Harga Microsoft 365 Akan Berubah Maret 2022? Berikut Penjelasannya!

Memasuki tahun 2022, terdengar berita bahwa harga Microsoft 365 akan mengalami perubahan. Kabar tersebut nyatanya memang bukan isapan jempol belaka. Pasalnya, informasi perubahan harga Microsoft 365 sebenarnya sudah pernah disampaikan.

Tepatnya pada bulan Agustus 2021, Jared Spataro yang merupakan Microsoft’s Corporate Vice President for Microsoft 365 mengungkapkan rencana perubahan harga. Spataro juga menyampaikan detail mengenai kapan perubahan tersebut mulai berlaku, yaitu di tanggal 1 Maret 2022. Mengingat tanggal tersebut semakin dekat, mari simak detail apa saja yang harus Anda ketahui mengenai harga baru Microsoft 365 berikut.

Harga baru dan premi bulanan

Photo Credit: Piqsels

Sesuai dengan blog yang ditulis Jared Spataro, perubahan harga Microsoft 365 akan efektif per 1 Maret 2022 dan berlaku untuk seluruh pengguna. Bagi Anda yang ingin mempertahankan lisensi Office 365 dan membayar tiap bulan, maka akan dikeani tambahan premi 20% yang akan ditambahkan ke tagihan bulanan. Berikut adalah perubahan harga untuk masing-masing paket Microsoft 365:

  • Paket Business
    • Business Basic: naik dari US$5 menjadi US$6/pengguna/bulan.
    • Business Premium: naik dari US$20 menjadi US$22/pengguna/bulan.
  • Paket Enterprise
    • Office 365 E1: naik dari US$8 menjadi US$10/pengguna/bulan.
    • Office 365 E3: naik dari US$20 menjadi US$23/pengguna/bulan.
    • Office 365 E5: naik dari US$35 menjadi US$38/pengguna/bulan.
    • Microsoft 365 E3: naik dari US$32 menjadi US$36/pengguna/bulan.

Perlu diingat juga, setelah aturan baru ini berlaku, Anda juga tidak diperkenankan untuk menurunkan versi lisensi Anda ke paket yang lebih sederhana. Misalnya, dari Office 365 E3 turun ke E3 selama perjanjian berlangsung.

Baca juga: Upgrade Terbaru Microsoft 365 Menyambut Windows 11

Perkembangan Microsoft 365

Microsoft 365 yang dulunya bernama Office 365 telah melahirkan banyak produk. Menariknya, produk-produk dari Microsoft 365 juga menunjukkan perkembangan yang mengesankan selama dekade terakhir ini.

Peningkatan tersebut mencakup peluncuran 24 aplikasi baru seperti platform kolaborasi Microsoft Teams. Selain itu, Microsoft juga meningkatkan sistem keamanan, termasuk di dalamnya adalah fitur pencegahan kehilangan data, manajemen perangkat seluler, hingga reduksi serangan permukaan.

Photo Credit: Microsoft

Bicara soal perubahan harga, jika ditarik ke belakang, sebenarnya Microsoft selalu menerapkan perubahan harga minimal selama dekade terakhir ini. Terlebih jika mengingat kecanggihan dan keberagaman resources yang digunakan Microsoft untuk mengembangkan layanan mereka.

Masa pandemi pun sedikit banyak berpengaruh. Di masa pandemi, pekerjaan jarak jauh menjadi sangat lumrah. Guna memenuhi kebutuhan tersebut dengan optimal maka Microsoft 365 pun terus ditingkatkan. Hasilnya, bisa Anda nikmati melalui berbagai produk dan layanan mereka seperti Microsoft Teams.

Cara mengunci tarif saat ini dan menghindari premi bulanan

Photo Credit: Piqsels

Jika dilihat dari sisi perusahaan yang menggunakan layanan Microsoft 365, perubahan harga ini jelas akan memengaruhi sejumlah keputusan.

Perusahaan harus menghitung baik-baik mana opsi yang lebih efisien, mengunci sejumlah lisensi dengan biaya yang ditetapkan (paket tahunan) atau justru memilih fleksibilitas dengan menambah atau mengurangi jumlah lisensi seiring berjalannya waktu.

Terdapat opsi untuk mendaftarkan perjanjian lisensi 1-3 tahun sebelum Maret 2022 dengan harga paket tahunan yang baru. Langkah ini bisa menjadi alternatif jika Anda ingin menghindari tambahan 20% premi untuk paket langganan per bulan.

Baca juga: 3 Cara Untuk Meningkatkan Pengalaman Cloud Di Microsoft Azure

Perubahan harga ini akan berlaku secara global dengan penyesuaian pasar lokal untuk wilayah tertentu. Sedikit tambahan informasi, tidak ada perubahan harga untuk produk pendidikan dan konsumen untuk saat ini.

Masih bingung memutuskan sebaiknya memperpanjang paket langganan tahunan atau justru beralih pada lisensi bulanan? Jangan khawatir, di EIKON Technology, sebelum memilih paket Microsoft 365, Anda bisa berkonsultasi dengan tim terlebih dulu. Tim EIKON Technology akan membantu Anda menemukan versi dan tentunya paket langganan yang paling sesuai dengan kebutuhan. Untuk informasi lebih lanjut, klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments