Update Google Assistant untuk Perangkat Meeting: Perintah Suara yang Lebih Terkontrol

Di tanggal 22 Agustus 2022 lalu, Google Assistant memperbarui perintah suara “Hey Google” pada perangkat keras (hardware) Google Meet. Dengan update ini, Google Assistant hanya akan aktif ketika perangkat sedang tidak digunakan untuk rapat dan dalam rentang 10 menit dari rapat yang akan datang. Lalu, apakah update ini akan langsung otomatis berjalan?

Update kontrol suara Google Assistant

Dengan update terbaru untuk perangkat meeting Google Meet ini, maka Assistant mengalami penyesuaian. Google Assistant tidak akan muncul ketika Anda berkata “Hey Google” jika perangkat sedang digunakan rapat atau akan dipakai rapat (jarak 10 menit dari acara). Ini akan membantu Anda menghindari aktivasi Assistant yang tidak disengaja.

Selain update kontrol suara ini, Google juga memperluas jenis perangkat yang dapat mendukung kontrol “Hey Google”, di antaranya adalah perangkat Logitech Rally Bar, Logitech Rally Bar Mini, serta perangkat Seri One Desk 27 yang akan segera meluncur di kuartal IV tahun 2022 ini.

Baca juga: Meet Hardware Dapat Membantu Produktivitas Kerja Saat Work from Home

Keterangan tambahan

Photo Credit: DCStudio (Freepik)

Perlu diingat, hardware Google Meet menerima update otomatis yang menyempurnakan perangkat maupun software pada perangkat. Namun, kemajuan perangkat keras dan teknologi akhirnya membuat perangkat lama menjadi ketinggalan zaman. Oleh karenanya, ada kemungkinan jika Anda masih menggunakan hardware Google Meet yang lama, update kontrol suara ini tidak akan muncul.

Update Chrome OS di perangkat Google Meet disediakan setiap tiga bulan, sehingga perangkat Anda akan selalu berada setidaknya satu versi di belakang versi Chrome OS terbaru.

Jenis perangkat yang didukung

Untuk memudahkan Anda, berikut adalah daftar hardware Google Meet yang bisa menerima update baru ini:

Nama produkTanggal auto-update expiration (AUE)
Acer Chromebase for Meetings 24V2 (CA24V2)Juni 2025
Asus Chromebox 3 (CN65)Juni 2025
CTL Chromebox CBx1Juni 2025
ASUS Google Meet Compute SystemJuni 2028
CTL Google Meet Compute SystemJuni 2028
Meet Compute System – Series OneJuni 2028
ASUS Google Meet Compute System (Intel 10th Gen)Juni 2028
Meet Compute System – Series One (Intel 10th Gen)Juni 2028

Agar auto-update bisa berjalan, semua perangkat harus dibeli dari pengecer bersertifikat. Tanggal saat perangkat tidak lagi dijual dikendalikan oleh produsen dan tidak ada hubungannya dengan tanggal AUE model. Tanggal akhir penjualan tidak dimunculkan dalam tabel AUE.

Baca juga: Device Google Meet Hardware yang Sesuai untuk Bisnis Anda

Jenis perangkat yang tidak didukung

Auto-update tak berlaku untuk perangkat meeting berikut karena sudah melampaui tanggal AUE:

  • Asus Chromebox CN62 (Juni 2021)
  • Acer Chromebox CXI2 / CXV2 (Juni 2021)
  • Acer Chromebase for Meetings CA24V (Juni 2021)
  • HP Chromebox G1 (September 2019)
  • Dell Chromebox (September 2019)
  • Asus Chromebox CN60 (September 2019)
  • Samsung Series 3 (Maret 2018)

Untuk bisa menikmati update kontrol suara Google Assistant ini, Anda perlu melakukan pembaruan manual sebab auto-update sudah tidak berjalan lagi.

Ketersediaan fitur

Photo Credit: tirachardz (Freepik)

Fitur baru ini dirilis secara bertahap, baik untuk domain rilis cepat maupun rilis terjadwal. Perilisan dimulai pada tanggal 29 Agustus 2022 (hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur). Tersedia untuk seluruh pelanggan Google Workspace, termasuk mereka yang masih menggunakan rangkaian G Suite Basic dan G Suite Business. Fitur juga akan secara otomatis muncul pada perangkat Google Meet yang belum mencapai tanggal AUE.

Baca juga: Meningkatkan Kualitas Meet dengan Perangkat Chromebook

Perangkat Google Meet memang terus dikembangkan untuk bisa menghadirkan pengalaman rapat virtual yang seamless dan dapat mendorong kontribusi seluruh peserta. Anda bisa mendapatkan perangkat ini melalui EIKON Technology. Sebagai reseller dengan sertifikasi resmi Google, kami memastikan produk hardware Google Meet yang ditawarkan bisa digunakan secara optimal.

Di samping itu, EIKON Technology juga menawarkan Google Workspace for Business untuk mendukung kolaborasi kerja di perusahaan Anda. Untuk informasi lengkap mengenai rencana implementasi, silakan hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments