Cara Membuat Custom Building Block di Google Docs

Untuk menyederhanakan alur kerja dengan petunjuk yang lebih mudah digunakan, Google Workspace memperkenalkan smart canvas. Inovasi ini telah hadir di berbagai aplikasi Workspace, salah satunya adalah Google Docs. Paling baru, Docs memperkenalkan fitur custom building block sebagai pelengkap kapabilitas smart canvas. Lalu, bagaimana cara menggunakannya?

Custom building block Google Docs

Photo Credit: Google Workspace Updates

Fitur terbaru smart canvas Google Docs ini memungkinkan Anda untuk menyimpan blok teks, tabel, dan juga chip khusus yang nantinya dapat digunakan kembali di lain waktu. Custom building block ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Misalnya, membuat sebuah templat permulaan proyek untuk melacak pencapaian dan tugas para pegawai, templat checklist peluncuran produk, atau bahkan blok teks tertentu yang memang sering digunakan di lingkungan kerja Anda.

Dengan custom building block ini, Anda tidak perlu membuat ulang building block tiap memulai proyek baru. Cukup dengan beberapa langkah sederhana, Anda bisa menyimpan building block yang sudah dibuat, untuk kemudian digunakan pada proyek selanjutnya. Docs juga menyediakan opsi untuk menyimpan sebagian atau keseluruhan dokumen sebagai custom building block. Blok yang sudah tersimpan nantinya bisa langsung digunakan di dokumen lain.

Baca juga: Peningkatan Fitur Pengaturan Konten Google Docs

Cara menggunakan custom building block

Photo Credit: Google Workspace Updates

Fitur custom building block Google Docs ini tidak memerlukan kontrol tambahan apa pun dari administrator, end-user bisa langsung menggunakannya setelah perilisan.

Untuk mulai membuat custom building block, pilih bagian mana pun dari dokumen yang dapat Anda akses untuk disimpan > klik kanan dan pilih “Save as custom building block” > beri nama blok tersebut dan klik tombol Save.

Photo Credit: Google Workspace Updates

Jika Anda ingin menyisipkan custom building block yang sudah dibuat sebelumnya ke dokumen baru, ketik “@” dan nama blok tersebut > tekan enter atau gulir ke bawah ke opsi “custom building block” > pilih nama custom building block Anda.

Baca juga: Building Block Baru Google Docs, Lebih Mudah Memasukkan dan Memformat Kode

Penting untuk diingat, custom building block nantinya akan disimpan sebagai dokumen di Google Drive Anda dalam sebuah folder bernama “Custom Building Block”. Folder ini dibuat secara otomatis oleh sistem ketika Anda membuat custom building block. Di folder tersebut, Anda bebas untuk mengatur ulang, mengedit, atau menghapus dokumen sesuai keinginan. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai custom building block Google Docs, silakan kunjungi halaman ini.

Ketersediaan fitur

Custom building block Google Docs dirilis secara bertahap, baik itu untuk domain rilis cepat maupun domain rilis terjadwal. Untuk domain rilis cepat dimulai pada tanggal 16 Mei 2023 (hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur), sedangkan untuk domain rilis terjadwal rilis cepat dimulai pada tanggal 5 Juni 2023 (hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur).

Fitur ini tersedia bagi seluruh pelanggan Google Workspace edisi Business Standard, Business Plus, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Education Plus, serta Nonprofits. Namun fitur tidak tersedia untuk Google Workspace edisi Essentials, Business Starter, Enterprise Essentials, Education Fundamentals, Education Standard, Teaching and Learning Upgrade, dan juga Frontline. Fitur juga belum tersedia untuk pengguna dengan Google Account pribadi.

Baca juga: Buat Dokumen Khusus Lebih Mudah dengan Variable Chips Google Docs

Dengan hadirnya fitur custom building block ini, Anda tidak perlu lagi menyusun ulang building block yang sudah pernah dibuat sebelumnya untuk diterapkan ke dokumen baru. Cukup dengan beberapa langkah sederhana, building block di Google Docs kini dapat disimpan dan digunakan kembali.

Tertarik dengan fitur baru smart canvas Google Docs ini? Anda bisa menemukannya di Google Works edisi Business dan Education yang telah tersedia di EIKON Technology. Sebagai partner resmi Workspace Indonesia, kami menyediakan produk resmi bergaransi dengan implementasi menyeluruh. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Google Workspace, hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments