Buat Dokumen Lebih Cepat dengan Universal Menu, Fitur Terbaru Google Docs

Sejak dirilis tahun 2006 lalu, Google Docs telah terbukti sebagai platform pengolah kata yang andal. Dalam perkembangannya, Google Docs bahkan tidak sekadar menawarkan fitur untuk mengolah kata, tapi juga menyediakan platform kolaborasi berbasis cloud. Anda bisa membuat sekaligus mengedit dokumen bersama user lain dalam waktu bersamaan, sangat praktis untuk proyek kolaborasi real time.

Untuk memenuhi kebutuhan pengguna, Google terus melakukan pengembangan Docs. Mulai dari menambahkan format dokumen yang bisa disunting, hingga menambahkan fitur untuk memudahkan pembuatan dokumen. Salah satu pengembangan terbaru yang bisa Anda coba adalah universal @ menu pada halaman baru Docs. Seperti apa fitur baru Google Docs ini? Mari simak penjelasannya berikut ini.

Mengenal universal @ menu, fitur baru Google Docs

Photo Credit: Google Support

Fitur Google Docs ini merupakan pengembangan dari integrasi smart chip yang diperkenalkan Google awal tahun 2021 lalu. Smart chip sendiri dirancang sebagai sebuah alat tag untuk menautkan beragam informasi dari aplikasi Workspace lain (seperti Slides dan Sheets) ke file Docs.

Mulanya smart chip dibuat untuk menautkan data yang terkait dengan profil user, namun dalam perluasannya alat tag ini juga bisa menautkan file serta events. Perluasan ini memungkinkan user untuk bisa membuat file Docs yang lebih detail tanpa perlu susah payah mengetik ulang. Selain Slides dan Sheets, fitur ini juga bisa menautkan informasi dari Gmail, Workspace, bahkan jadwal pribadi Anda yang tercantum di Google Calendar.

Cara menggunakan menu @ universal

Untuk menggunakan menu @ universal sangat mudah. Begitu Anda terhubung dengan Docs, pada page kosong Untitled Document akan terdapat tulisan “Type @ to insert”. Setelah Anda mengetik @, sistem secara otomatis akan menampilkan beberapa informasi yang bisa disematkan pada file dokumen tersebut seperti alamat email kontak Anda, gambar, hingga dokumen lain.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik Anda bisa mengetikkan huruf, angka atau simbol terkait. Misalnya Anda ingin menautkan email tim EIKON, maka cukup ketikkan @EIKON. Anda tidak perlu membuka platform Google lain untuk bisa mengaktifkan fitur baru Google Docs ini. Hanya saja, pastikan Anda sudah log in pada akun Google.  

Apa saja yang bisa ditautkan?

Jika merujuk pada penjelasan Docs Editors Help, Anda bisa menautkan elemen berikut dengan fitur menu @ universal:

  • Smart chips, untuk menampilkan informasi serta rekomendasi tindakan yang berhubungan dengan orang, file, serta events.
  • Elemen-elemen dalam dokumen Anda seperti:
    • Ceklis, daftar angka (numbered lists), dan daftar poin (bulleted lists).
    • Gambar, tabel, dan diagram.
    • Headings dan hyperlinks

Optimalkan Google Docs dengan Smart Canvas

Photo Credit: Google Cloud Blog

Menu @ universal sendiri merupakan bagian dari Smart Canvas, transformasi kolaborasi Google Workspace. Smart Canvas sendiri menghubungkan tiga platform Google seperti Docs, Sheets, dan Slides. Dengan Smart Canvas Anda bisa membuat file yang mengandung elemen-elemen dari ketiga platform tersebut.

Selain menu @ universal, Smart Canvas juga menawarkan fitur lain seperti checklists yang bisa digunakan untuk menyusun to-do list. Tidak hanya berhenti di situ, Smart Canvas juga memungkinkan Anda untuk melakukan integrasi dengan Google Meet di dalam Docs, Sheets, dan Slides.

Itu dia pembahasan mengenai menu @ universal yang merupakan fitur Google Docs. Fitur ini akan lebih mudah digunakan jika Anda berlangganan Google Workspace. Google Workspace menyediakan aplikasi produktivitas yang akan memudahkan pekerjaan Anda seperti Gmail, Drive, Docs, Calendar, dan Meet. Untuk berlangganan bisa melalui EIKON Technology, authorized reseller & partner Google Workspace Indonesia. Klik di sini untuk terhubung langsung dengan tim EIKON Technology.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments