EIKON TECHNOLOGY BLOG

5 Hal Dasar Untuk Mengembangkan Bisnis Perusahaan


Melihat penjualan stagnan bahkan semakin menurun pasti membuat hati was-was. Ini menuntut kita untuk menjawab berbagai pertanyaan : Bagaimana cara meningkatkan penjualan? Bagaimana langkah mengembangkan binis dan memajukan perusahaan agar lebih besar dan sukses?.

Berikut tips mengembangkan bisnis berjalan lancar dan sukses :

1. Membuat Value Proposition Yang Jelas

2. Membangun Brand Identity Yang Kuat

3. Tingkatkan Kinerja SDM

4. Lakukan Inovasi Yang Berkelanjutan

5. Dukung Dengan Teknologi 


1. Membuat Value Proposition Yang Jelas

Value propositon adalah nilai tambah suatu perusahaan yang dibuat untuk menjadi alasan mengapa customer harus memilih produk kita. Jadi, kita tidak sekedar memenuhi kebutuhan pelanggan, namun juga memberikan benefit yang lebih pada produk yang kita jual.

Value proposition dapat berupa kualitas produk, pelayanan yang responsif, kemasan yang unik, pengiriman cepat, dan lainnya. Tujuannya adalah agar customer lebih memilih membeli produk kita dibandingkan kompetitor. Be Different Be Unique.

Value proposition

Anda dapat menemukan value proposition dengan menggali masalah customer, apa kebutuhan mereka, sehingga produk Anda dapat menjadi problem solving.

Sehingga, bila dirangkum, value proposition meliputi :

  1. Produk Anda harus dapat menjawab permasalahan customer
  2. Memberikan benefit yang spesifik
  3. Customer lebih memilih produk Anda dibandingkan pesaing

Value proposition biasanya melekat seperti slogan pada produk, “Apa yang Anda tonjolkan pada produk Anda?” “Apa yang membedakannya dengan produk lain?”. Contoh value proposition :

  1. Uber : The Smartest Way To Get Around
  2. Digit : Save Money Without Thinking About It
  3. Go-Jek : An Ojek For Every Need
  4. Unbounce : A/B Testing Without Tech Headaches

Jadi, apa value proposition produk Anda?

 

2. Membuat Brand Identity Yang Kuat

 

brand identity

Brand Identity merepresentasikan produk atau perusahaan Anda. Dengan kata lain, ketika customer melihat logo, slogan, atau warna dari produk Anda mereka dengan cepat akan bisa menebak bahwa itu adalah Anda.

Brand Identity seperti karakter yang melekat pada produk/perusahaan Anda. Unik dan mudah diingat. Contohnya saja ketika Anda melihat logo buah apel tergigit maka pastilah Anda tahu bahwa itu brand dari perusahaan Apple. Atau ketika Anda mencari aplikasi search engine dengan logo rubah berwarna orange melingkar pada bola biru, maka sudah dipastikan itu adalah Mozilla Firefox.

Sudah tentu brand identity bukan hanya sekedar logo. Namun, aspek visual yang lebih menggambarkan bagaimana brand Anda. Beberapa elemen visual dari brand identity yaitu :

  • Logo
  • Warna
  • Font/Typography
  • Sistem Desain
  • Icon
  • Photography/Graphic

Bila Anda ingin membuat brand identity kuat maka, design Anda harus :

  • Berbeda/unik
  • Menarik perhatian
  • Mudah diingat
  • Fleksibel
  • Mudah diaplikasikan di desain lain

 

3. Tingkatkan Kualitas Kinerja SDM Anda

 teamwork atau tim kerja

 

Penggerak perusahaan adalah karyawan. Bila Anda ingin bisnis Anda berkembang, maka yang perlu Anda lakukan yaitu meningkatkan kinerja karyawan Anda. Anda dapat memaksimalkan fungsi departemen SDM Anda dengan cara :

 

4. Lakukan Inovasi Berkelanjutan

Jika produk Anda monoton dan tidak ada pembaruan mungkin saja customer Anda akan berpindah ke kompetitor. Anda perlu melakukan inovasi dengan cara melakukan penyempurnaan pada produk dan layanan Anda. Paksa otak Anda untuk selalu mengeluarkan ide-ide baru.

Peka-lah terhadap kompetensi pasar apa yang dapat Anda explore dan menjadi nilai tambah pada produk Anda. Selalu jawab kebutuhan konsumen Anda dengan inovasi tersebut. Dengan inovasi berkelanjutan, bisnis berkembang dan berdampak pada peningkatan penjualan.

 

5. Teknologi Yang Membuat Kinerja Lebih Produktif

 

teknologi

Jangan lupakan teknologi untuk memberikan kenaikan signifikan pada bisnis Anda. Teknologi membuat pekerjaan menjadi lebih mudah, efisien, dan efektif. Pilih teknologi sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Lakukan research produk-produk teknologi yang telah dipakai oleh perusahaan-perusahaan lain. Lihat juga review dari user lain.

Untuk membantu perusahaan Anda lebih responsif dan memenangkan hati pelanggan, Anda dapat menggunakan aplikasi helpdesk seperti Freshdesk. Atau bila perusahaan Anda membutuhkan teknologi yang meningkatkan kinerja karyawan menjadi lebih produktif, fleksibel, dapat digunakan dimanapun dan kapanpun, Anda patut mencoba aplikasi buatan Google yaitu G Suite.

Untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan Anda perlu juga mempertimbangkan membuat email dengan domain nama perusahaan dengan G Suite.

 





Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of