Siap-siap, Google Currents Bakal Digeser Google Spaces. Apa yang Berubah?

Google Currents merupakan sebuah aplikasi yang ada dalam rangkaian platform produktivitas Google Workspace (sebelumnya bernama G Suite). Fungsi utamanya adalah sebagai media komunikasi dan diskusi untuk internal perusahaan. Aplikasi ini memungkinkan seluruh elemen perusahaan untuk bisa berinteraksi, termasuk pimpinan dengan para karyawannya.

Sayangnya, aplikasi yang pertama kali diperkenalkan pada April 2019 harus undur diri. Google berencana menonaktifkan layanan Currents dan menggantinya dengan aplikasi lain. Ini merupakan salah satu bagian dari rencana besar Google untuk mengembangkan ekosistemnya. Lalu, apa yang harus diantisipasi dari perubahan ini?

Berubah menjadi Google Spaces

Photo Credit: Piqsels

Di tahun 2021 lalu, Google meluncurkan sebuah aplikasi komunikasi baru bernama Spaces. Saat melihat penjelasan fungsi Spaces, mungkin akan timbul pertanyaan, “bukankah ini mirip dengan Currents?”.

Saat memperkenalkan Spaces, Google memang tidak secara eksplisit menerangkan bahwa aplikasi tersebut akan menggeser Currents. Namun ternyata, dalam update terbarunya, Google memproyeksikan Spaces untuk bisa menggeser Currents sepenuhnya di tahun 2023 nanti. Rencananya, tahun depan Google akan menutup layanan Currents dan memindahkan konten serta komunitas yang tersisa ke Spaces.

Detail lanjut mengenai proses migrasi Currents ke Spaces akan diumumkan Google dalam waktu dekat agar pengguna bisa mempersiapkan diri.

Baca juga: Kini Seluruh Paket Gratis G Suite Berubah Menjadi Google Workspace Berbayar!

Update terbaru Google Spaces

Sementara itu, di bulan Februari 2022 ini, Google juga mengumumkan update terbaru mengenai fitur Spaces. Disebutkan, kini Spaces memiliki kapabilitas untuk membantu para penggunanya tidak sekadar berkomunikasi, tapi juga berkolaborasi. Sebab, sekarang Spaces memang telah terintegrasi dengan produk Google Workspace lainnya seperti Gmail, Calendar, Drive, serta Meet.

Google juga meningkatkan kemampuan pencarian, discoverability, serta kepatuhan dan keamanan tingkat perusahaan—hal ini juga termasuk perlindungan data, pencegahan kehilangan data (data loss prevention), dan dukungan Vault.

Implikasi transisi

Photo Credit: Piqsels

Sekarang masuk ke pertanyaan utamanya, mengapa transisi dari Google Currents menjadi Spaces ini penting?

Google mengungkapkan bahwa transisi Currents ke Spaces merupakan bagian dari rencana membangun ekosistem hybrid yang lebih dinamis. Dalam klaimnya, Spaces disebutkan dapat memudahkan komunikasi perusahaan, terutama yang berkaitan dengan proyek, update perkembangan perusahaan, hingga membangun tim.

Bukan hanya itu, Google juga mengklaim bahwa Spaces menghadirkan berbagai peningkatan yang tidak ada di Currents. Spaces menghapus batasan-batasan yang dirasakan pengguna saat menggunakan aplikasi Currents.

Harapannya, aplikasi ini akan memberikan pengalaman kolaborasi berskala besar yang mencerminkan bagaimana cara kerja dunia saat ini. Spaces menyediakan suatu layanan terpusat yang mengajak seluruh anggota tim terlibat dalam diskusi berbasis topik, berbagi pengetahuan dan ide, mengembangkan proyek, serta membangun komunitas dan kultur kerja tim yang lebih baik lagi.

Memulai transisi

Transisi dari Google Currents menjadi Google Spaces sepenuhnya telah dimulai. Google sudah menonaktifkan beberapa fitur yang ada di Currents, terutama fitur-fitur dengan tingkat penggunaan rendah. Untuk detail selengkapnya, Anda dapat menuju Pusat Bantuan yang disediakan Google.

Proses transisi ini bisa dilakukan sepenuhnya oleh Administrator. Jika perusahaan Anda saat ini menggunakan Google Currents, detail mengenai proses transisi dan migrasi konten akan diumumkan dalam waktu dekat.

Untuk sekarang, Google Spaces telah tersedia bagi seluruh pengguna platform Google Workspace. Selain untuk perusahaan, layanan komunikasi ini juga bisa digunakan oleh para pemilik Google Accounts pribadi.

Baca juga: 3 Aplikasi untuk Memulai Google Workspace di Smartphone

Dengan kehadiran Spaces maka Google pun mulai pelan-pelan menonaktifkan fitur pada aplikasi pendahulunya, Currents. Bagi Anda yang sudah menggunakan Currents tak perlu khawatir karena nantinya Google akan menyediakan informasi lengkap mengenai migrasi konten dari Currents ke Spaces.

Hadirnya Spaces menunjukkan komitmen Google untuk menciptakan suatu ekosistem kolaborasi yang lebih dinamis. Tertarik untuk mulai menggunakan Spaces sebagai media komunikasi internal perusahaan Anda? Gunakan paket Google Workspace untuk perusahaan. Dapatkan Google Workspace dengan sertifikasi legal hanya melalui EIKON Technology yang merupakan authorized reseller untuk produk-produk Google di Indonesia. Untuk terhubung langsung dengan tim EIKON Technology, klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments