Lebih Mudah Kelola Percakapan Google Chat dengan Opsi Bisukan Notifikasi

Google memperkenalkan sebuah kapabilitas baru di Google Chat yang akan membantu Anda memprioritaskan dan mengelola pesan. Fitur ini merupakan bagian dari penyempurnaan pengalaman baru Chat yang hadir untuk membantu pengguna meningkatkan konsentrasi, menghilangkan gangguan, dan tentunya lebih fokus pada percakapan penting. Lalu, bagaimana cara menggunakan fitur baru ini?

Mengelola notifikasi Google Chat kini jadi lebih mudah

Photo Credit: Google Workspace Updates

Notifikasi diperlukan agar Anda bisa langsung memeriksa isi sebuah percakapan. Namun terkadang ada beberapa pesan tidak mendesak yang muncul ketika Anda harus mengerjakan hal lain. Tentu saja pesan tersebut akan mengganggu alur kerja Anda.

Sebagai solusi, kini Google Chat menghadirkan opsi untuk membisukan notifikasi percakapan (mute notification). Jika Anda memilih untuk membisukan percakapan, maka Chat tidak akan mengirimkan push notification, memunculkannya di beranda, dan menurunkan level prioritasnya secara visual (notifikasi pesan akan dipindahkan ke bagian bawah percakapan).

Namun lencana notifikasi akan tetap berlaku pada percakapan yang dibisukan ketika muncul @mention untuk Anda atau semua orang yang ada dalam percakapan tersebut.

Photo Credit: Google Workspace Updates

Dengan memanfaatkan kapabilitas baru dari Google Chat ini, Anda yang sering merasa kewalahan dengan banyaknya percakapan yang sangat aktif, kini bisa punya opsi untuk menghilangkan kebisingan tersebut, menghemat waktu untuk pekerjaan individu, dan tentunya fokus pada percakapan penting yang lebih mendesak.

Penting untuk diingat, jika Anda kemudian memilih untuk mengaktifkan kembali percakapan atau unmute, maka penurunan prioritas secara visual yang diterapkan pada percakapan pun akan dibatalkan, begitu pula dengan pengaturan notifikasi sebelum dibisukan pun akan diterapkan kembali pada percakapan.

Baca juga: Kembangkan Kolaborasi di Google Chat Dengan Smart Chip

Mulai menggunakan kapabilitas

Untuk membisukan notifikasi Google Chat tidak diperlukan pengaturan tambahan dari administrator. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk membisukan atau mengaktifkan kembali notifikasi percakapan:

  • Membisukan notifikasi
  1. Klik menu tiga titik Chat yang ada di panel sebelah kiri jendela percakapan apa pun.
  2. Pilih opsi mute.

Cara lainnya adalah dengan membuka pengaturan notification yang ada di jendela percakapan apa pun dan kemudian centang opsi mute.

Baca juga: Quick Reaction Google Chat, Kirim Reaksi Kini Jadi Lebih Cepat

  • Mengaktifkan kembali notifikasi
  1. Klik menu tiga titik Chat yang ada di panel sebelah kiri jendela percakapan apa pun.
  2. Pilih opsi unmute.

Cara lainnya adalah dengan membuka pengaturan notification yang ada di jendela percakapan apa pun dan kemudian hapus centang pada opsi mute.

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai kapabilitas pembisuan notifikasi Google Chat, Anda bisa mengunjungi halaman Help Center Google Workspace ini.

Ketersediaan

  • Google Chat versi web

Kapabilitas bisukan notifikasi ini dirilis secara bertahap, baik itu untuk domain rilis cepat maupun rilis terjadwal (membutuhkan waktu hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur ke seluruh pengguna). Domain rilis cepat dimulai pada tanggal 6 Desember 2023, sementara rilis terjadwal mulai tanggal 18 Desember 2023.

  • Google Chat versi mobile

Versi mobile juga dirilis secara bertahap, baik itu untuk domain rilis cepat maupun domain rilis terjadwal (membutuhkan waktu hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur ke seluruh pengguna) dan dimulai pada tanggal 28 November 2023.

Kapabilitas ini tersedia bagi seluruh pelanggan Google Workspace dan pengguna dengan Google Account pribadi.

Baca jugaPerluasan Konsol Admin untuk Mengelola Space Google Chat

Fitur baru dari Google Chat ini hadir untuk membantu pengguna meningkatkan konsentrasi, menghilangkan gangguan, dan tentunya lebih fokus pada percakapan penting. Selain Chat, Google Workspace juga telah menyediakan berbagai aplikasi produktivitas kerja yang saling terintegrasi, seperti Gmail, Docs, Sheets, dan Slides. Segera nikmati berbagai kemudahannya dengan berlangganan Workspace melalui EIKON Technology. Kami siap menemukan solusi terbaik untuk kebutuhan Anda. Hubungi kami di sini untuk informasi lebih lanjut.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments