EIKON TECHNOLOGY BLOG

Keamanan GMail Semakin Meningkat Berkat Fitur Baru Berikut Ini


Keamanan GMail kini semakin baik dengan tambahan fitur baru dari Google

Kini keamanan GMail semakin baik sejak Google menambahkan beberapa fitur baru pada 9 Februari lalu. Kebetulan, tanggal 9 Februari lalu telah diperingati sebagai ‘Safer Internet Day’ (atau Hari Internet Aman). Google meluncurkan beberapa fitur baru pada GMail untuk memperingati Safer Internet Day kemarin, diantaranya adalah beberapa tanda yang menunjukan autentikasi pada GMail.

ENKRIPSI KHUSUS PADA GMAIL

Untuk perkara keamanan, Google tidak pernah setengah hati dalam memberi keamanan yang terbaik untuk penggunanya. Terbukti dengan adanya suport enkripsi khusus saat Anda bertukar email seperti mengirim / menerima email (transit) menggunakan Transport Layer Security (TLS). 

Contoh sederhananya begini: Ketika Anda mengirim surat kepada seseorang, tentu Anda berharap orang tersebutlah yang satu-satunya akan membuka surat tersebut, bukan orang lain. Namun ternyata banyak hal yang bisa terjadi pada surat tersebut pada saat pengiriman. Bisa saja ada yang mengintip isi surat Anda tersebut dengan sengaja. Itulah sebabnya terdapat perekat pada bagian tutup amplop, untuk mencegah orang lain membuka surat tersebut.

Nah, cara kerja email pun juga kurang lebih sama seperti itu. Email yang ter-enkripsi memiliki kesamaan dengan amplop yang tertutup rapat, sehingga akan lebih sulit untuk di”intip”.

GMail akan secara otomatis meng-enkripsi email masuk maupun email keluar sebisa mungkin. Kenapa sebisa mungkin? Perlu paling tidak dua orang untuk bertukar email. Bila Anda bertukar email dengan sesama pengguna GMail, maka email Anda sudah pasti terenkripsi secara dua arah. Namun bila Anda bertukar email dengan pengguna layanan email lain inilah yang perlu diperhatikan. Enkripsi bisa saja hanya terjadi satu arah dari email GMail Anda, karena tidak semua penyedia layanan email menggunakan enkripsi untuk email mereka.

STANDAR OTENTIKASI GOOGLE UNTUK MENCEGAH PENIPUAN EMAIL

Google memiliki standar otentikasi untuk menangkal penipuan dengan meniru email asli (email phishing). Selain itu Google juga memiliki banyak lapisan keamanan yang tengah berjalan untuk menjaga email Anda tetap aman. Berikut ini dua fitur baru yang terdapat pada keamanan GMail untuk otentikasi enkripsi email:

1. Bila Anda menerima atau sedang akan mengirim email pada seseorang yang tidak menyediakan layanan support untuk enkripsi TLS, Anda akan melihat ikon kunci terbuka (atau rusak) pada email Anda. (Lihat gambar)

Otentikasi Email

 

2. Bila Anda menerima pesan/email yang tidak dapat di-otentikasi, maka Anda dapat melihat tanda tanya “?” pada tempat foto profil pengirim. logo perusahaan, atau avatar. (Lihat gambar)

email yang terotentikasi dan tidak

Otentikasi email adalah salah satu cara untuk memastikan bahwa email provider dapat mengenali pengirim dari sebuah pesan/email yang akan masuk, serta menghalau spam dan tindakan penyalahgunaan lainnya. Otentikasi data dapat digunakan untuk mem-verifikasi asal-muasal pesan/email yang Anda terima.

Tips!

Bila Anda menerima pesan/email dari perusahaan besar yang terkenal seperti institusi keuangan, provider telekomunikasi, bank, dan sebagainya, namun tidak terotentikasi, maka bisa jadi pesan/email tersebut adalah palsu sehingga Anda harus ekstra hati-hati dalam membalas atau membuka attachment apapun yang ada didalamnya.

Cara mengecek otentikasi email pada detail pengirim:

Cara mengecek otentikasi email

  • Bila suatu pesan/email memiliki DKIM yang terverifikasi dengan benar, tanda “signed-by” pada header akan muncul domain pengrim.
  • Bila suatu pesan/email telah terotentikasi SPF (Sender Policy Framework), tanda “mailed-by” pada header akan muncul nama domain.
  • Bila suatu pesan/email tidak terdapat informasi otentikasi, maka tanda “signed-by” atau “mailed-by” tidak akan muncul pada header.

Memang tidak semua email yang kurang otentikasi pasti berbahaya. Namun kami sangat menyarankan Anda untuk ekstra hati-hati saat membalas email tersebut, atau meng-klik link yang tersedia pada pesan/email – yang Anda tidak yakin link tersebut akan mengarah kemana. Perbaruan fitur ini bisa membantu Anda untuk lebih berhati-hati kedepannya.

Bila Anda telah berlangganan Google Apps for Work (belum berlangganan? Coba Google Apps 30 hari gratis disini), Anda bisa memadukan update fitur terbaru dari Google ini dengan aplikasi yang dapat meningkatkan lapisan kemanan email Anda menggunakan Bettercloud. Sebuah aplikasi keamanan tambahan untuk Google Apps yang memungkinkan Anda melakukan tracking email dan pengawasan terhadap dokumen khusus, membuat policy/peraturan khusus, melakukan pembatasan untuk beberapa dokumen sensitif, dan beberapa fitur khusus lainnya yang tak terdapat pada Google Apps namun tersedia pada Bettercloud.

Gunakan Bettercloud untuk tingkatkan keamanan GMail dan aplikasi Google Apps lainnya:

 





Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of