Microsoft Viva Kini Tersedia untuk Menunjang Pekerjaan Hybrid Anda

Masa pandemi memberikan banyak perubahan terhadap perusahaan maupun industri. Terutama dari cara kerja karyawannya, dari yang sebelumnya sepenuhnya berada di kantor kini sebagian mulai bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Sebagian lainnya juga menerapkan kerja secara hybrid.

Baik bekerja dari rumah maupun hybrid, terkadang terdapat beberapa kendala yang dialami. Namun, Microsoft telah merilis layanan untuk mengatasi hal tersebut dengan Microsoft Viva yang terhubung dengan Microsoft 365. Seperti apa fitur yang ada di dalamnya? 

Fitur Microsoft Viva

Photo: Handsontek.com

Microsoft Viva memiliki empat fitur unggulan yang dapat digunakan bagi perusahaan untuk mempermudah alur kerja secara digital maupun hybrid. Yakni mulai Viva Connection, Viva Insight, Viva Topic, dan Viva Learning. Berikut penjelasan singkat keempat fitur tersebut yang perlu Anda ketahui.

  • Viva Connection

Fitur yang pertama adalah Viva Connection. Yakni sebuah platform yang memberikan pengalaman terbaik bagi karyawan. Terutama agar karyawan di perusahaan tetap terhubung dalam sebuah komunikasi, mempelajari hal baru, lebih fokus dalam proyek yang akan ditangani, dan membantu berkembang di tempat kerja.

Dengan Viva Connection ini Anda lebih mudah untuk memberikan persetujuan, membagi shift kerja, dan membagikan tugas kerja kepada tim melalui sebuah dashboard. Saat ini Viva Connection terintegrasi dengan Adobe Sign dan DocuSign untuk persetujuan tanda tangan elektronik. Termasuk menggunakan Zebra-Reflexis dan Blue Yonder untuk memudahkan dalam membagi shift.

  • Microsoft Viva Insight

Fitur dan platform selanjutnya adalah Viva Insight untuk membantu dalam pengembangan produktivitas melalui data yang ada. Data tersebut pun terlindungi dengan baik sehingga keamanannya terjamin. Untuk penggunaan Viva Insight sendiri saat ini tersedia dalam tiga platform utama. Yakni Qualtrics, Glint, dan Headspace.

  • Viva Topics

Photo: Microsoft Docs

Fitur dari Microsoft Viva yang terakhir adalah Viva Learning. Pada fitur ini dapat Anda terapkan dengan menggunakan kecerdasan buatan (AI) yang secara otomatis mengorganisasi konten antar sistem dan tim sesuai topik, proyek, produk, proses, dan dari data konsumen. Semua topik yang ada akan diperbarui menggunakan AI. Termasuk pop up yang terhubung dengan berbagai platform lain seperti SharePoint, Outlook, dan Office.

  • Viva Learning

Fitur yang terakhir adalah Microsoft Viva Learning yang dapat Anda gunakan untuk membantu mengembangkan perusahaan dengan terkoneksi pada organisasi, Learning Management System, dan penyedia pihak ketiga, serta Microsoft. Modul ini juga tersedia dalam Microsoft Teams baik untuk desktop maupun mobile. Viva Learning akan tersedia selama beberapa minggu di Microsoft 365.

Selain terintegrasi dengan Learning Management System secara mudah milik perusahaan, Viva Learning direkomendasikan bagi Anda yang ingin memfilter data yang diinginkan. Dengan begitu, akan mempermudah tim dalam menciptakan workflow yang optimal.

Adapun platform yang mendukung fitur Viva Learning di antaranya adalah SAP SuccessFactors, Cornerstone OnDemand, Saba, Coursera, Skillsoft, Pluralsight, edX, Udemy, Go1, Infosec, Josh Bersin Academy, Udacity, Harvard Business Review, OpenSesame, dan EdCast.

Penutup

Photo: PCWorld

Dari ulasan di atas, kita bisa melihat bahwa Microsoft Viva memiliki berbagai macam fitur unggulan yang membantu dalam pengelolaan organisasi perusahaan Anda menjadi lebih baik. Terutama dalam hal manajemen tim dan organisasi dengan lebih cepat. Termasuk pula untuk akses datanya.

Untuk mendapatkan produk dan layanan terbaik dari Microsoft ada baiknya Anda perhatikan vendor atau penyedia produk tersebut. Pilihlah vendor yang memiliki lisensi resmi dari Microsoft pusat seperti EIKON Technology. Selain memiliki lisensi resmi, Anda juga akan mendapatkan kenyamanan lainnya, sebab lebih aman dan ada layanan aftersales. Termasuk maintenance sesuai kebutuhan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa hubungi CS kami di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments