Pembaruan Alat Storage Management di Konsol Admin, Apa yang Berubah?

 Pada bulan April 2022, Google mengumumkan seperangkat alat baru untuk storage management. Alat ini memberikan wawasan dan kontrol tambahan untuk mengelola penggunaan penyimpanan, baik untuk pengguna individu, grup, dan seluruh unit organisasi mereka. Untuk lebih menyempurnakan pengalaman tersebut, Google meluncurkan:

  • Peran Storage Admin baru;
  • Kemampuan untuk menerapkan batas penyimpanan ke drive bersama (akan segera hadir);
  • Kolom baru Shared drive ID di halaman Manage Shared Drives (segera hadir).

Storage Management di konsol Admin

Photo Credit: Google Workspace Updates

Dengan fitur baru ini, super admin dapat menggunakan peran “Storage Admin” yang baru untuk mendelegasikan akses ke alat Storage Management, yang memungkinkan admin tersebut untuk melihat dan mengelola penggunaan penyimpanan mereka. Sebagai admin, Anda dapat mendelegasikan Storage Admin baru di konsol admin di sini.

Dalam beberapa bulan mendatang, admin akan dapat menerapkan kebijakan batas penyimpanan ke drive bersama dalam perusahaan atau unit organisasi. Fungsionalitas baru ini selanjutnya akan membantu admin mengonfigurasi dan mengelola pengaturan penyimpanan yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi mereka. Selain itu, admin dapat mengidentifikasi drive bersama secara unik menggunakan Shared drive ID.

Baca juga: Update Google Meet Hardware: Lebih Banyak Opsi untuk Framing di Konsol Admin

Mulai menggunakan fitur

Photo Credit: Google Workspace Updates

Fitur baru Storage Management ini memerlukan pengaturan sesuai dengan jenis pengguna. Untuk detail lebih lanjut, Anda bisa simak poin-poin penjelasan berikut:

  • Super Admins

Anda dapat mendelegasikan peran baru “Storage Admin” melalui konsol Admin dengan masuk ke menu Account > Admin roles.

  • Admins

Anda yang memiliki hak istimewa sebagai Storage Admin dapat melihat lebih banyak informasi dan mengambil tindakan untuk mengelola penyimpanan secara efektif di perusahaan Anda. Gunakan artikel di Help Center ini untuk mempelajari lebih lanjut mengenai penyimpanan Google Workspace dan halaman ini untuk tips mengelola pengguna shared drive serta aktivitasnya.

  • Pelanggan Google Workspace for Education

Silakan kunjungi Help Center untuk mempelajari lebih lanjut tentang storage management di Google Workspace for Education.

  • End users

Anda dapat membaca dokumentasi dari Google Workspace pada halaman ini untuk mengelola penyimpanan Anda.

Baca juga: Data Audit Tugas Kini Tersedia di Google Admin Console

Ketersediaan fitur

Google melakukan peluncuran fitur-fitur di atas secara terpisah dengan rincian sebagai berikut:

  • Storage Admin role 

Kapabilitas baru ini dirilis secara bertahap mulai tanggal 18 Oktober 2022 (membutuhkan waktu kira-kira hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur). Perilisan bertahap ini berlaku untuk domain rilis cepat serta domain rilis terjadwal.

  • Menambahkan batasan penyimpanan Shared Drive & Shared Drive ID 

Sementara ini, fitur ini belum dirilis oleh Google. Untuk update terbarunya, Anda bisa mengakses halaman blog Google Workspace di sini.

Fitur yang berhubungan dengan storage management ini tersedia untuk seluruh pelanggan Google Workspace, termasuk mereka yang masih berlangganan rangkaian produktivitas G Suite Basic serta G Suite Business.

Baca juga: Meningkatkan Keamanan Konsol Admin Google Workspace dengan Akses Kontekstual

Kapabilitas baru terkait storage management yang ada di konsol Admin Google Workspace ini akan memudahkan Anda untuk mengelola penyimpanan secara efisien. Apakah sekarang lingkup kerja Anda sedang menghadapi masalah terkait penyimpanan? Google Workspace menawarkan solusinya. Dengan aplikasi yang saling terintegrasi dan pengaturan admin yang komprehensif, Anda dapat mengelola penyimpanan secara efisien dan terstruktur. Dapatkan paket berlangganan Workspace hanya di EIKON Technology, authorized reseller Google untuk Indonesia. Untuk penerapan solusi, silakan hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments