user bisa langsung menggunakan kapabilitas setelah update. Namun pastikan Anda sudah memenuhi persyaratan di bawah ini.

Persyaratan untuk Google

  • Memiliki akun dengan Exchange role yang nantinya digunakan Microsoft Exchange untuk mengakses Google Calendar.
  • Mengaktifkan akses ke layanan tambahan untuk semua pengguna atau unit organisasi tertentu. Untuk mengetahui detailnya, Anda dapat mengunjungi halaman ini.

Persyaratan untuk Microsoft Exchange

  • Menggunakan Microsoft Exchange 2013 atau 2016 atau Exchange Online (Microsoft 365).
  • Memiliki konektivitas internet inbound dan outbond untuk Exchange Web Services (EWS).
  • Memiliki Sertifikat SSL (dikeluarkan oleh otoritas sertifikat public root tepercaya) untuk server Exchange.
  • Memiliki akun dengan Exchange role yang nantinya digunakan Google Calendar untuk mengakses Exchange.

Baca juga: Hemat Waktu dengan Opsi Lokasi Kerja yang Disarankan di Google Calendar

Autentikasi

Microsoft mengumumkan bahwa mulai dari tanggal 1 Oktober 2022, autentikasi dasar (basic authentication) untuk EWS telah dinonaktifkan. Sebagai gantinya, mereka menghadirkan dukungan untuk OAuth 2.0. Detail mengenai autentikasi Microsoft dapat Anda pelajari lebih lanjut di sini.

Fitur Calendar Interop mendukung autentikasi dasar untuk Exchange lokal dan OAuth 2.0 untuk Exchange Online (Microsoft 365).

Menggunakan interoperabilitas dengan produk Calendar lainnya

Saat menggunakan fitur interoperabilitas Calendar, Anda tidak dapat menggunakan Google Calendar Connector for HCL Notes (GCCHN). Ini karena Calendar hanya mendukung satu sumber informasi ketersediaan eksternal dalam satu waktu. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai GCCHN dan cara kerjanya, Google telah menyediakan halaman dokumentasi di sini.

Ketersediaan

Photo Credit: Freepik

Fitur interoperabilitas Google Calendar ini telah tersedia bagi seluruh pelanggan Google Workspace, termasuk bagi mereka yang masih menggunakan G Suite Basic dan G Suite Business. Fitur juga tersedia bagi pengguna dengan Google Account pribadi.

Baca juga: Migrasi Reminders Calendar dan Assistant ke Google Tasks, Apa yang Harus Dilakukan?

Dengan memanfaatkan kapabilitas interoperabilitas Google Calendar ini, Anda dapat membagikan acara yang sudah dibuat ke platform berbeda tanpa melakukan pengaturan tambahan. Itu artinya, Anda bisa menghemat lebih banyak waktu saat menyebarkan undangan acara.

Untuk mengoptimalkan Google Calendar dan berbagai fitur di dalamnya, jangan lupa berlangganan Google Workspace. EIKON Technology menyediakan Workspace for Business untuk keperluan bisnis dan Workspace for Education untuk institusi pendidikan. Informasi lebih lanjut mengenai berlangganan Google Workspace, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments