EIKON TECHNOLOGY BLOG

Ini Solusinya 3 Ide Bisnis Berbasis Teknologi Untuk Mendirikan Perusahaan Start Up


 

Teringat posting-an seorang Goverment Relation Specialist di LinkedIn, Bapak Henry H Purba membeberkan fakta mengenai perbedaan generasi millenial lulusan dalam negeri dan luar negeri. Dia menanyakan apakah lulusan dalam negeri dapat bersaing dengan lulusan luar negeri dimana mereka berbondong-bondong pulang ke Indonesia dengan membawa ide-ide dan peluang usaha yang menjanjikan bisnis startup. Banyak dari para pemuda ini mendirikan startup dalam bidang teknologi.

Apakah generasi millenial dapat menghadapi tantangan ini? Apakah bisnis pemula anak muda yang didirikan akan tergerus keadaan? Jadi, sebelum melakukan eksekusi mendirikan bisnis stratup berbasis teknologi, ada baiknya Anda menyimak artikel ini. Artikel ini akan memberikan Anda rekomendasi usaha atau ide bisnis teknologi yang memiliki peluang besar sesuai pangsa pasar di Indonesia.

Rekomendasi Ide Bisnis Startup :

1. Membuat Mobile Apps

2. Paket Digital Agency Komplit

3. Fintech

1. Membuat Mobile Apps Untuk Suatu Produk

Aplikasi mobile terutama android adalah usaha yang bagus dan sangat digemari oleh para developer muda akhir-akhir ini. Mudah dalam pembuatannya dan mudah dalam mendapatkan uang dari bisnis mobile apps ini. Dalam era diigital ada 5 bidang yang semakin lama akan semakin berkembang yang dapat Anda pertimbangkan untuk menjadi sebuah mobile apps :

  1. Pendidikan
  2. Kesehatan
  3. Teknologi
  4. Fashion
  5. Kuliner

Anda dapat membuat aplikasi mobile dari ke lima bidang tersebut. Contohnya, perusahaan startup Ruang Guru dimana mempertemukan para guru dan para murid untuk belajar lebih diluar sekolah.

2. Paket digital Agency yang komplit

Saat ini perusahaan maupun UKM telah melihat peluang terbukanya area pemasaran melalui saluran digital. Baik dengan website, sosial media (instagram, facebook, LinkedIn, atau media lain). Jika Anda memiliki keahlian dan pengetahuan di bidang digital marketing, maka peluang ini harus Anda manfaatkan. Kumpulkan tim Anda dan mulai bisnis Anda, pasti Anda akan meraup keuntungan besar. Maksud dari digital agency yang lengkap yaitu :

  1. Jasa website
  2. Jasa SEO
  3. Jasa Ads
  4. Jasa Social Media Management
  5. Jasa Branding
  6. Jasa Desain grafis

3. Fintech

Saat ini financial technoloy atau fintech juga ide bisnis yang punya potensi cukup besar dimana mempertemukan para investor atau pemiliki modal dengan para pencari modal karena tidak dipungkiri bahwa masyarakat indonesia saat ini mulai tertarik menjadi entrepreneur.

Beberapa sub bidang usaha startup fintech di Indonesia yang sedang berkembang yaitu :

  • Pembayaran
  • Investasi
  • Perencanaan Keuangan
  • Pembiayaan (lending)
  • Financial Aggregator
  • Riset Keuangan

Akhir Kata

Jika, Anda berpikiran untuk membuka startup Anda pasti membutuhkan dukungan teknologi aplikasi/software untuk menunjang kinerja perusahaan Anda. Salah satu software yang tidak boleh Anda lewatkan pada list planning Anda adalah office. Namun, ada baiknya Anda tidak menggunakan produk software bajakan atau tidak berlisensi karena bila terjadi sidak mungkin perusahaan Anda malah akan merugi.

Maka untuk menghindari hal tersebut kami sarankan untuk memilih software office yang berlisensi dan aman yaitu produk office dari Google (G Suite) atau Microsoft dengan (Microsoft 365). Bila Anda ingin perusahaan Anda terlihat kredibel maka kami sarankan Anda untuk membuat email dengan nama domain perusahaan Anda sendiri. Dan tenang, kedua provider ini memberikan fitur email dengan domain perusahaan Anda sepaket dengan produk G Suite atau Microsoft 365.

Jadi, sudah tahu ide bisnis mana yang akan Anda pilih? Semoga artikel ini membantu Anda menemukan peluang usaha yang bagus untuk bisnis Anda yah… 🙂




Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of