Sortir Shared Files di Space Google Chat Kini Jadi Lebih Mudah, Begini Caranya

Pada update terbarunya, Google Chat menyempurnakan tab Files di Spaces untuk meningkatkan pengalaman manajemen file bagi para pengguna. Kini Anda bisa dengan mudah mengakses dan menyortir shared files. Simak uraian lengkapnya berikut ini!

Shared files Space Google Chat

Photo Credit: Google Workspace Updates

Google Chat baru saja merilis penyempurnaan untuk fitur Space mereka dengan meningkatkan pengalaman pengelolaan file dan menciptakan lokasi terpusat untuk mengelola seluruh konten yang berhubungan dengan percakapan pengguna. Tab Updated kini akan berubah menjadi Shared.

Selain perubahan nama tab tersebut, setelah update Anda juga akan melihat tampilan antarmuka pengguna (user interface) yang diperbarui serta fitur-fitur seperti menu drop-down pengurutan, dukungan untuk shared links dan media files, dan banyak lagi.

Update ini termasuk dalam Upaya berkelanjutan Google untuk menjadikan Chat sebagai pusat kolaborasi kerja dan tim di dalam ekosistem Workspace.

Baca juga: Era Baru Google Chat, Apa Saja yang Berubah?

Cara mengakses dan mengelola file dalam Space

Anda dapat melihat daftar file, link, dan media yang dibagikan di suatu Space dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Di Chat, pilih Space.

  2. Di bagian atas, klik tab Shared.

  3. Di tab Shared, akan tersedia opsi untuk mengurutkan file berdasarkan kategori atau tanggal.

Mulai menggunakan fitur

Kapabilitas baru dari Space ini tidak memerlukan pengaturan tambahan apa pun dari administrator. Untuk menggunakannya, end user cukup mengeklik tab Shared yang ada di bagian atas halaman Space. Setelah mengeklik tab tersebut, sistem akan menampilkan tiga pilihan: Files, Links, dan Media. Pilih jenis konten yang ingin Anda akses.

Baca juga: Peningkatan pada Fitur Space Google Chat, Apa yang Berubah?

Ketersediaan fitur

Photo Credit: Freepik

Update kapabilitas Space Google Chat ini dirilis dalam format extended rollout untuk domain rilis cepat. Perilisan dimulai tanggal 27 Maret 2024 (kemungkinan akan memakan waktu lebih dari 15 hari untuk visibilitas fitur).

Kapabilitas juga dirilis dalam domain rilis terjadwal mulai tanggal 25 April 2024 dan berlaku perilisan bertahap (hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas keseluruhan fitur).

Tab Shared Space Google Chat tersedia bagi seluruh pengguna Google Workspace, pelanggan Google Workspace Individual, dan pengguna dengan Google Account pribadi.

Baca juga: Cara Mengelola Konten yang Dilaporkan di Google Chat dari Konsol Admin

Update kapabilitas Space ini akan memudahkan Anda untuk mengakses dan mengelola file yang pernah dibagikan di Google Chat melalui Space. Cukup dengan mengeklik tab Shared yang ada di bagian atas halaman Space, maka seluruh file pun akan ditampilkan.

Sederhanakan alur kerja Anda dengan Google Workspace yang menyediakan rangkaian tools dan aplikasi terintegrasi. Mulai dari sekarang bersama EIKON Technology. Kami menyediakan solusi Google Workspace resmi dan bergaransi. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments