Cara Memantau Penyalahgunaan Melalui Alert Center

Google Workspace menyediakan Alert Center untuk mengirimkan notifikasi kepada administrator tentang potensi masalah dalam domain mereka dan kemudian mengambil tindakan yang diperlukan (seperti, edukasi kepada pengguna atau pembaruan pada setelan yang ada) untuk menyelesaikan masalah sekaligus melindungi lingkungan kerja Anda dari ancaman keamanan data.

Dalam update terbaru Alert Center, administrator kini akan menerima peringatan jika terdapat peristiwa penyalahgunaan. Lalu, bagaimana cara menggunakan fitur baru ini?

Monitoring penyalahgunaan melalui Alert Center

Photo Credit: Google Workspace Updates – Administrator akan diberitahu melalui email tentang penyalahgunaan, beserta detail informasinya di Alert Center.

Administrator kini akan menerima peringatan apabila sistem mendeteksi adanya peristiwa penyalahgunaan dalam domain mereka. Hal ini mencakup peristiwa yang berhubungan dengan konten yang ditandai sebagai penyalahgunaan (abusive) atau pembatasan akses pengguna (user access restrictions) ke aplikasi.

Pembaruan ini akan memudahkan administrator untuk terus memantau ada-tidaknya penyalahgunaan dalam domain mereka dan dengan mudah mengambil tindakan yang diperlukan, seperti menangguhkan akses pengguna atau membatasi akses ke layanan tertentu, 

Baca juga: Notifikasi Email dari Google Workspace Kini Tersedia di Alert Center

Mulai menggunakan fitur

Administrator yang telah diberi hak untuk mengakses Alert Center akan otomatis menerima notifikasi di Alert Center setelah perilisan fitur ini. Di samping itu, Primary Admin juga akan menerima notifikasi di kotak masuk email mereka.

Photo Credit: Google Workspace Updates

Dari Alert Center, administrator dapat melihat daftar peringatan. Dari daftar peringatan tersebut, Anda juga bisa mendapatkan detail informasi tambahan dengan mengeklik item yang ada. Jika perusahaan Anda menggunakan Workspace edisi Enterprise, maka Alert Center juga dapat digunakan untuk memulai penyelidikan dengan menautkan langsung penyalahgunaan ke alat investigasi keamanan Google Workspace.

Alert Center dan alat investigasi keamanan ini kemudian akan membantu administrator untuk melakukan penyesuaian pada setelan keamanan konsol Google Admin jika diperlukan (atau mengambil tindakan lain sebagai respons terhadap pemberitahuan tersebut).

Fitur ini hanya dapat diakses oleh administrator dan tidak berlaku untuk end-user. Administrator yang diberi hak akses Alert Center bisa langsung menggunakan fitur baru ini setelah perilisan.

Baca juga: Peningkatan User Interface Tool Email Log Search di Google Workspace

Ketersediaan fitur

Administrator yang telah memiliki hak akses ke Alert Center akan langsung mendapatkan notifikasi terkait penyalahgunaan setelah fitur resmi dirilis. Selain itu, Primary Admin juga akan mendapatkan notifikasi melalui email mereka. Fitur telah tersedia di Alert Center, baik itu untuk domain rilis cepat maupun domain rilis terjadwal. Fitur ini tersedia bagi seluruh pelanggan Google Workspace.

Khusus untuk pelanggan Workspace Enterprise Plus, pembaruan ini juga hadir dengan opsi untuk memulai penyelidikan. Admin bisa langsung menautkan peristiwa penyalahgunaan ke alat investigasi keamanan Google Workspace.

Baca juga: 3 Cara Meningkatkan Keamanan Anda Saat Menggunakan Google Workspace

Dengan hadirnya fitur baru Alert Center ini, administrator bisa dengan mudah memantau ada-tidaknya tindak penyalahgunaan yang dapat membahayakan keamanan data dalam domain mereka. Fitur baru ini juga memungkinkan Anda untuk bisa langsung mengambil tindak lanjut saat muncul penyalahgunaan, tanpa memerlukan tools tambahan.

Fitur ini telah tersedia di konsol Google Admin untuk seluruh edisi Workspace. Ingin berlangganan Google Workspace untuk mendukung alur kerja perusahaan atau institusi pendidikan Anda? EIKON Technology siap membantu dengan menyediakan paket berlangganan Workspace resmi dan bergaransi. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments