Selesaikan Tugas di Google Sheets Lebih Cepat dengan Smart Chip Baru

Google Sheets baru saja meluncurkan sebuah pembaruan untuk kapabilitas smart canvas mereka. Dalam pembaruan kali ini, Sheets memperkenalkan fungsi smart chip tambahan. Dengan smart chip tambahan tersebut, Anda dapat mengerjakan tugas ekstraksi data lebih cepat, tanpa langkah yang berbelit. Bagaimana cara menggunakannya?

Smart chip ekstraksi data Google Sheets

Photo Credit: Google Workspace Updates

Kali ini, Google Sheets menghadirkan smart chip yang akan membantu Anda melakukan ekstraksi data. Dengan fungsionalitas baru tersebut, Anda nantinya bisa dengan cepat mengekstrak informasi dari smart chip untuk penyortiran, pemfilteran, dan analisis tingkat lanjut.

Memanfaatkan smart chip ekstraksi data ini, Anda dapat memperkaya spreadsheet dengan informasi dari chip orang, file, maupun peristiwa. Lebih khusus lagi, fitur ini memungkinkan Anda mengeluarkan metadata yang berhubungan dengan smart chip tertentu ke dalam selnya sendiri, sambil tetap mempertahankan koneksi dengan chip tempatnya diekstraksi.

Katakanlah Anda perlu melacak sekumpulan dokumen, pemilik, serta detailnya (seperti waktu pembuatan atau siapa yang terakhir kali memodifikasi file). Anda hanya perlu mengekstrak bidang tersebut dari file chip yang relevan.

Anda dapat terus memperbarui ekstraksi dengan mengeklik opsi “Refresh & manage” pada sidebar ekstraksi. Di sidebar ini Anda bisa memantau tiap perubahan data.

Baca juga: Kapabilitas Baru Fitur Interactive Timeline Google Sheets

Fungsi smart chip ekstraksi data

Smart chip ekstraksi data memungkinkan Anda melacak dan mengatur data dengan lebih mudah, serta melakukan analisis lebih dalam menggunakan data yang berasal dari smart chip. Anda pun dapat menggunakan file chip untuk memahami kapan dokumen terakhir diperbarui atau menggunakan people chips untuk mengurutkan dan memfilter karyawan berdasarkan lokasi pekerjaan, sehingga Anda dapat mendelegasikan tugas lebih cepat.

Anda pun dapat menyusun susunan ekstraksi untuk melakukan analisis yang lebih kompleks. Contoh di bawah ini menggunakan serangkaian chip di B3:B11 untuk menghitung jumlah lokasi kantor unik dari 9 orang yang berbeda.

Photo Credit: Google Workspace Updates

Mengoperasikan smart chip ekstraksi data

Untuk melakukan ekstraksi sidebar

Photo Credit: Google Workspace Updates

    1. Buka sidebar ekstraksi data (masuk ke menu Data, klik kanan pada sel/range dengan people, event, atau file chips dan navigasikan ke “Data extraction”. Bisa juga dengan mengeklik tautan “Data extraction” pada hover card).
    2. Pilih range dengan chip yang datanya ingin Anda ekstrak.
    3. Pilih data apa yang ingin Anda ekstrak dari chip terpilih.
    4. Pilih range tujuan ekstraksi data.
  • Untuk melakukan ekstraksi formula
  1. Ketik “=” di sel tempat Anda ingin informasi diekstraksi.
  2. Navigasikan ke sel atau range dengan chip di dalamnya dan pilih.
  3. Tambahkan titik setelah sel atau range dan pilih dari autocomplete apa yang akan diekstraksi.
  4. Setujui dialog konfirmasi ekstraksi.

Baca juga: Connected Sheets for Looker Kini Tersedia untuk Semua Instance Looker

Untuk memperbarui data di sidebar ekstraksi data

Photo Credit: Google Workspace Updates

  1. Buka sidebar ekstraksi.
  2. Klik Refresh & manage.
  3. Temukan smart chip yang ingin Anda perbarui datanya.
  4. Klik Refresh data.
  5. Untuk memperbarui semua data smart chips, klik tombol Refresh all yang ada di bagian bawah sidebar.

Ketersediaan

Akan dilakukan peluncuran yang diperpanjang untuk domain rilis cepat (berpotensi lebih lama dari 15 hari untuk visibilitas fitur), mulai tanggal 17 Mei 2023. Untuk domain rilis terjadwal akan dilakukan perilisan bertahap (hingga 15 hari untuk visibilitas fitur), mulai dari tanggal 14 Juni 2023.

Ekstraksi data yang sudah disimpan dalam chip (Nama dan email untuk people chips. Jenis MIME, URL, File Name untuk file chips. URL dan Summary untuk event chips) tersedia bagi seluruh pelanggan Google Workspace dan pengguna dengan Google Account pribadi.

Kemudian untuk ekstraksi seluruh data yang tersedia, bisa digunakan oleh pelanggan Google Workspace Business Standard, Business Plus, Enterprise Essentials, Enterprise Essentials Plus, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Education Fundamentals, Education Plus, Education Standard, serta Teaching and Learning Upgrade.

Baca juga: Memperkenalkan Fitur Baru Smart Canvas Google Sheets dan Docs

Hadirnya fitur baru dari smart canvas Google Sheets ini akan memudahkan Anda dalam mengekstraksi data. Bahkan Anda dapat memanfaatkannya untuk menganalisis data di spreadsheet lebih dalam. Untuk mengoptimalkan manfaat dari fitur smart chip ekstraksi data Sheet, gunakan Google Workspace edisi Business atau Education yang bisa Anda dapatkan di EIKON Technology. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments