Kini Fitur Berbagi Classwork di Google Classroom Tersedia bagi Umum, Berikut Cara Menggunakannya

Tahun 2023 lalu, Google mengumumkan Classroom versi beta yang menyederhanakan perencanaan pembelajaran dengan templat kelas dan Classwork (tugas kelas) yang dapat dibagikan. Kini, fitur tersebut telah tersedia untuk umum bagi pelanggan Google Workspace for Education Plus dalam bahasa Inggris, Spanyol, Portugis, dan Jepang. Mari simak detailnya berikut.

Fitur berbagi templat kelas dan Classwork

Pengajar yang telah terverifikasi (verified teacher) kini dapat berbagi link ke kelas. Dengan begitu, pengajar lain dapat melihat pratinjau dan mengimpor Classwork ke kelas yang sudah ada atau ke kelas baru. Ini akan membantu Anda mengakses materi berkualitas untuk kemudian digunakan saat menyusun desain pembelajaran.

Photo Credit: Google Workspace Updates

Fitur ini memungkinkan pengajar mendistribusikan kurikulum standar atau konten pembelajaran kepada orang lain dalam institusi mereka secara mudah. Hasilnya, sesama pengajar dapat dengan mudah melihat pratinjau, memilih, dan mengimpor Classwork berkualitas untuk kemudian diaplikasikan pada kelas mereka masing-masing.

Baca juga: Update Transformation Reports Google for Education

Photo Credit: Google Workspace Updates

Penggunaan

Untuk menjaga kerahasiaan informasi, data siswa, seperti penyerahan tugas, komentar, dan nilai, tidak akan ditampilkan pada pratinjau kelas bersama. Selain itu, bahan ajar dari kelas yang diimpor akan disimpan dalam draft mode untuk kelas tertentu.

Baca juga: Belajar Lebih Aman dengan Google for Education

Mulai menggunakan fitur

Fitur baru dari Google Classroom ini tidak membutuhkan kontrol apa pun dari administrator. Namun sebelum penggunaan, administrator harus memastikan bahwa pengaturan berikut telah aktif bagi seluruh end-user:

  • Untuk berbagi kelas, pengajar harus memiliki lisensi Google Workspace for Education Plus.
  • Untuk dapat melihat pratinjau dan mengimpor tugas kelas dari kelas bersama, pengajar harus sudah menjadi pengajar terverifikasi.

Selanjutnya, bagi end-user yang ingin mulai membagikan kelas, bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Untuk berbagi kelas, klik tombol “Share classwork” di halaman Classwork.
  2. Setelah menerima link kelas, buka di browser Anda. Saat membuka pratinjau kelas bersama, pilih item dari Classwork yang ingin Anda ekspor ke kelas.

Kunjungi Help Center untuk mempelajari lebih lanjut tentang berbagi templat kelas dan Classwork.

Ketersediaan

Fitur ini dirilis secara bertahap, baik itu untuk domain rilis cepat maupun domain rilis terjadwal. Perilisan dimulai pada tanggal 31 Januari 2024 (hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas keseluruhan fitur pada pengguna). Fitur tersedia bagi pelanggan Education Plus.

Baca juga: Merancang Sistem Belajar Online yang Aman dengan Google for Education

Hadirnya fitur baru ini memungkinkan pengajar mendistribusikan konten pembelajaran kepada orang lain dalam institusi mereka dengan lebih mudah. Pengajar pun dapat dengan mudah melihat pratinjau, memilih, dan mengimpor bahan ajar berkualitas untuk kemudian diaplikasikan pada kelas mereka masing-masing.

Fitur ini tersedia gratis bagi pelanggan Google Workspace for Education Plus. Belum berlangganan Education Plus? Anda bisa mendapatkannya melalui EIKON Technology. Kami menyediakan paket berlangganan Workspace resmi dan bergaransi. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments