Quick Reaction Google Chat, Kirim Reaksi Kini Jadi Lebih Cepat

 Saat berbalas pesan di Google Chat, ada kalanya Anda hanya ingin memberi respons singkat tanpa menggunakan kata-kata. Sebagai pengganti kata, biasanya digunakan emoji (misalnya, emoji ibu jari untuk menunjukkan persetujuan). Kini, di Google Chat, Anda bisa memberikan respons cepat dengan emoji menggunakan fitur Quick Reaction. Mari simak pembahasannya berikut ini.

Fitur Quick Reaction Google Chat

Tahun 2022 lalu, Google Chat mempermudah pengguna untuk mengakses emoji yang paling sering mereka gunakan. Pada tahun 2023 ini, Chat meningkatkan kapabilitas tersebut dengan menambahkan sebuah fitur yang dinamakan Quick Reaction.

Fitur tersebut akan menampilkan emoji yang paling sering Anda gunakan saat mengarahkan kursor ke pesan. Bukan hanya itu saja, fitur Quick Reaction juga menyediakan opsi untuk membuka pemilih emoji lengkap, membalas thread pesan, dan banyak lagi.

Photo Credit: Google Workspace Updates – Tampilan fitur Quick Reaction pada Google Chat versi web.

Photo Credit: Google Workspace Updates – Tampilan fitur Quick Reaction pada Google Chat versi Android.

Baca juga: Fungsionalitas Baru Administrator untuk Google Chat, Pengguna Kini Bisa Laporkan Pesan yang Mengganggu

Mulai menggunakan fitur

Fitur Quick Reaction Google Chat ini tidak memerlukan kontrol tambahan apa pun dari administrator. End-user akan menerima pemberitahuan mengenai fitur baru ini saat mereka mulai menggunakan emoji di Chat, baik itu dalam versi web maupun versi terbaru Android. Untuk mulai menggunakannya, cukup arahkan kursor atau tekan lama pada pesan yang ingin diberi reaksi.

Ketersediaan fitur

Fitur Quick Reaction dirilis secara bertahap, baik itu untuk domain rilis cepat maupun domain rilis terjadwal. Untuk domain rilis cepat akan dimulai pada tanggal 16 Mei 2023 (hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur), sedangkan untuk domain rilis terjadwal akan dimulai pada tanggal 30 Mei 2023 (hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur).

Fitur baru ini tersedia bagi seluruh pelanggan Google Workspace, termasuk bagi pelanggan rangkaian produktivitas pendahulu Workspace, G Suite Basic dan G Suite Business. Fitur juga tersedia bagi seluruh pengguna dengan Google Account pribadi.

Baca juga: Perluasan Konsol Admin untuk Mengelola Space Google Chat

Tentang Google Chat emoji picker

Google Chat menghadirkan opsi penggunaan emoji untuk berbalas pesan. Dengan emoji, pesan Anda akan semakin berwarna dan pihak penerima pesan pun bisa lebih mudah memahami maksud dari pesan yang mereka terima.

Untuk mendukung kapabilitas ini, Chat telah menghadirkan fitur-fitur andalan. Selain Quick Reaction, Anda juga bisa menemukan opsi Frequently Used pada halaman emoji Chat. Melalui opsi tersebut, Anda bisa tahu, emoji mana saja yang paling sering digunakan dan menambahkannya pada pesan dengan cepat.

Emoji yang paling sering Anda gunakan secara otomatis akan muncul di bawah tab Frequently Used (ikon berbentuk jam). Dari situ Anda bisa langsung memilih emoji dan menambahkannya ke dalam pesan.

Baca juga: Smart Compose, Balas Pesan Google Chat Kini Jadi Makin Ringkas

Dengan peningkatan ini, Anda sekarang bisa memberikan respons singkat menggunakan emoji di Google Chat. Ini akan meringkas lebih banyak waktu sehingga alur kerja Anda pun tak akan terganggu. Penggunaannya pun mudah, cukup dengan menggeser kursor pada pesan yang ingin diberi reaksi.

Google Workspace terus melakukan peningkatan terhadap aplikasi produktivitas mereka, termasuk Google Chat. Peningkatan akan menghadirkan fitur dan kapabilitas yang akan menyederhanakan alur kerja Anda. Ingin bekerja dengan efisien? Workspace adalah solusi terbaik untuk Anda. Kini, Anda bisa mulai berlangganan melalui EIKON Technology. Sebagai official reseller Google Workspace, kami memastikan solusi terbaik untuk Anda dengan garansi resmi. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments