Mengintip Solusi Digital Assets Team yang Baru Diluncurkan Google Cloud

Kemunculan teknologi blockchain memunculkan inovasi yang luar biasa dan memperkenalkan suatu nilai baru bagi konsumen di seluruh dunia. Blockchain juga menunjukkan bahwa teknologi menjadi sangat umum pemakaiannya sekarang ini. Era di mana teknologi menjadi mainstream membuat perusahaan-perusahaan memerlukan infrastruktur yang scalable, aman, dan tentunya berkelanjutan.

Google Cloud sebagai penyedia layanan komputasi awan membaca situasi ini dan memberikan solusi berupa Digital Assets Team. Solusi ini dirancang untuk mendukung kebutuhan konsumen dalam pembangunan, bertransaksi, menyimpan nilai, dan menerapkan produk baru pada platform berbasis blockchain. Bagaimana layanan Digital Assets Team ini bekerja. 

Fungsi Digital Assets Team

Blockchain serta perusahaan berbasis buku besar yang terdistribusi seperti Dapper Labs, Hedera, dan Theta telah menggunakan solusi dari Google Cloud untuk mencapai skalabilitas, fleksibilitas, dan juga keamanan.

Di masa mendatang Digital Assets Team Google Cloud akan melakukan sejumlah inisiatif, baik itu jangka pendek maupun panjang untuk mendukung perusahaan di ranah aset digital atau ekosistem blockchain, termasuk di antaranya adalah:

  • Menyediakan node hosting/node remote procedure call (RPC) khusus untuk developer, memungkinkan pengguna untuk menerapkan validator blockchain di Google Cloud melalui hanya dengan satu klik.
  • Berpartisipasi dalam validasi node dan tata kelola on-chain dengan mitra terpilih.
  • Membantu pengembang dan pengguna melakukan hosting node mereka pada cloud terbersih di industri, mendukung inisiatif lingkungan, sosial, dan tata kelola mereka.
  • Mendukung tata kelola on-chain melalui partisipasi dari eksekutif dan insinyur senior Google Cloud.

Photo Credit: Piqsels

  • Hosting beberapa kumpulan data BigQuery publik di Marketplace Google Cloud, termasuk riwayat transaksi blockchain lengkap untuk Bitcoin, Ethereum, Bitcoin Cash, Dash, Litecoin, Zcash, Theta, Hedera Hashgraph, Band Protocol, Polygon, XRP, dan Dogecoin.
  • Mendorong pengembangan bersama dan integrasi ke dalam ekosistem mitra Google yang tangguh, termasuk berpartisipasi di Google Cloud Marketplace.
  • Merangkul inisiatif go-to-market bersama dengan mitra ekosistem kami di mana Google Cloud dapat menjadi jaringan penghubung antara perusahaan tradisional dan teknologi blockchain.
  • Menjajaki peluang di masa mendatang untuk memungkinkan pelanggan Google Cloud melakukan dan menerima pembayaran dengan mata uang kripto.

 Baca juga: Kelebihan Service Directory Google Cloud

Pendekatan Google terhadap Blockchain dan Aset Digital

Photo Credit: Piqsels

Hadirnya blockchain dan aset digital telah mengubah cara dunia dalam menyimpan dan memindahkan informasi beserta nilainya. Google Cloud memandang evolusi teknologi blockchain dan jaringan terdesentralisasi yang ada saat ini serupa dengan kemunculan open source dan internet 10-15 tahun yang lalu.

Sama seperti pengembangan open source yang merupakan bagian integral dari permulaan internet, blockchain pun menghasilkan inovasi dan penciptaan nilai bagi konsumen dan bisnis. Alasan inilah yang kemudian mendukung Google Cloud untuk menerapkan teknologi mereka ke pasar blockchain dengan menerapkan prinsip berikut:

  • Konsisten dengan bisnis inti Google Cloud

Bisa dibilang, Google Cloud adalah spesialis dalam inovasi yang didukung data dengan infrastruktur terkemuka, solusi industri, dan teknologi mutakhir lainnya. Google hingga saat ini terus mengejar proyek dan kemitraan blockchain yang selaras dengan misi mereka.

  • Kepercayaan dan tata kelola pengguna

Jaringan Blockchain menimbulkan pertanyaan baru mengenai kepatuhan hukum dan privasi pengguna. Google mendukung hal tersebut dengan menetapkan komitmen terhadap privasi dan kepercayaan pengguna, serta fokus tanpa kompromi pada kepatuhan terhadap hukum yang berlaku.

Baca juga: Tips Membangun Sistem Rekomendasi dengan Google Cloud

Digital Assets Team merupakan sebuah solusi yang lahir untuk menjawab perubahan teknologi. Kemunculan blockchain dan aset digital memang mau tak mau mengubah persepsi mengenai penyimpanan dan nilai suatu informasi.

Bagi Anda yang tidak ingin tertinggal perkembangan teknologi yang begitu pesat, Google menawarkan layanan komputasi awan melalui Google Cloud. Penerapan Google Cloud dirancang fleksibel sehingga bisa digunakan oleh pengguna pribadi maupun perusahaan. Dapatkan produk Google Cloud resmi dan bergaransi hanya di EIKON Technology, authorized reseller untuk produk-produk Google. Informasi selengkapnya klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments