Mencoba Windows Server 2022, Apa Saja Upgrade yang Ditawarkan?

Windows Server merupakan sistem operasi yang khusus dikembangkan Microsoft Corporation sebagai server atau pusat data. Sejak diperkenalkan pada tahun 2003, sistem operasi ini sudah banyak digunakan sebagai networking server perusahaan besar dunia seperti raksasa manufaktur pesawat Boeing dan juga instansi pendidikan terkenal, MIT (Massachusetts Institute of Technology).

Pada bulan Oktober 2021, Microsoft mengumumkan general availability Windows Server 2022. Dalam upgrade terbaru ini tentu ada beberapa fitur tambahan yang bisa Anda nikmati sebagai pengguna. Salah satunya adalah kemampuan kerja yang lebih seamless dengan adanya scenario baru hybrid cloud. Untuk mengetahui apa saja upgrade fitur yang ditawarkan Microsoft dalam Windows Server 2022, simak ulasannya berikut!

Sistem keamanan berlapis

Photo Credit: ColossusCloud (Pixabay)

Keamanan selalu menjadi pertimbangan utama dalam memilih server atau data center. Tanpa sistem keamanan yang baik, server akan rentan terhadap berbagai ancaman keamanan. Padahal, ancaman keamanan server sangat beragam. Ada yang mengancam data dalam server melalui serangan virus, ada juga ancaman berupa pencurian dan sabotase data. Ancaman keamanan pun bisa berupa gangguan terhadap lokasi penyimpanan server seperti kebakaran dan bencana alam.

Windows Server 2022 menawarkan keamanan multi-layer bagi para penggunanya. Sebagai layer keamanan pertama, Microsoft meningkatkan keamanan pada core server Server 2022. Selain itu, pengguna juga bisa mengaktifkan fitur secured connectivity untuk konektivitas jaringan yang lebih aman.

Baca juga: Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Sistem Operasi Terbaru dari Microsoft

Seperti apa fitur keamanan core server yang ditawarkan Server 2022? Secured-core server menyediakan perangkat keras (hardware), firmware, serta driver bagi pengguna melalui mitra penyedia hardware. Dengan begitu, pengguna server bisa memperkuat sistem mereka, bahkan untuk sistem kritis sekalipun.

Tim TI serta teknisi SecOps perusahaan pun akan mudah menerapkan sistem kemanan yang lebih komprehensif. Langkah preventif untuk melindungi data dalam server pun bisa diterapkan pada tiap lapisan, mulai dari hardware, firmware, dan bahkan untuk virtualisasi data server.

Keamanan dalam transfer data

Selain menawarkan keamanan pada core server, upgrade Windows Server juga meningkatkan keamanan mereka dalam hal transfer data. Dalam rilis terbaru ini Anda bisa menikmati proses enkripsi HTTPS (hypertext transfer protocol secure) yang lebih aman dan cepat.

Microsoft juga telah menerapkan enkripsi AES 256 (advanced encryption standard 256 bit) dengan support untuk protokol SMB (server message block) yang telah disesuaikan standar industri, bahkan proses enkripsi ini juga diterapkan untuk melindungi data sensitif pemerintah Amerika Serikat. Dengan kunci bit yang lebih panjang, server akan lebih sulit untuk direta.

Skenario hybrid cloud dengan Azure

 

Photo Credit: Microsoft Azure

Upgrade lain yang ditawarkan Windows Server 2022 adalah pendekatan hybrid dan bahkan multicloud . Dalam rilis terbaru , Server telah terintegrasi dengan Azure Arc. Integrasi antar dua platform Microsoft ini memungkinkan Anda untuk bisa melakukan transformasi digital lebih mudah.

Bukan hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa fitur peningkatan File Server seperti SMB Compression. Fitur ini mampu meningkatkan kecepatan tranfer data dengan cara kompresi data saat sedang transit melalui jaringan.

Untuk memudahkan pengguna, Microsoft juga telah menyediakan Windows Admin Center. Dengan layanan ini, Anda bisa merasakan manajemen server yang canggih dengan dukungan proxy gateway untuk integrasi Azure.

Platform yang lebih fleksibel

Photo Credit: Rawpixel

Bagi Anda yang melakukan upgrade ke Windows Server 2022 dapat merasakan peningkatan skalabilitas. Ini karena Windows Server 2022 telah menerapkan dukungan memori hingga 48 TB dan 2.048 logical cores dengan 64 socket fisik untuk menjalankan aplikasi Tier1.

Anda juga bisa menikmati beberapa peningkatan pada kompatibilitas platform aplikasi Windows seperti HostProcess yang bisa digunakan sebagai konfigurasi node serta implementasi kebijakan jaringan yang lebih konsisten menggunakan Calico. Tersedia juga container support khusus Windows Server 2022 dalam komunitas Kubernetes. Bahkan tersedia peningkatan kemampuan baru pada Azure Kubernetes Service (AKS) serta AKS on Azure Stack HCI.

Dengan adanya upgrade baru Windows Server 2022 ini, rasanya Windows sulit untuk diabaikan sebagai penyedia server handal. Tertarik untuk menjadikan Windows sebagai data server perusahaan Anda tapi belum menemukan penyedia yang tepat? EIKON Technology solusinya. Sebagai partner resmi Microsoft, EIKON Technology menyediakan akses menuju berbagai platform layanan serta solusi dari Microsoft secara legal. Klik di sini untuk terhubung langsung dengan tim EIKON Technology.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments