Smart Compose, Balas Pesan Google Chat Kini Jadi Makin Ringkas

Tahun 2023 ini Google merilis Smart Compose, sebuah kapabilitas yang didukung machine learning untuk memudahkan berbagai pekerjaan Anda dengan Workspace. Kapabilitas ini sudah lebih dulu diterapkan pada Gmail dan Google Docs, yang akan mempermudah Anda untuk menulis email dan dokumen berkualitas tinggi lebih cepat. Kini, Smart Compose hadir di Google Chat. Bagaimana cara kerjanya? Mari simak ulasannya berikut.

Mengenal apa itu Smart Compose

Photo Credit: Google Workspace Updates

Smart Compose yang dikembangkan dengan machine learning ini akan menyarankan frasa kontekstual yang relevan saat Anda mengetik pesan. Ini akan menghemat waktu Anda dengan mengurangi penulisan berulang dan juga mengurangi kesalahan ejaan serta tata bahasa. Setelah sebelumnya dirilis untuk Gmail dan Docs, kini Smart Compose tersedia di Chat versi web.

Dikombinasikan bersama Smart Reply, sebuah tool yang akan menyarankan balasan singkat untuk tiap pesan, kapabilitas ini akan membantu Anda berkomunikasi dengan rekan kerja lebih cepat, sehingga alur kerja pun dapat berjalan secara efisien.

Smart Compose di Chat

Banyak pelanggan Google Workspace yang mengandalkan Chat untuk kebutuhan komunikasi langsung mereka. Dengan berbagai fitur dan kapabilitas di dalamnya, Chat dapat membantu Anda tetap menyeimbangkan prioritas kerja dengan mudah tanpa kehilangan konektivitas dengan rekan kerja. Ditambah dengan Smart Compose, Anda bisa menulis pesan balasan lebih cepat dan lebih mudah, sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga.

Untuk Google Chat, kapabilitas Smart Compose telah dilengkapi dengan dukungan bahasa Inggris, Spanyol, Portugis, Prancis, dan juga Italia.

Baca juga: Peningkatan Tampilan Google Chat dengan Material Design 3

Mulai menggunakan Smart Compose

Photo Credit: pvproduction (Freepik)

Kapabilitas Smart Compose di Google Chat tidak membutuhkan pengaturan tambahan apa pun dari administrator. Smart Compose Chat akan menyesuaikan pengaturan dan preferensi pribadi end-user yang menggunakannya. Namun untuk penggunaan Workspace skala besar, administrator dapat menetapkan pengaturan default seragam yang berlaku di seluruh lingkungan kerja.

Setelah peluncuran, Smart Compose akan aktif secara default dan dapat dinonaktifkan dengan menghapus tanda centang pada opsi “Enable predictive suggestions as you compose a message on web and desktop” di bawah menu Smart Compose dalam pengaturan Chat.

Saat kapabilitas ini aktif, maka Anda akan menemukan icon tab” di sebelah kata yang sedang diketikkan. Ketika Anda melihat saran kalimat atau frasa yang cocok, tekan tombol tab pada keyboard untuk menggunakan saran tersebut. Detail lebih lanjut mengenai Smart Compose bisa Anda baca dalam dokumentasi berikut.

Baca juga: Google Chat Luncurkan Konfigurasi Announcement-Only untuk Space Manager, Apa Fungsinya?

Ketersediaan kapabilitas

Photo Credit: yanalya (Freepik)

Smart Compose untuk Google Chat dirilis dalam format extended rollout untuk domain rilis cepat mulai tanggal 5 Juni 2023 (kemungkinan akan memakan waktu lebih dari 15 hari untuk visibilitas fitur). Kemudian untuk domain rilis terjadwal, dimulai pada tanggal 26 Juni 2023 (kemungkinan akan memakan waktu paling lambat 15 hari untuk visibilitas fitur).

Kapabilitas Smart Compose ini tersedia bagi seluruh pelanggan Google Workspace dan pengguna dengan Google Account pribadi.

Baca juga: Kini Admin Dapat Menginstal Google Chat untuk Direct Message Workspace, Bagaimana Caranya?

Setelah berhasil diterapkan dengan mulus di Gmail dan Google Docs, kapabilitas Smart Compose kini hadir di aplikasi perpesanan Chat. Dengan memanfaatkan kapabilitas ini, Anda dapat membalas pesan lebih cepat sehingga alur kerja pun akan makin efisien.

Untuk mengoptimalkan Smart Compose dan berbagai fitur lain dari Chat, jangan lupa berlangganan Google Workspace dengan pilihan edisi sesuai kebutuhan Anda. EIKON Technology menyediakan Workspace for Business untuk bisnis dan Workspace for Education untuk institusi pendidikan. Informasi lebih lanjut mengenai implementasi Workspace, silakan hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
4 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments