Building Block Baru Google Docs, Lebih Mudah Memasukkan dan Memformat Kode

Tahun 2021 lalu, Google Workspace meluncurkan smart canvas, sebuah fitur yang memudahkan pengguna untuk berkolaborasi. Dengan fitur tersebut, Anda bisa lebih mudah terhubung, fokus pada waktu, hingga mengubah gagasan menjadi suatu aksi nyata.

Sejak diluncurkan, smart canvas terus dikembangkan agar dapat memenuhi kebutuhan para pelanggan. Paling baru, smart canvas di Google Docs memungkinkan Anda untuk mempresentasikan kode dengan proses yang lebih sederhana.

Smart canvas di Google Docs

Photo Credit: Google Workspace Blog

Model kerja hybrid yang terus berkembang belakangan ini memunculkan tantangan baru dalam aspek kolaborasi—bagaimana tim bisa tetap terhubung saat mereka bekerja, meski tiap orang berada di lokasi yang berbeda?

Smart canvas membangun koneksi yang lebih dalam di seluruh jaringan Google Workspace untuk memudahkan para pelanggan berkolaborasi, di mana pun mereka berada.

Salah satu kapabilitas andalan smart canvas, yakni @-mentions memungkinkan pengguna Workspace untuk melibatkan orang lain sekaligus menyertakan dokumen pendukung dalam satu tugas. Kapabilitas ini akan menghubungkan orang, konten, dan acara tanpa hambatan.

Baca juga: Fitur Split Cell untuk Tabel Kini Tersedia Di Google Docs, Berikut Cara Menggunakannya

Code block di Google Docs

Photo Credit: Google Workspace Updates

Salah satu pengembangan terbaru smart canvas di Google Docs adalah building block berupa code block. Block baru ini memungkinkan Anda dan kolaborator dokumen untuk menampilkan kode dan kemudian menerapkan gaya secara manual dengan menyorot sintaks. Dengan begitu Anda dapat memvisualisasikan kode dengan standar industri, membuat kode mudah dibaca, dan tentunya kolaborasi pun jadi lebih mudah.

Baca juga: Kini Anda Bisa Insert Emoji Lebih Cepat di Google Docs, Bagaimana Caranya?

Mulai menggunakan fitur

Code block dari smart canvas ini tidak memerlukan pengaturan tambahan dari administrator. Kapabilitas akan muncul secara otomatis setelah pembaruan Google Docs. Itu artinya, pengguna bisa langsung menggunakan code block di Google Docs.

Untuk memasukkan code block smart canvas, Anda cukup menekan Insert > Building blocks > Code blocks > pilih bahasa pemrograman Anda atau cari @ (Google menyediakan bahasa C/C++, Java, Javascript, Python, dan Unset. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai code block dari smart canvas, Anda bisa mengunjungi dokumentasi ini.

Ketersediaan fitur

Building block baru yang tersedia di Google Docs ini dirilis secara bertahap, baik untuk domain rilis cepat maupun untuk domain rilis terjadwal. Untuk domain rilis cepat dimulai pada tanggal 14 Desember 2022 (kemungkinan memakan waktu hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas keseluruhan fitur). Kemudian untuk domain rilis terjadwal dimulai pada tanggal 3 Januari 2023 (kemungkinan memakan waktu hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas keseluruhan fitur).

Kapabilitas baru Google Docs ini tersedia untuk seluruh pelanggan Google Workspace Business Standard, Business Plus, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Education Standard, Education Plus, dan juga Nonprofits. Namun kapabilitas ini tidak tersedia untuk pelanggan Google Workspace Essentials, Business Starter, Enterprise Essentials, Education Fundamentals, Teaching and Learning Upgrade, Frontline, serta G Suite Basic dan Business. Fitur juga tidak tersedia bagi pengguna dengan Google Account pribadi.

Baca juga: Cara Membuat Dokumen Kolaboratif dengan Template Tabel Baru Google Docs

Untuk mulai menggunakan building block baru Google Docs. Anda bisa berlangganan Google Workspace for Business. Sebagai authorized partner Google untuk Indonesia, EIKON Technology tidak hanya menyediakan produk Google Workspace, tapi juga menawarkan konsultasi perencanaan hingga pasca-implementasi. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments