Kini, Buat Aplikasi untuk Google Chat Jadi Makin Mudah dengan AppSheet

Google Chat app merupakan aplikasi web serta layanan yang berjalan di Google Chat. Untuk memudahkan para developer, Google kini menyediakan opsi pengembangan Chat apps melalui AppSheet. Dengan AppSheet, Anda bahkan dapat mengembangkan aplikasi tanpa kode. Menariknya lagi, melalui AppSheet, pengguna dapat berinteraksi langsung dengan aplikasi Anda di Google Chat tanpa perlu membuka jendela terpisah. Lalu, bagaimana cara menggunakannya?

Mengenal AppSheet

Photo Credit: AppSheet

Google AppSheet menghadirkan kemampuan untuk mengembangkan aplikasi tanpa kode (no coding solutions). Ini memungkinkan Anda untuk dapat mengembangkan aplikasi, baik versi mobile maupun desktop yang sesuai dengan kebutuhan, tanpa harus membuang banyak waktu dan tenaga. Dengan AppSheet, Anda dapat:

  • Mengembangkan aplikasi dengan tangkapan data yang lebih kaya, mencakup data dalam bentuk form, barcode, tanda tangan, hingga foto.
  • Menyesuaikan fitur, UX, keamanan, serta branding aplikasi sesuai kebutuhan.
  • Menjaga keamanan data pengguna dengan laporan keamanan, autentikasi, dan laporan penggunaan.
  • Mengelola keamanan data pengguna dengan keamanan berbasis peran, autentikasi, dan penggunaan berbasis peran.

Google Chat app

Photo Credit: AppSheet

Google Chat merupakan aplikasi percakapan dari Google yang memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan rekan kerja secara aman dan bebas hambatan. Untuk mengoptimalkan penggunaannya, pengguna dapat menambahkan app sesuai kebutuhan.

Google telah memfasilitasi para developer untuk dapat mengembangkan Chat app dengan mudah menggunakan AppSheet. Chat dan AppSheet telah saling terintegrasi sehingga penggunaan aplikasi yang sudah Anda kembangkan pun akan jauh lebih mudah.

Baca juga: Mengintip Rencana Pengembangan AppSheet untuk Tahun 2023, Seperti Apa?

Mengembangkan Chat app dengan AppSheet

Photo Credit: Google Workspace Updates

Duet AI for AppSheet memudahkan developer dalam mengembangkan aplikasi (terutama intelligent business application), menghubungkan data, dan membuat alur kerja di Google Workspace. Tanpa memerlukan pengkodean, Anda dapat mengembangkan aplikasi cukup dengan mengikuti panduan.

Pembuatan aplikasi disusun dalam format obrolan sehingga Anda seolah-olah sedang berkonsultasi dengan pakar untuk membuat aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan. Proses pembuatan ini telah didukung oleh artificial intelligence (AI).

Dukungan AI ini membuat pembuatan aplikasi dapat diakses oleh lebih banyak pengguna, yang memungkinkan developer untuk lebih memfokuskan waktu mereka pada pekerjaan lain yang lebih penting. Dengan Duet AI for AppSheet, kini Anda dapat segera menuangkan ide menjadi sebuah aplikasi hanya dalam hitungan menit. Untuk mulai menggunakan Duet AI for AppSheet, Anda dapat mengajukan permohonan sebagai trusted tester di sini.

Baca juga: Kenalan dengan Apps Script Connector For AppSheet untuk Otomatisasi Alur Kerja Google Workspace

Ketersediaan

Photo Credit: Google Workspace Updates

Pembuatan Chat app melalui AppSheet saat ini sudah tersedia untuk umum. Itu berarti, kini Anda sudah bisa membuat sendiri aplikasi pendukung Google Chat tanpa memerlukan pengkodean di AppSheet. Anda bisa langsung membuat aplikasi untuk mengatur alur kerja, maupun aplikasi untuk otomatisasi tugas kerja yang terintegrasi dengan Chat.

Photo Credit: Google Workspace Updates

Aplikasi yang sudah Anda buat dengan AppSheet nantinya akan langsung melalui proses verifikasi dari Google Chat. Dengan adanya integrasi antara AppSheet dan Chat, maka proses verifikasi pun akan lebih singkat dan tentunya lebih aman. Anda pun bisa langsung menggunakan aplikasi untuk mengoptimalkan performa Google Chat.

Baca juga: Langkah Mudah Membuat Email Dinamis dengan AppSheet

AppSheet memungkinkan Anda untuk dapat mengembangkan aplikasi tanpa pengkodean. Menariknya, kini melalui Duet AI for AppSheet, pengembangan aplikasi melalui AppSheet bisa dilakukan dalam format percakapan yang mudah diikuti, bahkan oleh pemula.

AppSheet kini juga telah terintegrasi dengan Google Chat sehingga memudahkan Anda dalam pembuatan Chat app. Kapabilitas pembuatan aplikasi ini telah tersedia bagi seluruh pelanggan Google Workspace yang memiliki AppSheet edisi Starter, Core, maupun Enterprise. Belum berlangganan Workspace? EIKON Technology menyediakan paket berlangganan Workspace for Education dan Workspace for Business untuk Anda dengan implementasi yang menyeluruh, mulai dari tahap perencanaan hingga penerapan. Informasi lebih lanjut, hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments