Portrait Touch-up: Fitur Baru Google Meet Mobile untuk Sempurnakan Penampilan

Google Meet baru saja memperkenalkan fitur portrait touch-up untuk aplikasi mobile mereka. Hadirnya fitur ini diharapkan dapat membantu Anda menyempurnakan penampilan sebelum bergabung dalam virtual meeting. Lalu, bagaimana cara kerjanya?

Fitur portrait touch-up Google Meet mobile

Photo Credit: DCStudio (Freepik)

Portrait touch-up merupakan sebuah fitur Google Meet mobile yang memungkinkan Anda untuk mempercantik penampilan dari green room Meet sebelum bergabung atau selama berjalannya rapat. Entah itu saat Anda baru saja selesai berolahraga, sedang merasa tidak enak badan, atau enggan menggunakan makeup, fitur portrait touch-up ini siap membantu Anda tampil lebih baik. Meet menyediakan dua mode portrait touch-up:

Subtle: menghaluskan tampilan kulit tanpa terlihat berlebihan, mencerahkan area bawah mata dan menjernihkan tampilan mata.

Smoothing; menghaluskan tampilan kulit dengan efek yang lebih kuat, mencerahkan area bawah mata dan menjernihkan tampilan mata.

Untuk efek yang lebih halus dan samar, Anda bisa memilih mode Subtle. Namun jika Anda menginginkan hasil efek yang lebih kuat bisa memilih mode Smoothing.

Saat ini, fitur portrait touch-up hanya tersedia untuk Google Meet versi mobile. Google berencana untuk meluncurkan fitur ini ke Meet versi web akhir tahun 2023 nanti.

Baca juga: Filter Google Meet Kini Hadir dengan Lebih Banyak Opsi, Bagaimana Cara Mengaktifkannya?

Mulai menggunakan fitur

Photo Credit: Google Workspace Updates

Fitur portrait touch-up Google Meet mobile ini tidak memerlukan pengaturan tambahan apa pun dari administrator. Setelah perilisan, fitur akan tersedia secara default dan bisa langsung digunakan oleh pengguna. Untuk mengaktifkan fitur, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Di green room atau saat meeting berlangsung, sentuh layar Anda.
  2. Pilih menu More > Settings.
  3. Di bawah opsi Appearance, pilih pengaturan yang tersedia:
  • Off
  • Subtle touch up
  • Smoothing

Ketersediaan

Fitur portrait touch-up ini dirilis secara bertahap untuk domain rilis cepat mulai tanggal 18 Oktober 2023 (hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur). Sedangkan untuk domain rilis terjadwal dilakukan peluncuran yang diperpanjang (extended rollout) mulai tanggal 28 Oktober 2023 (kemungkinan akan memakan waktu lebih dari 15 hari untuk visibilitas fitur).

Fitur ini tersedia untuk seluruh pelanggan Google Workspace edisi Business Standard, Business Plus, Enterprise Essentials, Enterprise Starter, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Education Plus, Teaching & Learning Upgrade, Google One, dan Google Workspace Individual. Namun fitur portrait touch-up tidak tersedia bagi pengguna dengan Google Account pribadi.

Baca juga: Update Google Assistant untuk Perangkat Meeting Google Meet: Perintah Suara yang Lebih Terkontrol

Beberapa fitur lain dari Google Meet mobile

Selain fitur portrait touch-up, Google Meet mobile juga telah menyediakan beberapa fitur lain untuk menunjang penampilan Anda selama mengikuti virtual meeting di antaranya:

Membalikkan kamera

Anda dapat membalikkan kamera di perangkat seluler selama virtual meeting untuk menampilkan ruangan tempat Anda berada atau lingkungan sekitar. Aplikasi Meet secara default menggunakan kamera depan (tampilan selfie).

  1. Buka aplikasi Meet.
  2. Bergabung ke virtual meeting.
  3. Di bagian kanan atas aplikasi, pilih Switch camera.

Mengganti perangkat audio

Saat mengikuti virtual meeting di Google Meet mobile, Anda dapat mengganti perangkat audio yang digunakan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Saat berada dalam virtual meeting, ketuk layar Anda.
  2. Di bagian kanan atas, ketuk opsi audio source.
  3. Pilih sumber audio yang diinginkan:
  • Headphone berkabel
  • Telepon
  • Speaker
  • Perangkat Bluetooth

Baca juga: Tampilan Gallery untuk Interoperabilitas Aplikasi Zoom di Google Meet Hardware

Hadirnya fitur portrait touch-up ini diharapkan dapat membantu Anda dalam menyempurnakan penampilan saat bergabung dalam suatu virtual meeting. Fitur ini telah tersedia di Workspace for Business dan Workspace for Education. Keduanya bisa Anda dapatkan melalui EIKON Technology, official partner Google Workspace Indonesia. Kami menyediakan solusi implementasi menyeluruh, mulai dari tahap perencanaan hingga penerapan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments