Cara Mengirim Pesan Suara di Google Chat

 Untuk meningkatkan pengalaman pengguna, Google Chat meluncurkan kapabilitas pesan suara atau voice message. Kapabilitas ini hadir sekaligus agar Chat dapat menjadi platform komunikasi yang andal dan dapat digunakan kapan saja, termasuk saat Anda bepergian. Lalu, bagaimana cara menggunakannya? Mari simak penjelasannya berikut.

Fitur pesan suara di Google Chat

Photo Credit: Google Workspace Updates

Mengirim pesan suara alih-alih mengetiknya, memungkinkan Anda untuk menghemat waktu, menyampaikan lebih banyak informasi, dan menekankan informasi paling penting bagi penerima pesan. Fitur ini akan membantu Anda berkomunikasi dengan orang lain secara efektif, bahkan saat bepergian atau saat hanya tersedia perangkat mobile.

Baca juga: Era Baru Google Chat, Apa Saja yang Berubah?

Cara menggunakan fitur pesan suara

  • Fitur pesan suara ini akan aktif secara default setelah perilisan. Administrator dapat menonaktifkan fitur, baik di level domain maupun organizational unit (OU), cukup dengan mematikan semua lampiran (attachments disabled).
  • Untuk keperluan tool moderasi Google Vault, Google Takeout, dan Security Investigation Tool (SIT), pesan suara akan dianggap sebagai lampiran (seperti jenis pesan lainnya di Chat).
  • End user dapat mengirim pesan suara di ponsel (melalui direct messages, obrolan grup, dan Space) dan menerima pesan di seluruh platform (ponsel maupun web). Namun untuk saat ini, Anda tidak dapat mengirim pesan suara melalui Chat versi web (untuk saat ini, fitur pesan suara di Chat versi web tengah dalam pengembangan).
  • Untuk merekam pesan suara di perangkat mobile Anda, ketuk ikon mikrofon > mulai berbicara > suara Anda akan divisualisasikan sebagai animasi gelombang (visualisasi ini akan muncul selama Anda berbicara). Pengatur waktu menghitung sehingga Anda tahu persis durasi pesan suara yang terekam.
  • Sebelum mengirimkan pesan, Anda dapat melihat preview yang
  • Anda dapat melihat pratinjau lalu mengirimkan pesan suara Anda atau menghapusnya dan mencoba lagi jika diperlukan.
  • Pesan suara dapat diajak berinteraksi (dikutip, ditanggapi, dibalas di thread, dll.) sama seperti pesan Obrolan lainnya.

Baca juga: Kembangkan Kolaborasi di Google Chat dengan Smart Chip

Keterssediaan

Photo Credit: Freepik

Fitur pesan suara ini akan dirilis secara bertahap, baik itu untuk domain rilis cepat maupun domain rilis terjadwal. Untuk domain rilis cepat dimulai pada 26 Maret 2024 (hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur), sementara untuk domain rilis terjadwal dimulai pada 15 April 2024 (hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur).

Fitur pesan suara Google Chat tersedia untuk seluruh pelanggan Google Workspace dan pengguna Google Workspace Individual.

Baca juga: Quick Reaction Google Chat, Kirim Reaksi Kini Jadi Lebih Cepat

Dengan hadirnya fitur pesan suara ini, Anda dapat berkomunikasi secara lebih efektif menggunakan Google Chat. Menariknya lagi, fitur ini telah tersedia untuk seluruh pelanggan Google Workspace yang bisa Anda dapatkan melalui EIKON Technology. Dapatkan rangkaian produktivitas terbaik Workspace melalui EIKON Technology sekarang juga, informasi selengkapnya di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments