Kelola Kelas Online Lebih Mudah dengan Fitur Assignments Microsoft Teams

Merancang kelas online yang interaktif jelas bukan perkara mudah. Selain masalah penyampaian, terkadang tenaga pendidik juga harus dihadapkan dengan beberapa kendala teknis. Untuk mengatasi hal tersebut ada baiknya kelas online dilakukan melalui platform atau software yang memang dikhususkan untuk pembelajaran daring (dalam jaringan) seperti Microsoft Teams.

Selama ini, Teams lebih dikenal sebagai platform untuk video conferencing. Namun ternyata, platform rilisan Microsoft ini juga memiliki beberapa fitur canggih yang cocok untuk melaksanakan pembelajaran daring. Fitur-fitur tersebut bahkan terus diperbaharui untuk memenuhi kebutuhan setiap user.

Dalam update terbaru Teams, Microsoft tidak lupa menyematkan peningkatan fitur pada segmen mereka yang dikhususkan untuk pendidikan yaitu Microsoft Teams for Education. Anda bisa menemukan update ini pada fitur Assignments Microsoft Teams for Education. Seperti apa fitur baru tersebut dan bagaimana penerapannya untuk kelas online? Simak pembahasannya berikut ini.

Pembaruan fitur Assignments

Photo Credit: Microsoft Education Blog

Fitur Assignments pada Microsoft Teams for Education sendiri dirancang khusus untuk program pemberian tugas. Dengan fitur ini, guru atau dosen bisa memberikan tugas kepada siswa dan kemudian memberikan penilaian. Siswa pun bisa mengumpulkan tugas mereka dan langsung mengetahui nilai mereka melalui fitur ini. Dalam update Teams for Education, Microsoft menyematkan beberapa kemampuan baru untuk meningkatkan performa fitur Assignments ini seperti:

  • Filter tugas sesuai kelas

Ada kalanya memantau perkembangan tugas terasa lebih sulit disbanding mengoreksi tugas, terlebih bagi Anda yang mengajar di banyak kelas sekaligus. Agar tidak ada tugas yang terlewat untuk dikoreksi dan dinilai, Anda bisa memanfaatkan filter tugas (Filter Assignments by Class) di Teams.

Dengan mengaktifkan filter ini, Anda bisa mengelompokkan tugas siswa sesuai dengan kelas mereka. Anda tidak perlu takut ada tugas yang terlewat untuk dikoreksi. Progres pengumpulan tugas pun bisa terus dipantau dengan mudah dari waktu ke waktu saat filter ini aktif.

  • Merevisi tugas siswa

Untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam terkait materi, ada kalanya pendidik memberikan tugas proyek jangka panjang bagi siswa. Apakah hal ini juga berlaku di kelas online Anda? Jika jawaban Anda iya, maka update terbaru dari fitur Assignments Teams ini tidak boleh dilewatkan.

Penilaian untuk tugas proyek jangka panjang tentu berbeda dengan penilaian tugas biasa seperti PR (pekerjaan rumah). Guru biasanya meminta siswa untuk melaporkan perkembangan tugas mereka secara berkala. Untuk keperluan tersebut, Anda bisa memanfaatkan opsi Return.

Dengan opsi Return ini, Anda bisa merevisi progress tugas siswa dan kemudian mengembalikannya untuk diperbaiki. Cukup pilih opsi Returns pada tugas tersebut maka siswa akan langsung menerima revisi dari Anda dalam tab active work” mereka. Cara ini akan memudahkan siswa untuk mengecek progress tugas sekaligus melakukan revisi sesuai arahan guru.

  • Memberikan tugas kelompok

Photo Credit: Fox (PxHere)

Collaborative learning kini telah menjadi metode belajar yang umum diterapkan, terutama dalam kelas online. Bahkan metode ini diaplikasikan di setiap jenjang pendidikan, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Ini karena collaborative learning akan mendorong siswa belajar bekerja sama dan melatih kemampuannya untuk mengemukakan pendapat.

Bagi tenaga pendidik, collaborative learning juga amat membantu karena dapat mempercepat proses belajar. Anda bisa mulai menerapkan metode collaborative ini melalui opsi group work pada fitur Assignments Microsoft Teams.

Melalui group work Anda bisa memberikan tugas kelompok yang bisa dikerjakan dengan metode collaborative learning. Setelah tugas selesai, siswa bisa langsung mengumpulkannya untuk menerima penilaian. Anda juga bisa melakukan penilaian individu maupun kelompok.

  • Mengelola tugas melalui perangkat mobile

Photo Credit: Microsoft Education Blog

Salah satu keunggulan kelas online adalah pelaksanaannya yang tidak terbatas di ruang kelas saja. Anda bisa menyelenggarakan kelas di mana pun asal kondisinya memadai. Microsoft memfasilitasi Anda untuk bisa melaksanakan kelas online di mana saja dengan menghadirkan fitur Assignments pada aplikasi Microsoft Teams for Education.

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store maupun iOS App Store. Instalasinya pun bisa dilakukan di smartphone maupun tablet. Dengan aplikasi ini Anda bisa mengoreksi, merevisi, hingga menilai tugas siswa di mana pun dan kapan pun!

Dengan memanfaatkan Microsoft Teams for Education, kelas online bisa dilakukan dengan optimal dan kendala teknis pun bisa diminimalisir. Untuk memaksimalkan Teams, ada baiknya Anda melakukan integrasi dengan Microsoft 365®.

Microsoft 365® menawarkan berbagai aplikasi yang memudahkan pelaksanaan kelas online seperti Word, PowerPoint®, dan Excel®. Dapatkan Microsoft 365® resmi melalui EIKON Technology yang merupakan official partner Microsoft. Klik di sini untuk mencoba free trial Microsoft 365®! 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments