Fungsi Working Location Calendar API Google Dirilis dalam Versi Beta, Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Kini Anda dapat membaca data working location menggunakan Calendar API Google dan mendapatkan pemberitahuan saat lokasi kerja tersebut berubah. Sebelumnya, Google mengumumkan bahwa fungsi tersebut akan tersedia melalui API terpisah. Namun, untuk memberikan pengalaman yang lebih sederhana, fungsi dirilis dalam satu API. Per 27 Maret 2023, fungsi ini dirilis dalam versi beta untuk penggunaan terbatas.

Calendar API working location

Menggunakan Calendar API untuk membaca working location dapat membantu Anda:

  • Menganalisis aliran dan volume orang sehingga lebih mudah menyesuaikan sumber daya dengan kebutuhan karyawan Anda.
  • Membagikan lokasi di seluruh platform internal lain atau pihak ketiga, sehingga memudahkan untuk mengaktifkan tugas seperti pemesanan hot desk atau menjadwalkan hari kerja.

Baca juga: Hemat Waktu dengan Opsi Lokasi Kerja yang Disarankan di Google Calendar

Mulai menggunakan API

Developer dapat menggunakan fitur baru dari Calendar API ini dengan mengajukan permohonan ke Google Workspace Developer Preview Program. Google Workspace juga telah menyediakan documentation tentang cara membaca data working location di sini.

Melalui Google Workspace Developer Preview Program, developer bisa mendapatkan early access untuk beberapa fitur baru Calendar API. Fitur yang dihadirkan pada developer preview telah melalui tahap pengembangan awal, sehingga siap untuk implementasi langsung.

Dengan mengikuti program ini, Anda dapat memberi masukan untuk pengembangan API ke tahap selanjutnya. Selain itu, Anda juga berkesempatan mendapat dukungan pra-perilisan, dan kemudahan integrasi saat API nantinya dirilis untuk umum. Untuk bergabung dalam Google Workspace Preview Program, Anda dapat mengeklik link berikut:

Bergabung dengan Google Workspace Developer Preview Program

Penting untuk diingat, meski seluruh developer dapat menggunakan Calendar API, namun fungsi terbaru ini hanya tersedia untuk edisi Workspace tertentu (simak poin selanjutnya untuk mengetahui edisi Workspace yang mendukung fungsi terbaru Calendar API ini)

Cara mengaktifkan dan menonaktifkan working location Calendar API

Photo Credit: Freepik

End user dapat membagikan lokasi kerja mereka berdasarkan rutinitas mingguan mereka, maupun lokasi satu waktu. Untuk mengaktifkan dan menonaktifkan working location, admin dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke konsol Google Admin.
  2. Di konsol admin, masuk ke Menu > Apps > Google Workspace > Calendar.
  3. Klik opsi Sharing settings.
  4. Klik Working location.
  5. Untuk menerapkan pengaturan ke seluruh orang, pilih organizational unit (OU) teratas. Anda juga bisa memilih OU turunan jika ingin menerapkan pengaturan pada akun tertentu.
  6. Centang opsi Allow users to set their daily working location untuk mengaktifkan opsi berbagi working location pada user.
  7. Klik Save untuk menyimpan pengaturan. Jika memilih OU turunan, akan tersedia opsi Inherit atau Override pengaturan OU induk.

Jika Anda menonaktifkan opsi berbagi workin location, kemungkinan butuh waktu hingga 36 jam untuk menghilangkan fitur working location dan menghapus data lokasi kerja user.

Baca juga: Reminder Google Calendar dan Assistant Reminders Akan Bermigrasi ke Tasks, Seperti Apa Perubahannya?

Tampilan working location

Untuk saat ini, working location tampil pada Calendar, bukan Directory profil. Jika administrator:

  • Menonaktifkan working locationUser lain akan tetap melihat bagian Main office location (bagian ini dapat dikontrol administrator melalui pengaturan tambahan).
  • Tetap mengaktifkan working locationUser dengan akses “free” atau “busy” ke event kalender dapat melihat nama working location yang dicantumkan.

Ketersediaan fungsi

Photo Credit: rawpixel.com (Freepik)

Meskipun semua developer dapat menggunakan API, fitur working location ini hanya tersedia untuk edisi Workspace yang memenuhi syarat:

Tersedia untuk pelanggan Google Workspace Business Standard, Business Plus, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Education Fundamentals, Education Plus, Education Standard, Teaching and Learning Upgrade, dan Nonprofit, serta pelanggan G Suite Business lama.

Tidak tersedia untuk pelanggan Google Workspace Essentials, Business Starter, Enterprise Essentials, Frontline, G Suite Basic.

Baca juga: Enkripsi Client-Side untuk Google Calendar Kini Telah Tersedia, Apa Fungsinya?

Untuk bisa menggunakan fitur working location Calendar API ini, pastikan Anda sudah berlangganan edisi Workspace yang sesuai, seperti Google Workspace for Business. Edisi Workspace ini telah tersedia di EIKON Technology, partner resmi Google Workspace Indonesia. Untuk informasi selengkapnya, klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments